Inovasi Monopoli Games Smart dalam Pembelajaran Tematik
Abstract
Penelitian dilakukan dengan tujuan mengetahui validitas, praktikalitas, dan efektivitas Media Monopoli Games Smart untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tematik pada Tema 6 Subtema 1 Kelas VI SDN 081235 Sibolga. Penelitian menggunakan metode penelitian dan pengembangan (research and development) dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan diantaranya Analisis (Analysis), Desain (Design), Pengembangan (Development), Implementasi (Implementation), dan Evaluasi (Evaluation). Berdasarkan hasil penelitian pada uji validitas diperoleh hasil uji validasi media memperoleh persentase kelayakan 96% dengan kategori “Sangat Valid”, hasil uji validasi materi memperoleh persentase kelayakan 96% dengan kategori “Sangat Valid”, hasil uji praktikalitas memperoleh persentase 94,66 dengan kategori “Sangat Praktis”, dan uji efektivitas dengan rata-rata n-gain sebesar 10,95 dengan kategori “tinggi” dan rata-rata persentase n-gain mencapai 72,99% dengan kategori “Cukup Efektif”. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa Media Monopoli Games Smart valid, praktis, dan efektif digunakan untuk meningkatkan hasil belajar tematik siswa.
Kata kunci: Monopoli Games Smart, Hasil Belajar, Pengembangan
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Amilia, H. F., Sumanto, S., & Untari, E. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Lectora Inspire pada Tema 3 Subtema 7 dengan Penguatan Karakter Rasa Ingin Tahu Kelas IV SDN Karangtengah 1 Kota Blitar. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, dan Pengelolaan Pendidikan, 1(3), 213-224. Doi: 10.17977/um065v1i32021p213-224
Ardhani, A. D., Ilhamdi, M. L., & Istiningsih, S. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Permainan Monopoli Pada Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Kelas IV SD. Jurnal Pijar Mipa, 16(2), 170-175. Doi: https://doi.org/10.29303/jpm.v16i2.2446
Arifannisa, dkk. (2023). Sumber & Pengembangan Media Pembelajaran (Teori & Terapan). Jambi: PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Cholifah, T. N., & Wahidah, M. (2022). Pengembangan Media Moraku pada Pembelajaran Tematik untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD. Jurnal Education FKIP UNMA, 8(2), 741-751.Doi: https://doi.org/10.31949/educatio.v8i2.2302
Firmansyah, H. dan Astrini E. Putri. (2021). Belajar dan Pembelajaran (Konsep Dasar dan Teori). Pontianak: Penerbit Lakeisha.
Hasan, M., dkk. (2021). Media Pembelajaran. Klaten: Tahta Media Group.
Undang-undang No. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Pusdiklat Perpusnas. Jakarta: Indonesia. https://pusdiklat.perpusnas.go.id/regulasi/download/6
Kosilah, K., & Septian, S. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Assure Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(6), 1139-1148. Di unduh di https://stp-mataram.e-journal.id/JIP/article/view/214
Lubis, Maulana A. (2018). Pembelajaran Tematik di SD/MI; Pengembangan Kurikulum 2013. Padang sidimpuan: Penerbit Samudra Biru.
Raihan. (2017). Metodologi Penelitian. Jakarta: Universitas Islam Jakarta.
Rangkuti, Ahmad N. (2016). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, PTK, dan Penelitian Pengembangan. Padangsidimpuan: Cita pustaka Media.
Setiawan, E. (2018). Pembelajaran Tematik Teoretis & Praktis. Jakarta: Esensi.
Setiawan, M. A. (2017). Belajar dan Pembelajaran. Ponorogo: Uwais Inspirasi Indonesia.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta Bandung.
Tirtoni, Feri. (2018).Pembelajaran Terpadu di Sekolah Dasar. Sidoarjo: UmsidaPress.
Winaryati, E., dkk. (2021). Cercular Model of RD & D (Model RD & D Pendidikan dan Sosial). Semarang: Penerbit KBM Indonesia.
Zulfiana, S., Gunamantha, I. M., & Putrayasa, I. B. (2023). Pengembangan Instrumen Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Dan Literasi Sains Pada Pembelajaran IPA Kelas V SD. PENDASI Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 7(1), 13-24.Doi: https://doi.org/10.23887/jurnal_pendas.v7i1.1384
DOI: https://doi.org/10.24114/paedagogi.v10i1.58675
Article Metrics
Abstract view : 82 timesPDF - 32 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Agnes Novitasari Waruwu, Masta Marselina Sembiring, Sri Mustika Aulia, Yusra Nasution
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Follow us on instagram @fipunimed_official