Transformasi Literasi Sains melalui Video Pembelajaran IPA Berbantuan Aplikasi Doratoon
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan, kepraktisan dan keefektifan video pembelajaran IPA menggunakan aplikasi Doratoon berbasis literasi sains. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian pengembangan atau research and development (R&D) dengan model ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yaitu tahap analisis, perancangan, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Subjek pada penelitian ini adalah peserta didik berjumlah 29 orang dan 1 orang guru kelas V SDN 173175 Simarpinggan. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, dokumentasi, angket, dan tes. Hasil validasi oleh ahli materi dan ahli media adalah “Sangat Layak”. Uji kepraktisan oleh praktisi pendidikan menyatakan bahwa video pembelajaran “Sangat Praktis” dan hasil respon peserta didik diperoleh pada uji coba perorangan dan uji coba kelompok kecil menunjukkan bahwa video pembelajaran “Sangat Praktis”. Berdasarkan hasil uji keefektifan diketahui bahwa setelah menggunakan video pembelajaran yang dikembangkan terlihat peningkatan hasil belajar masing-masing peserta didik. Dilihat dari rata-rata nilai peserta didik berada pada kategori ‘Tuntas’ dan “Efektif” setelah menggunakan video pembelajaran. Dari penelitian dan data yang ditemukan dapat disimpulkan bahwa video pembelajaran IPA menggunakan aplikasi Doratoon berbasis literasi sains layak untuk digunakan dalam pembelajaran.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Akdon & Riduwan. (2015). Rumus dan Data dalam Analisis Statistika. Bandung : Alfabeta.
Ananda, L.J., Simanihuruk, L., Ratno, S., & Zati, V.D.A.(2023). Caplaire: Model Pembelajaran Inovatif Berbasis Literasi Sains.Medan: Bina Guna Press.
Andani, A. T., Pamungkas, A. S., & Nurhasanah, A. (2022). Pengembangan Video Pembelajaran Kinemaster Berbasis Literasi Sains di Sekolah Dasar. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(2), 289–301. Doi: https://doi.org/10.23969/jp.v7i2.6558
Andriyani, N. L., & Suniasih, N. W. (2021). Development Of Learning Videos Based On ProblemSolVng Characteristics Of Animals And Their Habitats Contain in Science Subjects On 6th Grade. Journal of Education, 5(1), 37-47. Doi: https://doi.org/10.23887/jet.v5i1.32314
Ersa Amalia Putri & Wirawan Fadly. (2021). Viber Sebagai Upaya Meningkatkan Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran Daring di Era Pandemi Covid-19. PISCES: Proceeding of Integrative Science Education Seminar, 1, 370–377. Diunduh dari: https://prosiding.iainponorogo.ac.id/index.php/pisces/article/view/398/145
Firdha Yusmar & Rizka Elan Fadilah. (2023). Analisis Rendahnya Literasi Sains Peserta Didik Indonesia: Hasil Pisa dan Faktor Penyebab. Lensa (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA, 13(1), 11–19. Doi: https://doi.org/10.24929/lensa.v13i1.283
Fuadi, H., & , Annisa Zikri Robbia, Jamaluddin, A. W. J. (2020). Analisis Faktor Penyebab Rendahnya Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 5(1), 108–116. Doi: https://doi.org/10.29303/jipp.v5i2.122
Hidayah, N., Rusilowati, A., & Masturi. (2019). Analisis Profil Kemampuan Literasi Sains Siswa SMP/MTs di Kabupaten Pati. Jurnal Phenomenon, 9(1), 36–47. Doi: https://doi.org/10.21580/phen.2019.9.1.3601
Lazulva, A. &. (2021). Desain Dan Uji Coba Video Pembelajaran Berbasis Literasi Sains Dengan Menggunakan Scratch pada Materi Kesetimbangan Kimia. Journal of Research and Education Chemistry(JREC), 3(2), 143–156. Doi: https://doi.org/10.25299/jrec.2021.vol3(2).7921
Novita, L., Sukmanasa, E., & Pratama, M. Y. (2019). Penggunaan Media Pembelajaran Video terhadap Hasil Belajar Siswa SD. Indonesian Journal of Primary Education, 3(2), 64-72. Doi: https://doi.org/10.17509/ijpe.v3i2.22103
OECD. (2019). PISA 2018 Results (Volume I): What Students Know and Can Do. OECD Publishing, 1. Doi: https://doi.org/10.1787/5f07c754-en
Pirdayuni P, Damanhuri D, & P. A. (2022). Pengembangan Media Audio Visual Kinemaster Dalam Pembelajaran Tema 8 Pada Kelas IV Di SD Negeri Serang 20. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(2), 306-315. Doi: https://doi.org/10.33578/jpfkip.v11i2.8536
Putriyani, E.S, Laurensia M. P., Irsan R., Lidia S., F. R. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick Berbantuan Media Question Box Terhadap Hasil Belajar Tema 7 Subtema 1 Siswa Kelas V SDN 066661 Medan Deli T.A 2022/2023. Journal of Student Development Information System (JoSDIS), 3(2), 175-188. Doi: https://doi.org/10.36987/josdis.v3i2.4709
Shihab, N., Setiawan, B., Hani. R. R, & Abdurrahman. (2019). Guru Belajar: Miskonsepsi Literasi. Jakarta: Komunitas Guru Belajar.
Soepudin. (2018). Penggunaan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Masalah dalam Pembelajaran IPA Secara Inkuiri untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa Sekolah Dasar. Didaktik: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(1), 50–58. Doi: https://doi.org/10.36989/didaktik.v4i1.65
Sugiyono. (2020). Metode Penelitian & Pengembangan. Bandung: Alfabeta.
Sunarti Rahman. (2021). Pentingnya Motivasi Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar. Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar “Merdeka Belajar dalam Menyambut Era Masyarakat 5.0.”
Syaparuddin. (2020). Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Melalui Video Pada Pembelajaran PKn di Sekolah Paket C. Jurnal Edukasi Nonformal, 1(1), 187-200. Doi: https://doi.org/10.33487/mgr.v1i1.326
Syofyan, H. (2015). Peningkatan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V Melalui Metode Resitasi di SD Al Azhar Syifa Budi Jakarta Selatan. Jurnal Pendidikan Dasar, 6(1), 134-150. Doi: https://doi.org/10.21009/JPD.061.12
Wisada, P. D., & Sudarma, I. K. (2019). Pengembangan media video pembelajaran berorientasi pendidikan karakter. Journal of Education Technology, 3(3),140-146. Doi: https://doi.org/10.23887/jet.v3i3.21735
DOI: https://doi.org/10.24114/paedagogi.v10i1.60423
Article Metrics
Abstract view : 117 timesPDF - 72 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Jesika Merdisinta Sihombing, Lala Jelita Ananda, Laurensia Masri Perangin-Angin, Khairul Usman, Yusra Nasution
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Follow us on instagram @fipunimed_official