Ice Breaking sebagai Stimulus Minat dan Motivasi Belajar Peserta Didik

Riti Humaya, Novi Olivia Bangun, Putri Asmarani Dewi, Syahrial Syahrial

Abstract


Guru dapat menggunakan ice breaking untuk menjaga semangat belajar peserta didik selama pembelajaran di kelas dan membantu mengatasi kebosanan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji penggunaan ice breaking untuk meningkatkan minat dan motivasi belajar peserta didik di sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas II dan kelas III, sedangkan objek penelitiannya ada guru kelas II dan kelas III. Penelitian ini menggunakan teknik observasi dan wawancara dengan guru kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan ice breaking di SD Negeri 050628 Tanjung Langkat memberikan dampak positif terhadap pemulihan kondisi dan lingkungan kelas yang kondusif memungkinkan peserta didik untuk fokus menyimak materi yang disampaikan oleh guru. Meskipun ice breaking yang digunakan hanya melakukan gerakan fisik ringan seperti bersorak, bertepuk tangan, dan bernyanyi.


Keywords


Ice Breaking; Minat Belajar; Motivasi Belajar; Sekolah Dasar

Full Text:

PDF

References


Afifah, A., Rastiya, A., Sabaniah, S., & Wardhana, K. E. (2023). Meningkatkan Konsentrasi Belajar Melalui Kegiatan Ice Breaking Pada Anak Usia 5-6 Tahun di TK Nurul Iman Samarinda. BOCAH: Borneo Early Childhood Education and Humanity Journal, 2(2), 71-81. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/7242

Algivari, A., & Mustika, D. (2022). Teknik Ice Breaking pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Journal of Education Action Research, 6(4), 433-439. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JEAR/article/view/53917

Aniuranti, A., Tsani, M. H. N., & Wulandari, Y. (2021). Pelatihan penyusunan Ice Breaking untuk penguatan kompetensi calon guru. ABSYARA: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 2(1), 85-93. https://e-journal.hamzanwadi.ac.id/index.php/ab/article/view/3578

Asari, S., Pratiwi, S. D., Ariza, T. F., Indapratiwi, H., Putriningtyas, C. A., Vebriyanti, F., ... & Rahim, A. R. (2021). Paikem (pembelajaran aktif, inovatif, kreatif, efektif dan menyenangkan). DedikasiMU: Journal of Community Service, 3(4), 1139-1148. https://journal.umg.ac.id/index.php/dedikasimu/article/view/3249

Berutu, M. H. A., & Tambunan, M. I. H. (2018). Pengaruh minat dan kebiasaan belajar terhadap hasil belajar biologi siswa SMA se-kota Stabat. Jurnal Biolokus: Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi dan Biologi, 1(2), 109-116. https://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/biolokus/article/view/351/0

Dasar, S. (2021). Jurnal Basicedu. 5(1), 88–101. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/download/2298/pdf

Fajarudin, A. A., & Samsudi, A. (2021). Teknik ice breaking sebagai penunjang semangat dan konsentrasi siswa kelas 1 MI Nurul Islam Jatirejo. Idarotuna: Journal of Administrative Science, 2(2), 147-176. https://ejournal.akts.ac.id/index.php/idarotuna/article/view/21

Febriandari, E. I. (2018). Pengaruh kreativitas guru dalam menerapkan ice breaking dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa sekolah dasar. Briliant: Jurnal Riset Dan Konseptual, 3(4), 485-494. https://jurnal.unublitar.ac.id/index.php/briliant/article/view/253

Isnaini, B. B. S. (2019). Penerapan Icebreaking dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada pembelajaran Sosiologi Di X IIS 3 SMAN 1 Pundong. E-Societas, 8(5). https://journal.student.uny.ac.id/index.php/societas/article/view/15727

Jalilah, S. R. (2021). Implementasi dan Manfaat Ice Breaking untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 5946–5952. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/2298

Muharrir, M. (2022). Penggunaan Ice Breaking Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta didik pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VIII SMP Muhammadiyah Pinrang (Doctoral dissertation, IAIN Parepare). https://ejurnal.iainpare.ac.id/index.php/alislah/article/view/3318

Mursyidawati, E. (2018). Implementasi Ice breaking dalam Pembelajaran Bahasa Arab di Lembaga Boarding School SMP IT IHSANUL FIKRI Mungkid Magelang (Master's thesis, Universitas Islam Indonesia). https://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/6012

Sa’diyah, K., & Suhaimy, F. (2023). Pengaruh Penggunaan Ice Breaking Terhadap Konsentrasi Belajar Siswa Studi Survei di SMK Negeri 7 Jakarta. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 9(3). https://ejournal.mandalanursa.org/index.php/JIME/article/view/5752

Selvia, M. (2022). Pengaruh Ice Breaking Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Tema 8 Sub Tema 2 Kelas Ii Sekolah Dasar. Jurnal Ika Pgsd (Ikatan Alumni Pgsd) Unars, 10(2), 122-132. https://unars.ac.id/ojs/index.php/pgsdunars/article/view/1119

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta. https://elibrary.bsi.ac.id/readbook/206060/metode-penelitian-kuantitatif-kualitatif-dan-r-d

Suzana, Y., & Jayanto, I. (2021). Belajar & Pembelajaran. Batu: Literasi Nusantara. https://g.co/kgs/M4mzuqw

Yunitasari, R., & Hanifah, U. (2020). Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Masa Covid-19. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(3), 232–243. https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/142




DOI: https://doi.org/10.24114/paedagogi.v10i1.57785

Article Metrics

Abstract view : 125 times
PDF - 90 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Riti Humaya, Novi Olivia Bangun, Putri Asmarani Dewi, Syahrial Syahrial

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Follow us on instagram @fipunimed_official