Optimalisasi Adobe Flash dalam Pembuatan Media Pembelajaran Bahasa Inggris Berbasis Android

Insuriyani Nababan, Naeklan Simbolon

Abstract


Tujuan dalam penelitian ini ialah untuk mengetahui validitas praktikalitas, dan efektifitas media pembelajaran bahasa inggris berbasis Android menggunakan Adobe Flash. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Reseach and Development) model penelitian ADDIE terdiri dari 5 tahap pengembangan yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 106809 Kolam yang berjumlah 26 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, angket, dan soal tes. Hasil dalam penelitian pengembangan media pembelajaran ini menunjukkan hasil validasi oleh validator ahli materi memperoleh skor 46 dengan  persentase 92% kategori “sangat layak” , hasil validasi oleh ahli media memperoleh skor 85 dengan persentase 94,4% kategori “sangat layak”, serta hasil uji praktikalitas memperoleh skor 56 dengan persentase 93,3% kategori “sangat praktis”. Berdasarkan uji keefektifan media pembelajaran bahasa inggris berbasis android yang dikembangkan, nilai siswa mengalami peningkatan dari sebelum menggunakan media pembelajaran, siswa mendapat nilai dengan rata-rata 48,53% meningkat menjadi 91,35%, nilai rata-rata meningkat sebesar 42,82%. Dari hasil peneitian dan data yang diperoleh menunjukkan bahwa pengembangan media pembelajaran bahasa inggris berbasis android ini sudah sangat layak digunakan dalam proses pembelajaran di sekolah.


Keywords


Media Pembelajaran; Bahasa Inggris; Android; Adobe Flash

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2019). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arsyad, Azhar. (2017). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Budiyono, Saputro. (2017). Manajemen Penelitian Pengembangan (Research & Development) Bagi Penyusun Tesis dan Disertasi. Aswaja Pressindo: Yogyakarta.

Cahyadi, R. A. H. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis ADDIE Model. Education Jurnal, 3(1), 35-43, doi: https://doi.org/10.21070/halaqa.v3i1.2124

Fatimah, D. (2020). Pengembangan Media Katela Untuk Operasi Hitung Perkalian Pada Siswa 2 Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 4(3), 526-532. Doi: https://doi.org/10.23887/jppp.v4i3.29741

Kristanto, A. (2016). Media Pembelajaran. Bintang: Surabaya.

Kristawan, M. (2015). A Model Of Educational Character in Hight School Al.Istiqamah Simpang Empat, West Pasaman, West Sumatera. Research Journal of Education, 1(2), 15-20. Doi: https://doi.org/10.31219/osf.io/2q3we

Hardani, dkk. (2020). Motode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. Yogyakarta: CV. Pustaka Ilmu.

Mailani, Elvi., Yusnadi & Betty, S. (2020). CD Pembelajaran Interaktif Solusi Pembelajaran di Masa Pandemic. Jurnal Handayani Pgsd Unimed, 11(2), 38-45. Doi: https://doi.org/10/24114/jh.v11i2.21951

Mangesa, R. T. (2015). Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Kompetensi Bidang Kelistrikan di Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 34(3), 401-411. Doi: https://doi.org/10.21831/cp.v3i3

Margarita, L., Wahyuno, E. (2014). Penggunaan Media Animasi Macromedia Flash Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran IPA Siswa Tunarungu Kelas II SDLB. Jurnal Penelitian daan Pengembangan Pendidikan Luar Biasaa, 1(2), 137-139. Doi: http://dx.doi.org/10.17977/um029v1i22014p137-139

Nikmatussaidah, N. (2021). Implementasi Teknologi Informsi dan Komunikasi (TIK) Sebuah Literasi Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Literasiologi, 5(1), 36-49. Doi: https://doi.org/10.47783/literasiologi.v5i1.175

Putri, M., Simbolon, N. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Materi Activities di Kelas II SD Swasta Tunas Harapan Islma Kecamatan Medan Amplas T.A 2020/2021. Jurnal Guru Kita, 5(4), 36-44. Doi: https://doi.org/10.24114/jgk.v5i427840

Rahmaibu, Farida, H. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Adobe flash Untuk Meningkatkan Hasil Belajar PKn. Jurnal Kreatif, 7(1) 1-10. Doi: https://doi.org/10.15294/kreatif.v7i1.9362

Rusmayana, T. (2021). Model Pembelajaran ADDIE Integrasi Pedati di SMK PGRI Karisma Bangsa Sebagai Pengganti Praktek Kerja Lapangan Dimasa Pandemi Covid-19. Widina Bhakti Persada: Bandung.

Savitri, Dini. (2020) Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android di Kelas 4 Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Statistik, 1(2), 63-75. Doi: https://doi.org/10.46306/lb.v1i2.17

Setyawan, M. G. A., Sahari, S., & Permana, E.P. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Adobe Flash Pada Tema 7 Subtema 2 Keragaman Budaya Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4(1), 103-108. Doi: https://doi.org/10.31..4/jpdk.v4i1.3447

Simbolon, N. (2014). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Belajar Peserta didik. Elementary School Journal Pgsd Fip Unimed, 1(2), 14-19. Doi: https://doi.org/10.24114/esjpgsd.v1i2.1323

Simbolon, N. (2013). The Effect Of Instructional Approach and Verbal Reasoning On Strudents’ English Speaking Competence, SMA Negeri 14 and 21 Medan. Elementary School Journal Pgsd Fip Unimed, 1(4), 73-83. Doi: https://doi.org/102411/esjpgsd.v1i1.321

Subali, B., Idayani & Handayani. (2012) Pengembangan CD Pembelajaran Lagu Anak Untuk Menumbuhkan Pemahaman Sains Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan fisika Indonesia, 8(1), 26-32. Doi: https://doi.org/10.15294/jpfi.v8i1.1191

Syah, M. (2017). Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Wati, E. R. (2018). Ragam Media Pembelajaran. Jakarta: Kata Pena

Wati, F. Y. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Adobe Flash CS3 Profesional Daalam Pembelajaran IPa Berbasis Integrasi Islam-SAINS di SD/MI Kelas 5. Jurnal Pendidikan Ke-SDan, 3(3), 129-138. Doi: https://doi.org/10.30738/trihayu.v3i3.1874

Yusup, M., Aini, Q., & Pertiwi, K.D. (2016). Media Audio Visual Menggunakan Videoscribe Sebagai Penyajian Informasi Pembelajaran Pada Kelas Sistem Operasi. iLearning Journal Center, 1(1) 126-138. Doi: https://doi.org/10.33050/tmj.v1i1.8




DOI: https://doi.org/10.24114/paedagogi.v10i1.60113

Article Metrics

Abstract view : 131 times
PDF - 70 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Insuriyani Nababan; Naeklan Simbolon

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Follow us on instagram @fipunimed_official

slot gacor slot