Pengaruh Penerapan Program Literasi Terhadap Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.24114/paedagogi.v11i1.66015Keywords:
Program Literasi, Kemampuan Membaca Permulaan, Siswa Kelas 1Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis pre-eksperimental yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan program literasi terhadap kemampuan membaca permulaan siswa kelas I di UPT SPF SD Negeri Monginsidi III, Kelurahan Maricaya Baru, Kecamatan Makassar. Desain penelitian yang digunakan adalah one group pretest-posttest design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa di sekolah tersebut, dengan sampel sebanyak 33 siswa kelas I yang dipilih melalui teknik cluster sampling. Data dikumpulkan menggunakan tes membaca permulaan yang diberikan sebelum dan sesudah penerapan program literasi. Teknik analisis data yang digunakan meliputi analisis statistik deskriptif dan inferensial. Hasil uji paired sample t-test menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05, yang berarti terdapat pengaruh yang signifikan dari program literasi terhadap kemampuan membaca permulaan siswa. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan program literasi memberikan dampak positif terhadap peningkatan kemampuan membaca permulaan siswa kelas I di UPT SPF SD Negeri Monginsidi III.References
Arianto, M. H., Sabani, F., Rahmadani, E., Sukmawaty, S., Guntur, M., & Irfandi, I. (2024). Penerapan Metode Bernyanyi dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaan Siswa Sekolah Dasar. Attadrib: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 7(1), 23–31.
Arikunto. (2015). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta
Febriani, V., & Nisa, A. F. (2024). Implementasi Pembiasaan Literasi untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas I SDN Bugels. Jurnal Ilmiah Profesi Guru (JIPG), 5(1), 32–38.
Hermawan, R., Rumaf, N., & Solehun, S. (2020). Pengaruh Literasi terhadap Keterampilan Membaca pada Siswa Kelas IV SD Inpres 12 Kabupaten Sorong. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 2(1), 56–63.
Iskandar, D., Sukmana, D., & Tullah, R. (2018). Meningkatkan Kesadaran Masyarakat Akan Pentingnya Budaya Literasi Melalui Berbagai Media. Abdi Dosen: Jurnal Pengabdian pada Masyarakat, 2(1), 1–8.
Jannah, M., Masfuah, S., & Fardani, M. A. (2022). Gerakan Literasi Sekolah Meningkatkan Minat Baca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Prasasti Ilmu, 2(3), 115–120.
Khakima, L. N., Marlina, L., & Zahra, S. F. A. (2021). Penerapan Literasi Numerasi dalam Pembelajaran Siswa MI/SD. Prosiding SEMAI: Seminar Nasional PGMI, 1, 775–792.
Lestari, F. D., Ibrahim, M., Ghufron, S., & Mariati, P. (2021). Pengaruh Budaya Literasi terhadap Hasil Belajar IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6).
Lestari, N. D. D., Ibrahim, M., Amin, S. M., & Kasiyun, S. (2021). Analisis Faktor-Faktor yang Menghambat Belajar Membaca Permulaan pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2611–2616.
Maulida, B. A., & Lestari, M. D. W. (2025). Peningkatan Kemampuan Pemahaman Membaca Permulaan pada Peserta Didik Kelas 1 Sekolah Dasar Melalui Pendekatan Literasi Multimodal. Jurnal Pendidikan Indonesia, 6(1).
Maulinawati, M., Amelia, L., & Rismawati, R. (2020). Analisis Kemampuan Membaca Permulaan Anak di Kelompok B Tk Tut Wuri Handayani Samahani Aceh Besar. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan, 1(1). https://jim.usk.ac.id/PGPAUD/article/view/17491
Puspita, A. (2021). Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas I SD Bahrul Ulum Surabaya. BADA’A: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 3(2), 138–147. DOI:
Rahayu, A., Wahib, A., & Besari, A. (2023). Peningkatan Minat Baca Siswa Sekolah Dasar Melalui Pojok Baca. Open Community Service Journal, 2(2), 122–130. https://journal.opencommunityservice.org/index.php/ocsj/article/view/82
Ritonga, S., & Rambe, R. N. (2022). Penggunaan Media Big Book dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas Rendah Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(4). DOI :
Siregar, H. D., Wassalwa, M., Janani, K., & Harahap, I. S. (2024). Analisis Uji Hipotesis Penelitian Perbandingan menggunakan Statistik Parametrik. Al Ittihadu, 3(1), 1–12. https://jurnal.ulb.ac.id/index.php/ittihadu/article/view/211
Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Jakarta: Alfabeta.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Abd. Kadir , Sudirman, Muhammad Nur Halim

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors published with the Paedagogi: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan (e-journal) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)