E-Modul Interaktif “Mengubah Bentuk Energi”: Inovasi Perangkat Ajar Berbasis Profil Pelajar Pancasila

Soraya Natama Harahap, Lala Jelita Ananda, Arifin Siregar

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan E-Modul, mengetahui kepraktisan E-Modul dan mengetahui efektivitas dari E-Modul yang dikembangkan pada materi mengubah bentuk energi. Adapun jenis penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (R&D) dengan menggunakan model ADDIE yang meliputi 5 tahapan yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 101777 Saentis. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu wawancara guru, validasi materi dan media, angket praktisi dan soal tes. Berdasarkan dari hasil evaluasi ditemukan adanya peningkatan hasil belajar siswa, dimana rata-rata hasil belajar pada pre-test yaitu 51,6 sedangkan nilai rata-rata pada hasil post-test siswa mendapatkan 86,3. Pembelajaran dengan menggunakan e-modul interaktif berbasis profil pelajar pancasila pada materi mengubah bentuk energi efektif digunakan. Hal ini terbukti dengan rata-rata skor N-gain diperoleh interval sebesar 0,7 dengan kategori “Tinggi”.


Keywords


E-Modul; Profil Pelajar Pancasila; Mengubah Bentuk Energi

Full Text:

PDF

References


Abidin, Zainal & Walida, S. El. (2017). Pengembangan E-Modul Interaktif Berbasis Case (Creative , Active

,Systematic, Effective) Sebagai Alternatif Media Pembelajaran Geometri Transpormasi Untuk Mendukung Kemandirian Belajar dan Kompetensi Mahasiswa. Seminar Nasional Matematika Dan Aplikasinya Di Universitas Airlangga Surabaya, 197–202. https://repository.unair.ac.id/73928/1/29-Zainal-Abidin__Pendidikan_.pdf.

Andi Ibrahim. (2018). Metodologi Penelitian. Makasasar: Gunadarma Ilmu.

http://repositori.uin-alauddin.ac.id/id/eprint/12366

Anyan, A., Ege, B., & Faisal, H. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Microsoft

Power Point. JUTECH : Journal Education and Technology, 1(1). https://doi.org/10.31932/jutech.v1i1.690

Anwar, K., & Ananda, L. J. (2017). Pembuatan“Science Logbook” Melalui Scientific Approach Sebagai Upaya

Meningkatkan Keterampilan Menulis Mahasiswa Pgsd. School Education Journal PGSD FIP UNIMED, 6(2), 12-20. https://doi.org/10.24114/sejpgsd.v6i2.5907

Ardiani, K. E. (2022). Multimedia Pembelajaran Interaktif Berorientasi Teori Belajar Ausubel pada Muatan IPA Materi Sumber Energi. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 6(1), 26–35.

https://doi.org/10.23887/jppp.v6i1.45159

Arikunto, S. (2014). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Ariyani, N. K. A., & Ganing, N. N. (2021). Media Power Point Berbasis Pendekatan Kontekstual pada Materi

Siklus Air Muatan IPA Sekolah Dasar. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(2).

https://doi.org/10.23887/jipp.v5i2.33684

Ating. F. C.,dkk. (2023). Pengembangan LKPD Berbasis PJBL Dalam Pembelajaran Matematika Untuk

Meningkatkan Sikap Tanggung Jawab Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 7(1), 200-210.

https://doi.org/10.36088/fondatia.v7i1.3133

Budiman, H. (2017). Peran Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Pendidikan. Al-

Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 31. https://doi.org/10.24042/atjpi.v8i1.2095

Eko, K., & Rayandra, A. (2016). Pengembangan Model Pembelajaran Blended Learning Pada Aspek Learning Design Dengan Platform Media Sosial Online Sebagai Pendukung Perkuliahan Mahasiswa. Jurnal Pembelajaran Inovatif. https://repository.unja.ac.id/626/2/Artikel%20Jurnal-Blended%20Learning.pdf

Herawati, N. S., & Muhtadi, A. (2018). Pengembangan modul elektronik (e-modul) interaktif pada mata

pelajaran Kimia kelas XI SMA. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 5(2), 180–191.

https://doi.org/10.21831/jitp.v5i2.15424

Hibatullah, A., & Nayono, S. E. (2021). Pengembangan Modul Menggambar Isometri Instalasi Air Bersih Dan

Air Kotor Rumah 2 Lantai Mapel Konstruksi Dan Utilitas Gedung Kelas Xii Program Studi Dpib Di Smk Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Teknik Sipil, III(2), 181–191. https://doi.org/10.21831/jpts.v3i2.45346

Kurniasih, R. (2018). Media ular tangga jejak petualang sebagai media pembelajaran untuk anak usia

dini. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2). https://doi.org/10.17509/cd.v5i2.10505

Kuswanto, J. (2019). Pengembangan Modul Interaktif Pada Mata Pelajaran IPA Terpadu Kelas VIII.

Jurnal Media Infotama, 15(2), 51–56. https://doi.org/10.37676/jmi.v15i2.866

Malik, A. (2019). Tingkat Kesesuaian Soal Teori Uji Kompetensi Keahlian Teknik Gambar Bangunan Dengan

Standar Kompetensi Nasional Bidang Gambar Bangunan. Jurnal Pendidikan Teknik Sipil, I(1), 1–10.

https://doi.org/10.21831/jpts.v1i1.28267

Mulyatiningsih, Endang. (2014). Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Nisaâ, A., Sudarmin, S., & Samini, S. (2015). Efektivitas penggunaan modul terintegrasi etnosains dalam

pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan literasi sains siswa. Unnes Science Education Journal, 4(3). https://doi.org/10.15294/usej.v4i3.8860

Nurdyansyah, N. (2017). Sumber daya dalam teknologi pendidikan. Universitas Muhammadiyah Sidoarjo. http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/1625

Nurrita, T. (2018). Pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. MISYKAT.

Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah Dan Tarbiyah, 3(1): 171.

https://doi.org/10.33511/misykat.v3n1.171

Raharjo, N. E., & Pitaloka, G. K. (2020). Pengembangan Media Pelajaran Berbasis Aplikasi Android Dengan

Augmented Reality Untuk Mata Pelajaran Gambar Teknik Kelas X Kontruksi Gedung, Sanitasi Dan Perawatan Di Smk Negeri 1 Seyegan. Jurnal Pendidikan Teknik Sipil, 2(1).

https://doi.org/10.21831/jpts.v2i1.31966

Rahmi, M. S. M., Budiman, M. A., & Widyaningrum, A. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif

Macromedia Flash 8 pada Pembelajaran Tematik Tema Pengalamanku. International Journal of Elementary Education, 3(2). https://doi.org/10.23887/ijee.v3i2.18524

Sari, Silvi,Y., dkk. (2020). Studi Hasil Bimbingan Teknis Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis

Keterampilan Abad-21 dalam Rangka Penerapan Program Merdeka Belajar. Jurnal Eksakta Pendidikan. 4(2), 189-196, DOI:10.24036/jep/vol4-iss2/527. https://doi.org/10.24036/jep/vol4-iss2/527

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian dan Pengembangan Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. In

Metode Penelitian dan Pengembangan Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D.




DOI: https://doi.org/10.24114/paedagogi.v10i1.59616

Article Metrics

Abstract view : 86 times
PDF - 50 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Soraya Natama Harahap, Lala Jelita Ananda, Arifin Siregar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Follow us on instagram @fipunimed_official