E-Modul Interaktif “Mengubah Bentuk Energi”: Inovasi Perangkat Ajar Berbasis Profil Pelajar Pancasila
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan E-Modul, mengetahui kepraktisan E-Modul dan mengetahui efektivitas dari E-Modul yang dikembangkan pada materi mengubah bentuk energi. Adapun jenis penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (R&D) dengan menggunakan model ADDIE yang meliputi 5 tahapan yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 101777 Saentis. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu wawancara guru, validasi materi dan media, angket praktisi dan soal tes. Berdasarkan dari hasil evaluasi ditemukan adanya peningkatan hasil belajar siswa, dimana rata-rata hasil belajar pada pre-test yaitu 51,6 sedangkan nilai rata-rata pada hasil post-test siswa mendapatkan 86,3. Pembelajaran dengan menggunakan e-modul interaktif berbasis profil pelajar pancasila pada materi mengubah bentuk energi efektif digunakan. Hal ini terbukti dengan rata-rata skor N-gain diperoleh interval sebesar 0,7 dengan kategori “Tinggi”.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abidin, Zainal & Walida, S. El. (2017). Pengembangan E-Modul Interaktif Berbasis Case (Creative , Active
,Systematic, Effective) Sebagai Alternatif Media Pembelajaran Geometri Transpormasi Untuk Mendukung Kemandirian Belajar dan Kompetensi Mahasiswa. Seminar Nasional Matematika Dan Aplikasinya Di Universitas Airlangga Surabaya, 197–202. https://repository.unair.ac.id/73928/1/29-Zainal-Abidin__Pendidikan_.pdf.
Andi Ibrahim. (2018). Metodologi Penelitian. Makasasar: Gunadarma Ilmu.
http://repositori.uin-alauddin.ac.id/id/eprint/12366
Anyan, A., Ege, B., & Faisal, H. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Microsoft
Power Point. JUTECH : Journal Education and Technology, 1(1). https://doi.org/10.31932/jutech.v1i1.690
Anwar, K., & Ananda, L. J. (2017). Pembuatan“Science Logbook” Melalui Scientific Approach Sebagai Upaya
Meningkatkan Keterampilan Menulis Mahasiswa Pgsd. School Education Journal PGSD FIP UNIMED, 6(2), 12-20. https://doi.org/10.24114/sejpgsd.v6i2.5907
Ardiani, K. E. (2022). Multimedia Pembelajaran Interaktif Berorientasi Teori Belajar Ausubel pada Muatan IPA Materi Sumber Energi. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 6(1), 26–35.
https://doi.org/10.23887/jppp.v6i1.45159
Arikunto, S. (2014). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Ariyani, N. K. A., & Ganing, N. N. (2021). Media Power Point Berbasis Pendekatan Kontekstual pada Materi
Siklus Air Muatan IPA Sekolah Dasar. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(2).
https://doi.org/10.23887/jipp.v5i2.33684
Ating. F. C.,dkk. (2023). Pengembangan LKPD Berbasis PJBL Dalam Pembelajaran Matematika Untuk
Meningkatkan Sikap Tanggung Jawab Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 7(1), 200-210.
https://doi.org/10.36088/fondatia.v7i1.3133
Budiman, H. (2017). Peran Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Pendidikan. Al-
Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 31. https://doi.org/10.24042/atjpi.v8i1.2095
Eko, K., & Rayandra, A. (2016). Pengembangan Model Pembelajaran Blended Learning Pada Aspek Learning Design Dengan Platform Media Sosial Online Sebagai Pendukung Perkuliahan Mahasiswa. Jurnal Pembelajaran Inovatif. https://repository.unja.ac.id/626/2/Artikel%20Jurnal-Blended%20Learning.pdf
Herawati, N. S., & Muhtadi, A. (2018). Pengembangan modul elektronik (e-modul) interaktif pada mata
pelajaran Kimia kelas XI SMA. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 5(2), 180–191.
https://doi.org/10.21831/jitp.v5i2.15424
Hibatullah, A., & Nayono, S. E. (2021). Pengembangan Modul Menggambar Isometri Instalasi Air Bersih Dan
Air Kotor Rumah 2 Lantai Mapel Konstruksi Dan Utilitas Gedung Kelas Xii Program Studi Dpib Di Smk Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Teknik Sipil, III(2), 181–191. https://doi.org/10.21831/jpts.v3i2.45346
Kurniasih, R. (2018). Media ular tangga jejak petualang sebagai media pembelajaran untuk anak usia
dini. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2). https://doi.org/10.17509/cd.v5i2.10505
Kuswanto, J. (2019). Pengembangan Modul Interaktif Pada Mata Pelajaran IPA Terpadu Kelas VIII.
Jurnal Media Infotama, 15(2), 51–56. https://doi.org/10.37676/jmi.v15i2.866
Malik, A. (2019). Tingkat Kesesuaian Soal Teori Uji Kompetensi Keahlian Teknik Gambar Bangunan Dengan
Standar Kompetensi Nasional Bidang Gambar Bangunan. Jurnal Pendidikan Teknik Sipil, I(1), 1–10.
https://doi.org/10.21831/jpts.v1i1.28267
Mulyatiningsih, Endang. (2014). Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Nisaâ, A., Sudarmin, S., & Samini, S. (2015). Efektivitas penggunaan modul terintegrasi etnosains dalam
pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan literasi sains siswa. Unnes Science Education Journal, 4(3). https://doi.org/10.15294/usej.v4i3.8860
Nurdyansyah, N. (2017). Sumber daya dalam teknologi pendidikan. Universitas Muhammadiyah Sidoarjo. http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/1625
Nurrita, T. (2018). Pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. MISYKAT.
Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah Dan Tarbiyah, 3(1): 171.
https://doi.org/10.33511/misykat.v3n1.171
Raharjo, N. E., & Pitaloka, G. K. (2020). Pengembangan Media Pelajaran Berbasis Aplikasi Android Dengan
Augmented Reality Untuk Mata Pelajaran Gambar Teknik Kelas X Kontruksi Gedung, Sanitasi Dan Perawatan Di Smk Negeri 1 Seyegan. Jurnal Pendidikan Teknik Sipil, 2(1).
https://doi.org/10.21831/jpts.v2i1.31966
Rahmi, M. S. M., Budiman, M. A., & Widyaningrum, A. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif
Macromedia Flash 8 pada Pembelajaran Tematik Tema Pengalamanku. International Journal of Elementary Education, 3(2). https://doi.org/10.23887/ijee.v3i2.18524
Sari, Silvi,Y., dkk. (2020). Studi Hasil Bimbingan Teknis Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis
Keterampilan Abad-21 dalam Rangka Penerapan Program Merdeka Belajar. Jurnal Eksakta Pendidikan. 4(2), 189-196, DOI:10.24036/jep/vol4-iss2/527. https://doi.org/10.24036/jep/vol4-iss2/527
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian dan Pengembangan Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. In
Metode Penelitian dan Pengembangan Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D.
DOI: https://doi.org/10.24114/paedagogi.v10i1.59616
Article Metrics
Abstract view : 86 timesPDF - 50 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Soraya Natama Harahap, Lala Jelita Ananda, Arifin Siregar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Follow us on instagram @fipunimed_official