Pembelajaran Menulis Teks Rekon dengan Model Project Based Learning Menggunakan Sumber Belajar Sorotan Akun Instagram
DOI:
https://doi.org/10.24114/paedagogi.v11i1.65763Keywords:
Menulis, Teks Rekon, Sumber BelajarAbstract
Menulis merupakan salah satu elemen materi kelas IX SMP/Mts pada Kurikulum Merdeka. Salah satu materi pembelajaran Bahasa Indonesia kelas IX SMP/Mts pada elemen menulis adalah menulis teks rekon. Berdasarkan hasil pengamatan peneliti pada kegiatan PLP di SMPN 24 Semarang, masih banyak ditemukan peserta didik yang belum terampil dalam menulis teks rekon. Desain penelitian dalam penelitian ini adalah Quasi Experiment dengan model Nonequivalent Control Group Desain. Kelas eksperimen mendapatkan perlakuan pembelajaran menulis teks rekon menggunakan sumber belajar sorotan akun instagram @fauzanalrasyid kelas kontrol mendapatkan perlakuan pembelajaran menulis teks rekon menggunakan sumber belajar sorotan akun instagram @ivanlanin. Untuk mengetahui keefetifan tersebut, digunakan uji paired sample test dan uji perbedaan rata-rata independent sample test. Hasilnya, kedua sumber belajar tersebut efektif digunakan dalam pembelajaran menulis teks rekon.References
Anisah, N., Sartika, M., & Kurniawan, H. (2021). Penggunaan media sosial Instagram dalam meningkatkan literasi kesehatan pada mahasiswa. Jurnal Peurawi: Media Kajian Komunikasi Islam, 4(2), 94–112.
Armita,M., Yusuf, Y., & Ibrahim, R. (2018). Kemampuan siswa kelas xi smk negeri 5 banda aceh menulis teks cerita ulang biografi. Jurnal Bahasa Dan Sastra, 12(1), 49–61.
Dahri, N. (2022). Problem and Project Based Learning (PPjBL): Model Pembelajaran Abad 21.
Fahira, M. A. E. F. (2023). Model-model Pembelajaran Dalam Kurikulum Merdeka. Banjaran, Eureka Media Aksara.
Hafid, A. (2011). Sumber dan media pembelajaran. Sulesana: Jurnal Wawasan Keislaman, 6(2), 69–78.
Hidayatullah, M. Z., Aminah, A., & Mohzana, M. (2023). Project Based Learning dalam Meningkatkan Minat dan Kemampuan Siswa Menulis Teks Rekon dengan Media Audio Visual. Jurnal Kajian Bahasa, Sastra Dan Pengajaran (KIBASP), 7(1), 212–229.
Lindo, I. W. P. (2019). Kemampuan menulis teks cerita ulang biografi tokoh pada siswa kelas x akomodasi perhotelan 3 di SMKN 1 Palu. Jurnal Bahasa Dan Sastra, 4(4).
Mudlofir, H. A. (2021). Desain Pembelajaran Inovatif: dari Teori ke Praktik-Rajawali Pers. PT. RajaGrafindo Persada.
Mulyati, Y. (2014). Hakikat keterampilan berbahasa. Jakarta: PDF Ut. Ac. Id Hal, 1.
Pasaribu, A. Y., & Isman, M. (2023). Analisis Teks Cerita Ulang pada Buku Bahasa Indonesia Kelas XI: Kajian Struktur Sastra dan Nilai-Nilai Karakter. Bahterasia: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 4(2), 48–65.
Pujiono, A., Kanafi, K., & Farida, M. (2022). Media Sosial Sebagai Sumber Belajar Bagi Generasi Z. Regula Fidei: Jurnal Pendidikan Agama Kristen, 7(2), 252–262.
Putri, A. I., & Wrahatnolo, T. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Project-Based Learning (Pjbl) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Instalasi Penerangan Listrik Di SMKN 3 Jombang. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 8(3), 459–463.
Saputra, E. (2014). PEMBELAJARAN MENULIS BAHASA INDONESIA: Vol. IV (Issue 1).
Sarimagfirah Rahman., A. T. A. dan M. S. (2019). ANALISIS PENGGUNAAN DEIKSIS SOSIAL PADA BUKU TEKS BAHASA INDONESIA KEMENDIKBUD KELAS X SMA. Eprints Universitas Negeri Makasar.
Setiadi, E. F., Azmi, A., & Indrawadi, J. (2019). Youtube sebagai sumber belajar generasi milenial. Journal of Civic Education, 2(3), 313–323.
Shalima, I. (2014). Bahasa Indonesia Mata Pelajaran Wajib. Klaten: Intan Pariwara.
Simamora, S. A., Cahyani, I., & Kurniawan, K. (n.d.). Deiksis: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. 10(2), 2023.
Sudarti, N. W. (2019). Analisis struktur dan kaidah kebahasaan teks cerita ulang biografi karya mahasiswa program studi bimbingan konseling IKIP PGRI Bali. Widyadari, 20(2).
Utami, S. P. T., Andayani, A., Winarni, R., & Sumarwati, S. (2023). Technology Integration in Indonesian Language Class for Senior High School: A Systematic Review. Proceedings of the 2nd International Conference of Humanities and Social Science, ICHSS 2022, 17 December 2022, Surakarta, Central Java, Indonesia.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Fina Maulida, Santi Pratiwi Tri Utami

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors published with the Paedagogi: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan (e-journal) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)