Konsepsi Calon Guru Sekolah Dasar dalam Mendorong Pembelajaran Seumur Hidup melalui Matematika

Nurhudayah Manjani, Syahrial Syahrial

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi konsepsi calon guru sekolah dasar tentang pembelajaran seumur hidup melalui matematika. Melalui pendekatan kualitatif, enam responden yang sedang menjalani pendidikan dalam program PGSD diwawancarai menggunakan pertanyaan semi-terstruktur. Hasil analisis data mengungkapkan bahwa para responden memiliki pemahaman dasar tentang pembelajaran seumur hidup, tetapi keragaman contoh yang mampu diberikan masih terbatas pada konteks tertentu. Tantangan utama yang dihadapi adalah kurangnya pemahaman mendalam tentang integrasi konsep tersebut, serta kurangnya contoh konkret yang relevan. Strategi untuk mengatasi tantangan ini mencakup pengembangan pendekatan pembelajaran yang kontekstual, peningkatan kolaborasi antara guru, orang tua, dan komunitas, serta pemanfaatan teknologi dalam mendukung pembelajaran yang lebih interaktif.


Keywords


Calon Guru Sekolah Dasar; Pembelajaran Seumur Hidup; Matematika

Full Text:

PDF

References


Boaler, J., & Watterworth, J. (2007). Barriers to implementing lifelong learning in mathematics. Journal of Mathematics Teacher Education, 10(4), 267-288.

Burton, L. (2004). Rethinking mathematics education: A guide for teachers and parents. London: Routledge.

Chick, H. J., & Smith, D. A. (2014). Engaging parents in mathematics education: Strategies for school, home, and community collaboration. London: Routledge.

Chick, H. L., & Walshaw, G. (2005). Teacher professional development for lifelong learning in mathematics. Educational Studies in Mathematics, 57(1), 141-164.

Childs, S. B., & Kiely, A. D. (2022). Preparing Pre-Service Mathematics Teachers for Lifelong Learning: A Critical Review of the Literature. Journal of Mathematics Teacher Education, 25(3), 233-252. Doi: 10.29333/ejmste/10863

Fosco, C., Bennett, J., & Gewertz, C. (2007). The role of teacher education in preparing teachers for lifelong learning in mathematics. Journal of Mathematics Teacher Education, 10(4-5), 377-391. https://www.academia.edu/1098697/The_role_of_teacher_education_courses_in_developing_ hers_subject_matter_knowledge_and_pedagogical_content_knowledge

Guglielmino, A. (2019). Lifelong learning: Principles, strategies, and applications. London: Routledge.

Herrington, J. D., & Kemp, C. J. (2014). The digital revolution in mathematics education: How technology can transform teaching and learning. London: Routledge.

Martin, D. (2016). Community mathematics: A pathway to access and equity. London: Routledge.

National Research Council. (2000). Preparing teachers for a changing world: What teachers need to know and be able to do. National Academies Press.

Nuha, N. T., Putri, S. A., Azzunkha, P. L., & Susilo, B. E. (2024). Kajian Teori: Pendekatan Pembelajaran Kontekstual Guna Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika 4, 324-327. https://proceeding.unnes.ac.id/prisma/article/view/2969

Schacter, D. L., Gilbert, D. T., & Winquist, M. (2011). Memory. New York: Psychology Press.

Schifter, D., Ball, L., & Brink, J. M. (2020). Mathematics for all: Preparing teachers for a changing world. London: Routledge.

Stigler, J. W., & Hiebert, J. (2016). How to Teach Math for the World: A Comparative Approach, Second Edition. London: Routledge.

Sulianto. (2016). Pendekatan Kontekstual dalam Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Berpikir Kritis pada Siswa Sekolah Dasar. Pythagoras, 10(1), 55-6. https://journal.uny.ac.id/index.php/pythagoras/article/view/555




DOI: https://doi.org/10.24114/paedagogi.v10i1.58154

Article Metrics

Abstract view : 82 times
PDF - 72 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Nurhudayah Manjani, Syahrial Syahrial

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Follow us on instagram @fipunimed_official