Hubungan Pengelolaan Perpustakaan dengan Minat Kunjung ke Perpustakaan Siswa Kelas Tinggi SD Negeri 75 Locok Kecamatan Anggeraja Kabupaten Enrekang

Authors

  • Muhammad Idris Jafar Universitas Negeri Makassar, Indonesia
  • Sudirman Sudirman Universitas Negeri Makassar, Indonesia
  • Nurhayati Nurhayati Universitas Negeri Makassar, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.24114/paedagogi.v11i1.65760

Keywords:

Pengelolaan, Perpustakaan, Minat Kunjung

Abstract

Penelitian ini adalah jenis penelitian korelasional simetris dan menggunakan pendekatan kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara pengelolaan perpustakaan dengan minat kunjung siswa kelas tinggi SD Negeri 75 Locok Kecamatan Anggeraja Kabupaten Enrekang. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SD Negeri 75 Locok Kecamatan Anggeraja Kabupaten Enrekang dengan teknik pengambilan sampel yaitu sampel cluster random sampling sebanyak 51 siswa. Pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik analisi menggunakan analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil analisis deskriptif diperoleh pengelolaan perpustakaan dan minat kunjung siswa berada pada kategori tinggi dengan nilai rata-rata 77,75% dan minat kunjung siswa dengan nilai rata-rata 79,05%. Berdasarkan hasil statistik inferensial menujukkan rhitung > rtabel (0,450 > 0,281) pada taraf signifikansi 5%. Dengan demikian H1 diterima dan H0 ditolak. Dari hasil penelitian tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan positif dan signifikan antara pengelolaan perpustakaan dengan minat kunjung siswa kelas tinggi SD Negeri 75 Locok Kecamatan Anggeraja Kabupaten Enrekang. Besarnya hubungan pengelolaan perpustakaan dengan  minat kunjung siswa adalah sebesar 20,25%. Sedangkan sisanya 79,75% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

References

Aiman, U., Hasda, S., Masita, M., Sari, M., E. (2022). Metodologi penelitian kuantitatif. Aceh: Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.

Ardiansyah. (2020). Pengaruh pelayanan perpustakaan terhadap minat baca siswa Sekolah Dasar Teja Barat 1 Pamekasan. Tibanndaru: Jurnal Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 4(2), 17–30.

Bafadal. I. (2018). Pengelolaan Perpustakaan Sekolah. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Cahyono, H. (2019). Pengaruh pengelolaan perpustakaan sekolah terhadap minat baca siswa kelas IV. Jurnal Basic Education, 8(3), 309–316.

Efrina, M., Sasongko, R. N., & Zakaria. (2024). Pengelolaan perpustakaan sekolah. Millatuna: Jurnal Studi Islam, 1(01), 58–70.

Hafid, A., Sudirman, S., Amran, M., & Magvira, M. (2022). Hubungan kreativitas guru dalam pembelajaran dengan prestasi belajar siswa kelas V SD. Autentik : Jurnal Pengembangan Pendidikan Dasar, 6(1), 166–173.

Hardani, Helmina, A., Jumari, U., Utami, E., F., Istiqomah, R., R., Fardana, R., A., Sukmana, D., J., N. (2020). Buku metode penelitian kualitatif. Yogyakarta: Pustaka Ilmu

Hidayah, A. (2016). Pengaruh Pengelolaan Perpustakaan Terhadap Minat Kunjung Siswa di Perpustakaan Madrasah Aliyah Pesantren Manailil Ulum Guppi Samata [Skripsi]. Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.

Jafar, M. I., Adnan, K, A., Asriadi, A., & Kasti, N. A. (2022). Hubungan antara pengelolaan perpustakaan dengan motivasi belajar siswa kelas v sekolah dasar. JPPSD: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 2(1), 1.

Khasanah, A. M. (2020). Pengaruh Pengelolaan Perpustakaan dan Ketersediaan Sumber Belajar Terhadap Minat Baca Siswa Kelas Tinggi SDN di Gugus Sultan Agung Kecamatan Pangkah Kabupaten Tegal. Skripsi. Universitas Negeri Semarang.

Rahman, A., Lolytasari, L., & Munawwaroh, Z. (2023). Hubungan layanan perpustakaan sekolah dengan minat baca peserta didik di SMAN 4 Kota Tangerang Selatan. Daluang: Journal of Library and Information Science, 3(1).

Sahir, S. H. (2022). Metedeologi Penelitian. Jogjakarta: PT KBM Indonesia

Setiawan, B., Muntaha, A., Sriati, A., & Bintarti, A. (2015). Unsur-unsur fundamental penelitian sosial. Jurnal Metode Penelitian Komunikasi, II(27) 1–40.

Sudirman, S., & Haling, A. (2024). Authentic learning to Enhance the learning interest of outlying children (Issue Icstee 2023). Atlantis Press SARL.

Sulistiyowati, W. (2023). Konsep umum populasi dan sampel dalam penelitian. Jurnal Kajian Islam Kontemporer, 14(1), 15–31.

Waluny, D., Sholeh, D., A., & Putra, A. (2024). Faktor penyebab rendahnya minat kunjung siswa ke Perpustakaan SDN 09 Kebon Pala. Jurnal Abdi Nusa, 4(2), 151–157.

Yusuf, M., & Suhendar, Y. (2018). Pedoman Penyelenggaran Perpustakaan Sekolah. Jakarta: Prenada Media Group.

Downloads

Published

2025-06-30

Issue

Section

Articles