Pengaruh Model Pembelajaran Role Playing Berbasis Kearifan Lokal Terhadap Hasil Belajar IPAS Siswa Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.24114/paedagogi.v11i1.65545Keywords:
Role Playing, Kearifan Lokal, Hasil BelajarAbstract
Penelitian ini didasari oleh rendahnya hasil belajar IPAS siswa kelas IV SDN 174552 Tambunan. Hal ini disebabkan oleh proses pembelajaran yang bersifat konvensional yang berpusat kepada guru, kurangnya keterlibatan siswa dalam pembelajaran serta minimnya integrasi kearifan lokal dalam pembelajaran. Penelitian ini menggunakan model pembelajaran role playing berbasis kearifan lokal yang didasarkan oleh teori belajar konstruktivisme yang menekankan proses pembelajaran yang berpusat kepada peserta didik dengan membangun pengetahuan melalui pengalaman dan interaksi sosialnya. Penelitian ini menggunakan desain nonequivalent control group dengan sampel 46 peserta didik (kelas eksperimen 22 peserta didik dan kelas kontrol 24 peserta didik). Instrumen penelitian berupa tes pilihan ganda yang telah diuji cobakan. Data dianalisis menggunakan uji normalitas (Shapiro-Wilk), homogenitas (Levene), dan uji hipotesis (Paired Sample T-Test). Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran role playing berbasis kearifan lokal berpengaruh signifikan terhadap peningkatan hasil belajar IPAS (nilai sig. 0,001 < 0,05). Nilai rata-rata postest kelas eksperimen (84,09) lebih tinggi dibandingkan nilai rata-rata kelas kontrol (60,42). Temuan ini menunjukkan bahwa model pembelajaran role playing berbasis kearifan lokal dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.References
Abdullah, K., Jannah, M., Aiman, U., Suryadin, Hasda, Fadilla, Z., Taqwin, Masita, Ardiawan, K.N., & Sari, M.E.. (2022). Metodologi Penelitian Kuantitatif.Aceh: Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.
Anwar, H., Syahribulan, & Basri, M. (2018). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Role Playing Terhadap Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Pada Murid Kelas V. Jurnal Kajian Pendidikan Dasar, 3(2) 486-495.
Asdar. (2018). Metode Penelitian Pendidikan. Yogyakarta : Azkiya Publishing.
Desiani, I.F. (2022). Simbol dalam Kain Ulos pada Suku Batak Toba. Jurnal Ilmu Budaya, 18(2), 127-137.
Ellitasari, H. T. (2022). Kontribusi Guru dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan Abad 21. Jurnal Basicedu, 6(6), 9508-9516.
Erawati, R., Sayidiman, & Patta, R. (2022). Pengaruh Model Role Playing Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V U PT SPF SD Negeri Mangasa Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Journal Of Education, 1-13.
Hendracipta, Nana. (2021). Model-Model Pembelajaran SD. Bandung: Multi Kreasi Press.
Herawati, & Indraswati, H. D. (2024). Pengaruh Model Role Playing Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV Pada Materi Kegiatan Ekonomi di SDN 3 Godang. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(1), 3930-3940.
Hidayat, R., & Abdillah. (2019). Ilmu Pendidikan "Konsep, Teori dan Aplikasinya". Medan: Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia.
Iswadi. (2017). Teori Belajar. Bogor: In Media
Juita, D. P., Priya, Azwardi, M., & Amra, A. (2024). Pentingnya Pengembangan Sumber Daya Manusia Pada Lembaga Pendidikan. Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 5(3), 3068-3077. Doi :
Jumrawarsi, & Suhaili, N. (2020). Peran Seorang Guru Dalam Menciptakan Lingkungan Belajar Yang Kondusif. Journal Ensiklopedia Education Review,2(3), 50-54.
Kurniasih, I., & Sani, B. (2017). Ragam Pengembangan Model Pembelajaran. Surabaya: Kata Pena.
Kurniawati, F. N. (2022). Meninjau Permasalahan Rendahnya Kualitas Pendidikan di Indonesia dan Solusi. Academy Of Education Journal, 13(1), 1-13.
Muhid, A. (2019). Analisis Statistik . Sidoarjo: Zifatama Jawara.
Rodliyah. (2021). Pendidikan & Ilmu Pendidikan. Jember: IAIN Jember Press.
Rummar, M. (2022). Kearifan Lokal dan Penerapannya di Sekolah. Jurnal Syntax Transformation, 3(12), 1581-1588.
Siyoto, S., & Sodik, A. (2015). Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Literasi Media Publishing.
Sudirman, Anggereni, S., Marlinda, N. L., Silalahi, E. K., Fitrian, A., Siregar, H. T., . . . Karim, S. (2023). Implementasi Pembelajaran Abad 21 Pada Berbagai Bidang Ilmu Pengetahuan. Bandung: Media Sains Indonesia.
Sudjana. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung. Sinar Baru Aleasindo
Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Susanti, E. (2014). Nilai-Nilai Budaya Batak Toba Sebagai Sumber Pembelajaran IPS Untuk Mengembangkan Wawasan Kebangsaan. Jurnal Metafora, 1(1), 86-98.
Tarigan, A. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Role Playing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas III SD Negeri 013 Lubuk Kembang Sari Kecamatan Ukui. Jurnal Primary, 5(3), 102-112.
Wahyudi, L. E., Mulyana, A., Dhiaz, A., Ghandari, D., Putra, Z., Dinata, . . . Hasyim, M. N. (2022). Mengukur Kualitas Pendidikan di Indonesia. Journal Of Education, 1(1), 18-22.
Yulianto, A, Sofiasyari, I, Farikhin, I., & Rogibah. (2023). Model-Model Pembelajaran Untuk Sekolah Dasar. Purbalingga: Eureka Media Aksara.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Feliando Nomensen, Yusra Nasution, Wildansyah Lubis, Edizal Hatmi, Laurensia M Perangin Angin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors published with the Paedagogi: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan (e-journal) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)