Model PQ4R Berbantuan Articulate Storyline sebagai Stimulus Kemampuan Kognitif Siswa Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.24114/paedagogi.v11i1.66017Keywords:
Model Pembelajaran PQ4R, Articulate Storyline, Kemampuan KognitifAbstract
Masalah pada penelitian ini adalah dalam pembelajaran seperti guru yang masih berperan secara aktif dalam proses pembelajaran, siswa yang kurang interaktif ketika guru menjelaskan terutama pada saat pembelajaran IPAS. Guru masih menggunakan media pembelajaran berupa Power Point dan video pembelajaran dari Youtube. Selain itu, peneliti juga melakukan observasi di kelas IV SDN 106190 Kota Pari, hasil pengamatan memperlihatkan bahwa siswa sebagian mengantuk dalam penjelasan guru terkait materi, dikarenakan kurangnya media pembelajaran yang mendukung proses kegiatan belajar untuk memaksimalkan aktivitas siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui “Pengaruh Model yang signifikan pada pembelajaran Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review (PQ4R) Berbantuan Media Articulate Storyline Terhadap Kemampuan Kognitif Siswa Kelas IV SDN 106190 Kota Pari “. Jenis penelitian merupakan penelitan kuantitatif dengan Quasi Experiment. Penelitian ini menggunakan desain penelitian Two Group Pretest-Posttest. Hasil dari uji instrument soal diperoleh skor dengan persentase 97,5 % dengan kriteria ‘’Sangat Layak’’. Hasil validasi oleh ahli desain diperoleh skor dengan persentase 94% dengan kriteria ‘’Sangat Layak’’. Berdasarkan evaluasi ditemukan adanya peningkatan hasil belajar peserta didik, dimana dengan rata-rata pre test yaitu 63,2 sementara rata-rata post test yaitu 80,8. Pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review (PQ4R) Berbantuan Media Articulate Storyline Terhadap Kemampuan Kognitif Siswa Kelas IV SDN 106190 Kota Pari “ efektif digunakan. Hal ini terbukti dari perolehan rata-rata skor 80,8% dengan kategori ‘’Efektif’’.References
Abraham, I., & Supriyati, Y. (2022). Desain Kuasi Eksperimen Dalam Pendidikan: Literatur Review. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 8(3), 2476–2482.
Abrori, A. N., Sumadi, C. D., Telang, J. R., Kamal, K., Bangkalan, K., Jawa, P., & Kode, T. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Terhadap Keaktifan Belajar Siswa Kelas 2 SDN Morkoneng 1. Jurnal Inovasi Ilmu Pendidikan, 1(4), 296–315.
Amirahlilis, P. G. (2023). Keadaan Pendidikan Saat Ini dan Inovasi Kurikulum Merdeka Belajar. Thesis, 6(20), 1–9.
Anas, M. H. (2023). Urgensi Supervisi Pendidikan Dalam Mewujudkan Guru yang Aktif, Kreatif dan Inovatif di MIS Ikhlasiyah Tuamang. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 3(3), 7346–7360.
Arikunto, S. (2021). Dasar-dasar evaluasi pendidikan edisi 3. Bumi aksara.
Arwanda, P., Irianto, S., & Andriani, A. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Articulate Storyline Kurikulum 2013 Berbasis Kompetensi Peserta Didik Abad 21 Tema 7 Kelas Iv Sekolah Dasar. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 4(2), 193.
Daryanes, F., Darmadi, D., Fikri, K., Sayuti, I., Rusandi, M. A., & Situmorang, D. D. B. (2023). The development of articulate storyline interactive learning media based on case methods to train student’s problem-solving ability. Heliyon, 9(4), e15082.
Kartika, A. D. A., & Rosidah, C. T. (2024). Metode Pq4R Terhadap Keterampilan Membaca Cerita Pendek. JOURNAL OF HUMANITIES AND SOCIAL STUDIES, 2(2), 1–6.
Ledia, S., Mauli, B., & Bustam, R. (2024). Implementasi Kurikulum Merdeka Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Religion Education Social Laa Roiba Journal, 6(1), 790–816.
Marisa, M. (2021). Inovasi Kurikulum “Merdeka Belajar” di Era Society 5.0. Santhet: (Jurnal Sejarah, Pendidiikan Dan Humaniora), 5(1), 72.
Niku, E. (2023). Strategi Pembelajaran Bahasa Indonesia melalui PQ4R dapat Meningkatkan Kemampuan Membaca pada Kelas I Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7, 3946–3956.
Octavia, S. A. (2020). Model-model pembelajaran.
Pamungkas, I. A., Hartini, H., & ... (2022). Pengaruh Model Pembelajaran PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review) Terhadap Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Sekolah Dasar (SD). … Konferensi Ilmiah Dasar, 3.
Ratno, S., Amelia, F. R., Sabela, A., Ade, N. F., & Naibaho, Y. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SD Dalam Pembelajaran IPA. Jurnal Pendidikan Motivasi, 2(2) (Oktober), 1–14.
Ratno, S., Amelia, F. R., Siagian, A. N., Dongoran, I. K., Pandiangan, L. L., Nasution, R. K., & Br, R. P. (2024). Analisis Problematika Proses Pembelajaran IPA Pada Siswa Kelas VI SDN 060912 Medan Denai. Pendidikan Motivasi, 2(2)(Oktober), 1–8.
Rosyida, K. R., Lestari, S., & Suyanti. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Pq4r (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, And Review) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 4(1).
Safira, A. D., Sarifah, I., & Sekaringtyas, T. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Web Articulate Storyline Pada Pembelajaran Ipa Di Kelas V Sekolah Dasar. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(2), 237–253.
Sagita, N., & Ikashaum, F. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Kognitif: Jurnal Riset HOTS Pendidikan Matematika, 3(2), 148–157.
Sari, P. K., & Hanif, M. (2023). Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif Berbasis Articulate Storyline Terhadap Hasil Belajar IPAS Siswa Kelas IV SDN Tambakrejo Magetan. Journal of Scientech Research and Development, 5(2), 153–161.
Saski, N. H., & Sudarwanto, T. (2021). Kelayakan Media Pembelajaran Market Learning Berbasis Digital Pada Mata Kuliah Strategi Pemasaran. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 9(1), 1118–1124.
Septia, R. (2018). Pengaruh model pembelajaran PQ4R terhadap jasil belajar IPA peserta didik kelas V MIN 8 Bandar Lampung. UIN Raden Intan Lampung.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Fachri Syaputra, Imelda Free Unita Manurung

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors published with the Paedagogi: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan (e-journal) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)