E-LKPD Literasi Sains: Media Interaktif Berbasis Keterampilan Berpikir Kritis

Ruth Magdalena Hutauruk, Lala Jelita Ananda, Naeklan Simbolon, Fahrur Rozi

Abstract


Tujuan Keterampilan Literasi sains dan berpikir kritis sangat diperlukan di abad 21. E-LKPD berbasis literasi sains untuk melatih keterampilan berpikir kritis. Penelitian ini menggunakan model  pengembangan ADDIE dengan 5 tahapan; Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 060858 Medan Tembung T.A 2023/2024. Subjek penelitian yaitu peserta didik berjumlah 20 orang. Data dikumpulkan menggunakan observasi, wawancara, angket, dan instrumen soal. Teknik analisi yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-LKPD berbasis literasi sains tergolong sangat valid dengan persentase kelayakan sebesar 84% oleh validator media dan materi, serta E-E-LKPD tergolong kategori sangat praktis dengan persentase senilai 95% oleh ahli praktisi, dan untuk keefisienan E-LKPD masuk dalam kategori sangat efesien dengan persentase senilai 88,5%.


Keywords


LKPD; Literasi Sains; Berpikir Kritis

Full Text:

PDF

References


Ananda, L. J., Simanihuruk, L., & Ratno, S. (2022). Development of Digital Worksheets and Evaluation Tools Based on Higher Order Thinking in Natural Science courses for Elementary School Teacher Education Students. Doi : https://doi.org/10.4108/eai.11-102022.232540

Fadhila, A.N. (2022). Pengembangan E-LKPD Berbasis PBL Menggunakan Flip PDF Professional untuk Meningkatkan Literasi Sains pada Materi Medan Magnet. Nusantara: Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(1), 53–70. Available at: https://doi.org/10.14421/njpi.2022.v2i1-4.

Giska, Mutiara. (2022). Pengembangan media Pembelajaran Audio Visual Berbasis QR-Code Pada Tema 3 Subtema 1. (Skripsi Sarjana, Universitas Negeri Medan).

Hafifa, Amani. (2022). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Tema 2 Udara Bersih Bagi Kesehatan Subtema 1 Cara Tubuh mengolah Udara Bersih Kelass V. (Skripsi Sarjana, Universitas Negeri Medan).

Irsyan Sandi, M. I., Setiawan, A., & Rusnayati, H. (2014). Analisis Buku Ajar Fisika Sma Kelas X Di Kota Bandung Berdasarkan Komponen Literasi Sains, (3), 94-102 DOI : https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/prosidingsnf/article/view/5486

Sitinjak, Winanda S., Ananda, L.J. (2023). Pengembangan Lkpd Berbasis Discovery Learning Berbantuan Live Worksheets Pada Tema 7 Perubahan Wujud Benda Di Kelas V SDN 064958 Medan Area. Ijeb: Indonesian Journal Education Basic, 1(3), 159-175. https://jurnal.academiacenter.org/index.php/IJEB

Utami, H.B., Salsabila, E. and Wiraningsih, E.D. (2022). Pentingnya Kemampuan Berpikir Kritis dalam Dunia Pendidikan Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 529–538. Doi: https://doi.org/10.31932/j-pimat.v4i2.2025

Wahono, R.H.J., Supeno, S. and Sutomo, M. (2022) Pengembangan E-LKPD dengan Pendekatan Saintifik untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar dalam Pembelajaran IPA. Jurnal Basicedu, 6(5), 8331–8340. Available at: https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3743.




DOI: https://doi.org/10.24114/paedagogi.v10i1.58472

Article Metrics

Abstract view : 108 times
PDF - 53 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Ruth Magdalena Hutauruk, Lala Jelita Ananda, Naeklan Simbolon, Fahrur Rozi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Follow us on instagram @fipunimed_official