Model Evaluasi Keterampilan Berbasis Pemberdayaan pada Kelompok Belajar di PKBM Generasi Amanah
DOI:
https://doi.org/10.24114/paedagogi.v11i1.65956Keywords:
Model Evaluasi, Pemberdayaan Keterampilan, Masyarakat, Pusat Kegiatan Belajar MasyarakatAbstract
Penelitian ini bertujuan mengevaluasi pembelajaran berbasis keteramilan dan membuat model evaluasi yang baik di terapkan di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat Generasi Amanah, Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang Sumatera Utara. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengembangkan model pembelajaran berbasis keterampilan lokal terintegrasi melalui kesejahteraan masyarakat miskin pada Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat Generasi Amanah. (2) mengetahui kelayakan model pembelajaran berbasis pemberdayaan terintegrasi kesejahteraan masyarakat miskin pada Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat Generasi Amanah, dan (3) mengembangkan kemampuan Kewirausahaan lulusan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat Generasi Amanah melalui pembelajaran berbasis keterampilan lokal terintegrasi kesejahteraan masyarakat miskin. Prosedur pengembangan dalam penelitian ini menggunakan desain Borg & Gall (research and information collecting, develop preliminary form of product, main field testing, final product revision). Validasi produk dilakukan oleh dua (2) dosen ahli Pendidikan Masyarakat dan satu dosen ahli Pembangunan Masyarakat satu (1) ahli Kesehatan Masyarakat. Subjek dalam penelitian ini adalah pengurus yayasan dan Fasilitator serta peserta didik/siswa Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat Generasi Amanah. Pengumpulan data pada penelitian melalui observasi, angket, dan tes tertulis. Analisis data pada penelitian ini menggunakan deskriptif kuantitatif.References
Adi, K. P. (2021). Pelaksanaan pemberdayaan masyarakat melalui program keterampilan hidup dan wirausaha di PKBM Luthfillah Kelurahan Pahandut Kota Palangka Raya. Journal Ilmu Sosial, Politik dan Pemerintahan, 10(1), 23–35.
Arikunto, S. (2017). Prosedur penelitian: Suatu pendekatan praktik (Revisi ed.). Rineka Cipta.
Borg, W. R., & Gall, M. D. (2003). Educational research: An introduction (7th ed.). Pearson Education.
Brookfield, S. D. (2013). Powerful techniques for teaching adults. Jossey-Bass.
Febriani, S. S., Nawari, I., Kurniawan, K. P., Fitriyyah, S., & Nilamsari, W. (2023). Evaluasi berbasis tujuan pada pelaksanaan program kesetaraan PKBM Al-Insan pada Paket A melalui efektivitas dan minat warga belajar. Jurnal Pendidikan Sosial dan Konseling, 1(3), 966–973.
Hamalik, O. (2018). Proses belajar mengajar. Bumi Aksara.
Hardjono, T. J. R., & Suminar, T. (2019). Model pemberdayaan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat dalam pengelolaan program pendidikan kesetaraan berbasis life skills dan kewirausahaan. Edukasi, 13(2), 81–94.
Irmawati, A. (2017). Peran Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) dalam mengurangi buta aksara di Kabupaten Karimun. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 2(1), 81–98.
Knowles, M. S., Holton, E. F., & Swanson, R. A. (2015). The adult learner: The definitive classic in adult education and human resource development (8th ed.). Routledge.
Maskun. (2020). Evaluasi implementasi program pendidikan kesetaraan Paket B di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Al-Kautsar Kota Mataram. Transformasi: Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Non Formal Informal, 6(2), 101–112.
Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldaña, J. (2014). Qualitative data analysis: A methods sourcebook (3rd ed.). SAGE Publications.
Mulyati, B., Nurlaili, F., & Alfadin, W. (2023). Efektivitas Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Insan Madani di Kecamatan Taktakan Kota Serang. Jurnal Pendidikan: Riset dan Konseptual, 6(3), 215–227.
Sudjana, D. (2009). Penilaian hasil proses belajar mengajar. Remaja Rosdakarya.
Suyanto, & Asep, J. (2009). Pendidikan di Indonesia: Kebijakan, masalah, dan solusi. Pustaka Pelajar.
Shofwan, I., Yusuf, A., Suryana, S., & Widhanarto, G. P. (2019). Evaluasi program "model logical framework" untuk pengelola Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM). Jurnal Panjar: Pengabdian Bidang Pembelajaran, 1(1), 59–64.
Parawati, E. D. (2025). Peran Pusat Kegiatan Belajar Mengajar (PKBM) Pengayoman mengatasi problem literasi dan praktik keberagamaan pada masyarakat marginal di bantaran Kaligelis. Cendekia: Jurnal Hukum, Sosial dan Humaniora, 3(1), 1016–1034.
Wiyani, N. A. (2013). Manajemen pendidikan anak usia dini: Teori dan praktik. Gava Media.
Zubaedi. (2011). Desain pendidikan karakter: Konsepsi dan aplikasinya dalam lembaga pendidikan. Kencana.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Anugrah Setiawan, Yusnadi Yusnadi, Sani Susanti, Sitti Subaedah , Khodijah Tussolihat D

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors published with the Paedagogi: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan (e-journal) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)