Model Pembelajaran Orang Dewasa Inovatif untuk Pendidikan Luar Sekolah
DOI:
https://doi.org/10.24114/paedagogi.v11i1.66711Keywords:
Andragogi, Model Pembelajaran Inovatif, Pembelajaran Orang Dewasa, Pendidikan Luar Sekolah, Transformasi SosialAbstract
Pada era masyarakat 5.0, pendidikan menghadapi tantangan besar dalam memberdayakan kelompok dewasa yang belum terakomodasi secara optimal dalam sistem pendidikan formal. Pendidikan Luar Sekolah menjadi jalur strategis untuk memberikan kesempatan belajar yang kontekstual dan partisipatif bagi mereka. Dengan berlandaskan pendekatan andragogi dan teori pembelajaran transformatif, proses pembelajaran orang dewasa dirancang untuk mengakomodasi pengalaman hidup, mendorong refleksi kritis, serta menumbuhkan kemampuan berpikir dan bertindak secara mandiri. Penelitian ini dilakukan melalui studi literatur dengan pendekatan kualitatif deskriptif, mengkaji konsep, prinsip, dan model pembelajaran yang sesuai bagi orang dewasa. Hasil kajian menunjukkan bahwa pembelajaran efektif bagi kelompok ini harus memperhatikan karakteristik psikologis dan sosial mereka, menggunakan metode inovatif yang melibatkan pengalaman langsung, dialog reflektif, pemecahan masalah, dan pemanfaatan teknologi digital. Model pembelajaran yang direkomendasikan meliputi pembelajaran berbasis inovasi, kreativitas, keterlibatan aktif, refleksi, dan fokus pada solusi. Pendekatan ini tidak hanya meningkatkan literasi dan keterampilan hidup, tetapi juga memperkuat peran orang dewasa sebagai agen perubahan sosial dalam komunitas mereka. Diperlukan pengembangan berkelanjutan terhadap model pembelajaran ini agar pendidikan luar sekolah dapat terus relevan dan berdaya guna dalam membangun masyarakat pembelajar yang adaptif terhadap dinamika global.References
Apriliyana, M. (2012). Penerapan Prinsip Pembelajaran Orang Dewasa (Andragogy) Pada Program Life Skill Di SKB Kabupaten Pati. Journal of Non Formal Education and Community Empowerment 1(1):55–60.
Brookfield, S. D. (2013). Guru yang Terampil: Teknik, Kepercayaan, dan Responsivitas di Kelas (Edisi ke-2). San Francisco: Jossey-Bass.
Budihan, J. (2018). Pendidikan Orang Dewasa (Andragogy). Jurnal Qalamuna, 10(2), 107-135.
Creswell, J. W. (2014). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches (4th ed.). Thousand Oaks, CA: SAGE Publications.
De Shazer, S., & Dolan, Y. (2007). More Than Miracles: The State of the Art of Solution-Focused Brief Therapy. Routledge.
Habsy, A., Suryadi, D., & Mulyani, N. (2024). Kajian Literatur dalam Penelitian Pendidikan. Jakarta: Prenada Media Group.
Haris, M. (2006). Belajar Mandiri (Self-Motivated Learning). LPP-UNS, dan UNS Press.
Hotimah, dkk. (2023). Pelatihan Pengembangan Media Inovatif Berbasis Hypercontent Bagi Guru SD. Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat: Makassar, 3(2) 207-215.
Jackson, P. Z., & McKergow, M. (2007). The Solutions Focus: Making Coaching and Change SIMPLE. Nicholas Brealey Publishing.
Kartono, K. (1997). Pengantar Ilmu Mendidik Teoritis: Apakah Pendidikan Masih Diperlukan?. Bandung: Mandiri Maju.
Knowles, M. S. (1980). The Modern Practice of Adult Education: From Pedagogy to Andragogy. Cambridge: The Adult Education Company.
Knowles, M. S., Holton, E. F., & Swanson, R. A. (2015). The adult learner: The definitive classic in adult education and human resource development (8th ed.). Routledge.
Maria, A. (2012). Pengembangan diri melalui refleksi. Jakarta: Penerbit Cerdas.
Megawati, A. (2012). “Penerapan Prinsip Pembelajaran Orang Dewasa (Andragogy) Pada Program Life Skill Di SKB Kabupaten Pati.” Journal of Non Formal Education and Community Empowerment 1(1), 55–60.
Mezirow, J. (2000). Learning as Transformation: Critical Perspectives on a Theory in Progress. San Francisco: Jossey-Bass.
Sihombing, E. (2019). Konsep dan Strategi Pendidikan Orang Dewasa. Medan: Universitas Negeri Medan.
Sihombing, F. (2021). Perkembangan pendidikan orang dewasa dalam merespons dinamika sosial dan kemajuan teknologi. Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 17(1), 45–56.
Silberman, M. (1996). Active Learning: 101 Strategies to Teach Any Subject. Boston: Allyn and Bacon.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sujarwo. (2015). Pendidikan Orang Dewasa: Teori dan Praktik. Yogyakarta: UNY Press.
Sukandi, U. (2003). Strategi pembelajaran aktif. Bandung: CV Maulana.
Sunhaji. (2013). Konsep Pendidikan Orang Dewasa. Jurnal Kependidikan, 1(1). 1-11.
Tamat, T. (1985). Dari Pedagogik Ke Andragogik. Jakarta: Pustaka Dian.
Wahono, dkk. (2020). Andragogi: Paradigma Pembelajaran Orang Dewasa Pada Era Literasi Digital. Jurnal PROCEDING Literasi dalam Pendidikan di Era Digital Untuk Generasi Milenial, 517-527.
Zubaidi, M. (2019). Pembelajaran Orang Dewasa "Teori dan Implementasi. Gorontalo: UNG Press Gorontalo.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Cindi Kezia Simbolon, Serasi Zendrato , Fira Aprilia, M. Sa’ban Panjaitan, Wahyu Nur Ihsan, Esra Haniarta Saragih

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors published with the Paedagogi: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan (e-journal) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)