Hubungan Pengelolaan Perpustakaan dengan Minat Kunjung ke Perpustakaan Siswa Kelas Tinggi SD Negeri 75 Locok Kecamatan Anggeraja Kabupaten Enrekang
DOI:
https://doi.org/10.24114/paedagogi.v11i1.65760Keywords:
Pengelolaan, Perpustakaan, Minat KunjungAbstract
Penelitian ini adalah jenis penelitian korelasional simetris dan menggunakan pendekatan kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara pengelolaan perpustakaan dengan minat kunjung siswa kelas tinggi SD Negeri 75 Locok Kecamatan Anggeraja Kabupaten Enrekang. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SD Negeri 75 Locok Kecamatan Anggeraja Kabupaten Enrekang dengan teknik pengambilan sampel yaitu sampel cluster random sampling sebanyak 51 siswa. Pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik analisi menggunakan analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil analisis deskriptif diperoleh pengelolaan perpustakaan dan minat kunjung siswa berada pada kategori tinggi dengan nilai rata-rata 77,75% dan minat kunjung siswa dengan nilai rata-rata 79,05%. Berdasarkan hasil statistik inferensial menujukkan rhitung > rtabel (0,450 > 0,281) pada taraf signifikansi 5%. Dengan demikian H1 diterima dan H0 ditolak. Dari hasil penelitian tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan positif dan signifikan antara pengelolaan perpustakaan dengan minat kunjung siswa kelas tinggi SD Negeri 75 Locok Kecamatan Anggeraja Kabupaten Enrekang. Besarnya hubungan pengelolaan perpustakaan dengan minat kunjung siswa adalah sebesar 20,25%. Sedangkan sisanya 79,75% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.References
Aiman, U., Hasda, S., Masita, M., Sari, M., E. (2022). Metodologi penelitian kuantitatif. Aceh: Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.
Ardiansyah. (2020). Pengaruh pelayanan perpustakaan terhadap minat baca siswa Sekolah Dasar Teja Barat 1 Pamekasan. Tibanndaru: Jurnal Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 4(2), 17–30.
Bafadal. I. (2018). Pengelolaan Perpustakaan Sekolah. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Cahyono, H. (2019). Pengaruh pengelolaan perpustakaan sekolah terhadap minat baca siswa kelas IV. Jurnal Basic Education, 8(3), 309–316.
Efrina, M., Sasongko, R. N., & Zakaria. (2024). Pengelolaan perpustakaan sekolah. Millatuna: Jurnal Studi Islam, 1(01), 58–70.
Hafid, A., Sudirman, S., Amran, M., & Magvira, M. (2022). Hubungan kreativitas guru dalam pembelajaran dengan prestasi belajar siswa kelas V SD. Autentik : Jurnal Pengembangan Pendidikan Dasar, 6(1), 166–173.
Hardani, Helmina, A., Jumari, U., Utami, E., F., Istiqomah, R., R., Fardana, R., A., Sukmana, D., J., N. (2020). Buku metode penelitian kualitatif. Yogyakarta: Pustaka Ilmu
Hidayah, A. (2016). Pengaruh Pengelolaan Perpustakaan Terhadap Minat Kunjung Siswa di Perpustakaan Madrasah Aliyah Pesantren Manailil Ulum Guppi Samata [Skripsi]. Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.
Jafar, M. I., Adnan, K, A., Asriadi, A., & Kasti, N. A. (2022). Hubungan antara pengelolaan perpustakaan dengan motivasi belajar siswa kelas v sekolah dasar. JPPSD: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 2(1), 1.
Khasanah, A. M. (2020). Pengaruh Pengelolaan Perpustakaan dan Ketersediaan Sumber Belajar Terhadap Minat Baca Siswa Kelas Tinggi SDN di Gugus Sultan Agung Kecamatan Pangkah Kabupaten Tegal. Skripsi. Universitas Negeri Semarang.
Rahman, A., Lolytasari, L., & Munawwaroh, Z. (2023). Hubungan layanan perpustakaan sekolah dengan minat baca peserta didik di SMAN 4 Kota Tangerang Selatan. Daluang: Journal of Library and Information Science, 3(1).
Sahir, S. H. (2022). Metedeologi Penelitian. Jogjakarta: PT KBM Indonesia
Setiawan, B., Muntaha, A., Sriati, A., & Bintarti, A. (2015). Unsur-unsur fundamental penelitian sosial. Jurnal Metode Penelitian Komunikasi, II(27) 1–40.
Sudirman, S., & Haling, A. (2024). Authentic learning to Enhance the learning interest of outlying children (Issue Icstee 2023). Atlantis Press SARL.
Sulistiyowati, W. (2023). Konsep umum populasi dan sampel dalam penelitian. Jurnal Kajian Islam Kontemporer, 14(1), 15–31.
Waluny, D., Sholeh, D., A., & Putra, A. (2024). Faktor penyebab rendahnya minat kunjung siswa ke Perpustakaan SDN 09 Kebon Pala. Jurnal Abdi Nusa, 4(2), 151–157.
Yusuf, M., & Suhendar, Y. (2018). Pedoman Penyelenggaran Perpustakaan Sekolah. Jakarta: Prenada Media Group.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Muhammad Idris Jafar, Sudirman Sudirman, Nurhayati Nurhayati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors published with the Paedagogi: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan (e-journal) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)