Inovasi Monopoli Games Smart dalam Pembelajaran Tematik

Agnes Novitasari Waruwu, Masta Marselina Sembiring, Sri Mustika Aulia, Yusra Nasution

Abstract


Penelitian dilakukan dengan tujuan mengetahui validitas, praktikalitas, dan efektivitas Media Monopoli Games Smart untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tematik pada Tema 6 Subtema 1 Kelas VI SDN 081235 Sibolga. Penelitian menggunakan metode penelitian dan pengembangan (research and development) dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan diantaranya Analisis (Analysis), Desain (Design), Pengembangan (Development), Implementasi (Implementation), dan Evaluasi (Evaluation). Berdasarkan hasil penelitian pada uji validitas diperoleh hasil uji validasi media memperoleh persentase kelayakan 96% dengan kategori “Sangat Valid”, hasil uji validasi materi memperoleh persentase kelayakan 96% dengan kategori “Sangat Valid”, hasil uji praktikalitas memperoleh persentase 94,66 dengan kategori “Sangat Praktis”, dan uji efektivitas dengan rata-rata n-gain sebesar 10,95 dengan kategori “tinggi” dan rata-rata persentase n-gain mencapai 72,99% dengan kategori “Cukup Efektif”. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa Media Monopoli Games Smart valid, praktis, dan efektif digunakan untuk meningkatkan hasil belajar tematik siswa.

 

Kata kunci: Monopoli Games Smart, Hasil Belajar, Pengembangan


Keywords


Monopoli; Games Smart; Pembelajaran Tematik

Full Text:

PDF

References


Amilia, H. F., Sumanto, S., & Untari, E. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Lectora Inspire pada Tema 3 Subtema 7 dengan Penguatan Karakter Rasa Ingin Tahu Kelas IV SDN Karangtengah 1 Kota Blitar. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, dan Pengelolaan Pendidikan, 1(3), 213-224. Doi: 10.17977/um065v1i32021p213-224

Ardhani, A. D., Ilhamdi, M. L., & Istiningsih, S. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Permainan Monopoli Pada Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Kelas IV SD. Jurnal Pijar Mipa, 16(2), 170-175. Doi: https://doi.org/10.29303/jpm.v16i2.2446

Arifannisa, dkk. (2023). Sumber & Pengembangan Media Pembelajaran (Teori & Terapan). Jambi: PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Cholifah, T. N., & Wahidah, M. (2022). Pengembangan Media Moraku pada Pembelajaran Tematik untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD. Jurnal Education FKIP UNMA, 8(2), 741-751.Doi: https://doi.org/10.31949/educatio.v8i2.2302

Firmansyah, H. dan Astrini E. Putri. (2021). Belajar dan Pembelajaran (Konsep Dasar dan Teori). Pontianak: Penerbit Lakeisha.

Hasan, M., dkk. (2021). Media Pembelajaran. Klaten: Tahta Media Group.

Undang-undang No. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Pusdiklat Perpusnas. Jakarta: Indonesia. https://pusdiklat.perpusnas.go.id/regulasi/download/6

Kosilah, K., & Septian, S. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Assure Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(6), 1139-1148. Di unduh di https://stp-mataram.e-journal.id/JIP/article/view/214

Lubis, Maulana A. (2018). Pembelajaran Tematik di SD/MI; Pengembangan Kurikulum 2013. Padang sidimpuan: Penerbit Samudra Biru.

Raihan. (2017). Metodologi Penelitian. Jakarta: Universitas Islam Jakarta.

Rangkuti, Ahmad N. (2016). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, PTK, dan Penelitian Pengembangan. Padangsidimpuan: Cita pustaka Media.

Setiawan, E. (2018). Pembelajaran Tematik Teoretis & Praktis. Jakarta: Esensi.

Setiawan, M. A. (2017). Belajar dan Pembelajaran. Ponorogo: Uwais Inspirasi Indonesia.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta Bandung.

Tirtoni, Feri. (2018).Pembelajaran Terpadu di Sekolah Dasar. Sidoarjo: UmsidaPress.

Winaryati, E., dkk. (2021). Cercular Model of RD & D (Model RD & D Pendidikan dan Sosial). Semarang: Penerbit KBM Indonesia.

Zulfiana, S., Gunamantha, I. M., & Putrayasa, I. B. (2023). Pengembangan Instrumen Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Dan Literasi Sains Pada Pembelajaran IPA Kelas V SD. PENDASI Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 7(1), 13-24.Doi: https://doi.org/10.23887/jurnal_pendas.v7i1.1384




DOI: https://doi.org/10.24114/paedagogi.v10i1.58675

Article Metrics

Abstract view : 43 times
PDF - 17 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Agnes Novitasari Waruwu, Masta Marselina Sembiring, Sri Mustika Aulia, Yusra Nasution

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Follow us on instagram @fipunimed_official