Instrumen Evaluasi Berbasis Web pada Pelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan instrument evaluasi pembelajaran berbasis web menggunakan aplikasi Quizizz yang layak, praktis dan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran. Adapun penelitian dan pengembangan ini dilaksanakan dengan menggunakan model 4D (Define, Design, Development and Dissemination). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 066650 Medan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, angket, validasi dan tes. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa instrument evaluasi pembelajaran berbasis web menggunakan aplikasi Quizizz sangat layak, praktis dan efektif untuk digunakan. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil penilaian akhir dengan rincian validator ahli evaluasi memperoleh persentase 96,36%, dari ahli materi memperoleh persentase 95,65%, dari ahli media memperoleh persentase 93,84%, dari ahli praktikalitas memperoleh persentase 96,7%. Berdasarkan hasil pretest dan posttest, dapat disimpulkan bahwa instrumen evaluasi pembelajaran berbasis web yang menggunakan aplikasi Quizizz menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam efektivitas. Nilai rata-rata pretest sebesar 45,7 dikategorikan sebagai “Tidak Efektif” dan nilai rata-rata posttest sebesar 86,15 menunjukkan kategori “Efektif”. Seluruh siswa berhasil melewati posttest dengan nilai di atas Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (KKTP), yaitu 67. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penelitian dan pengembangan ini menghasilkan sebuah produk berupa instrument evaluasi berbasis web menggunakan aplikasi Quizizz yang layak, praktis, dan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, Suharsimi. 2018. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara
Bloom, Benjamin S., dkk. (1956). Taxonomy of Educational Objectives : The Classification of Educational Goals, Handbook I Cognitive Domain. New York : Longmans, Green and Co.
Budiman, A., dkk. (2014). Pengembangan instrumen asesmen higher order thinking skill (HOTS) pada mata pelajaran matematika SMP kelas VIII semester 1. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1(2), 139–151. Doi: https://doi.org/10.21831/jrpm.v1i2.2671
Depdiknas. (2003). Undang-undang RI No.20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Destiana, dkk., (2020). Pengembangan instrumen penilaian untuk meningkatkan kualitas pembelajaran produktif di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran Guru Sekolah Dasar (JPPGuseda), 3(2), 119-123. Doi: 10.55215/jppguseda.v3i2.2720
Fahrurrozi, M., dan Rahmawati, S. N. L. (2021). Pengembangan Model Instrumen Evaluasi Menggunakan Aplikasi Kahoot Pada Pembelajaran Ekonomi. Jurnal PROFIT Kajian Pendidikan Ekonomi Dan Ilmu Ekonomi, 8(1), 1-10. Doi: https://ejournal.unsri.ac.id/index.php/jp
Hanik, dkk., (2022). Integrasi Pendekatan tpack (technological, pedagogical, content knowledge) guru sekolah dasar sikl dalam melaksanakan pembelajaran era digital. JEID: Journal of Educational Integration and Development, 2(1) 15-27. Doi: https://doi.org/10.55868/jeid.v2i1.97
Hariati, dkk., (2022). Analisis Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid-19 Pada Kemampuan Technological Pedagogical And Content Knowledge (TPACK) Guru Sekolah Dasar. Journal of Instructional and Development Researches, 2(1), 32-47. Doi: https://doi.org/10.53621/jider.v2i1.119
Izza, dkk., (2020). Studi literatur: Problematika evaluasi pembelajaran dalam mencapai tujuan pendidikan di era merdeka belajar. Prosiding Konferensi Ilmiah Pendidikan, 1(1), 10–15. Doi: https://doi.org/10.54371/jiip.v6i4.1954
Jahring, dkk., (2022). Pengembangan Instrumen Evaluasi Pembelajaran Matematika Berbasis Online Menggunakan Aplikasi Quizizz. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(2), 872-881. Doi: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v11i2.4932
Kusumadewi, R. I., dan Aeni, C. (2022). Pengembangan Alat Evaluasi Pembelajaran Online Menggunakan Aplikasi Quizizz Pada Mata Pelajaran Ekonomi. OPORTUNITAS: Jurnal Pendidikan Ekonomi, Manajemen, Kewirausahaan dan Koperasi, 3(1), 17-25. Doi: http://journal.unirow.ac.id/index.php/oportunitas/article/view/426
Lestari, D. A. (2015). Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran Tematik Untuk Meningkatkan Ketrampilan Bertanya Siswa. Widyagogik: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 3(1),66-78. Doi: https://doi.org/10.21107/widyagogik.v3i1.1683
Lestari, K. E., dan Yudhanegara, M. R. (2017). Penelitian Pendidikan Matematika.Bandung: PT Refika Aditama.
Mujiburrahman, dkk., (2023). Asesmen Pembelajaran Sekolah Dasar Dalam Kurikulum Merdeka. Pena Anda: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, Vol.1, No.1, 39-48. Doi: https://doi.org/10.33830/penaanda.v1i1.5019
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 20 Tahun 2007 tentang Standar Penilaian Pendidikan, Jakarta: Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah.
Rachmawati, R., dan Kurniawati, A. (2020). Pengembangan Instrumen Penilaian Tes Berbasis Mobile Online pada Prodi Pendidikan Matematika. Prima: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 46-63. Doi: http://dx.doi.org/10.31000/prima.v4i1.1891
Ramatni, A., Anjely, F., Cahyono, D., Rambe, S., & Shobri, M. (2023). Proses Pembelajaran dan Asesmen yang Efektif. Journal on Education, 5(4), 15729-15743. Doi: https://doi.org/10.31004/joe.v5i4.2687
Safitri, dkk., (2023). Pengembangan Instrumen Evaluasi Melalui Aplikasi Quizizz Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Perubahan Lingkungan Di SMA Negeri 2 Gorontalo. Jurnal Pendidikan, 11(1), 61-79. Doi: https://doi.org/10.36232/pendidikan.v11i1.2272
Sakiinah, dkk., (2022). Revolusi Pendidikan di era society 5.0; pembelajaran, tantangan, peluang, akses, dan keterampilan teknologi. Jurnal Pendidikan Transformatif, 1(2), 18–28. Doi: https://doi.org/10.9000/jpt.v1i2.508
Sari dan Sayekti. (2022). Evaluasi pelaksanaan asesmen kompetensi minimum (AKM) pada kompetensi dasar literasi membaca peserta didik sekolah dasar. Jurnal Basicedu, Vol.6, No.3 5237–5243. Doi: https://doi.org/10.24036/jippsd.v7i2.123196
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian dan Pengembangan (Research and Development/ R&D). Bandung : Alfabeta.
Thiagarajan, S., Semmel, D.S,, dan Semmel, M. I. (1974). Intructional development for training teachers of exceptional children. Indiana: Cana University.
DOI: https://doi.org/10.24114/paedagogi.v10i1.59370
Article Metrics
Abstract view : 127 timesPDF - 124 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Nadia Anil Izzah, Masta Marselina Sembiring, Dilla Handayani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Follow us on instagram @fipunimed_official