Pengaruh Penggunaan Media Interaktif Berbasis Wordwall Terhadap Hasil Belajar IPAS

Authors

  • Mutia Sari Sinaga Universitas Negeri Medan, Indonesia
  • Yusra Nasution Universitas Negeri Medan, Indonesia
  • Husna Parluhutan Tambunan Universitas Negeri Medan, Indonesia
  • Waliyul Maulana Siregar Universitas Negeri Medan, Indonesia
  • Fajar Sidik Siregar Universitas Negeri Medan, Indonesia
  • Rahmilawati Ritonga Universitas Negeri Medan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.24114/paedagogi.v11i1.66713

Keywords:

Media Interaktif, Wordwall, Hasil Belajar, IPAS, Sekolah Dasar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media interaktif berbasis Wordwall terhadap hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) di kelas IV SDN 132406 Tanjungbalai. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain quasi-eksperimen. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas, yaitu kelas IVa sebagai kelas eksperimen yang menggunakan media Wordwall dan kelas IVb sebagai kelas kontrol yang menggunakan metode konvensional. Uji t menunjukkan nilai signifikan < 0,05 yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang menggunakan media Wordwall dengan yang menggunakan metode konvensional. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media interaktif berbasis Wordwall berpengaruh secara signifikan terhadap peningkatan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPAS. Media ini tidak hanya meningkatkan pemahaman konsep siswa tetapi juga mendorong keterlibatan aktif siswa dalam proses belajar mengajar. Oleh karena itu, media Wordwall disarankan untuk diterapkan sebagai alternatif media pembelajaran dalam rangka meningkatkan efektivitas pembelajaran IPAS khususnya di jenjang sekolah dasar.

References

Affida. (2020). Pengaruh penggunaan media pembelajaran interaktif autoplay terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran al - quran hadist di man 2 tuban.

Aurillia, R. (2024). Pengaruh Penggunaan Media Aplikasi Wodwall dalam Meingkatkan Hasil Belajar Siswa Materi Sistem Pernapasan Manusia di Kelas V sekolah Dasar. Indonesian Research Journal on Education, 4(4), 1246-1252.

Azizah, C. (2022). Implemetasi Metode Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Make A Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kelas IV Di SD Islam Maarif Sukorejo. 4(1), 1–23.

Idzi'layyinnati, m. f. (2021). pengaruh media pembelajaran berbasis website (wordwall) terhada hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran fiqih kelas VII disekolah menengah pertama muhammadiyah 07 paciran. Jurnal Mahasiswa Pendidikan, 1(1), 1-32.

Lisa, h. &. (2020). pengaruh pembelajaran menggunakan media pembelajaran interaktif terhadap hasil belajar siswa dis ekolah dasar. jurnal basicedu, 4(4), 1104-1113.

Maghfiroh, K. (2018). Penggunaan Media Word Wall untuk meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Kelas IV MI Roudlotul Huda . semarang ; Jurnal Profesi Keguruansari, ika yunita Windayani, 4(1), 64-70.

Nabillah, T. &. (2020). Faktor penyebab rendahnya hasil belajar siswa. ProsidingSesiomadika.

Nafian, R. K. (2024). Penggunaan Media wordwall sebagai evaluasi pembelajaran IPAS Kelas IV SD Negeri 1 Gumul. Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(4), 747-750

Nurdin, M. & Dewi, R. (2023). Pengaruh penggunaan media interaktif berbasis wordwaall terhadap hasil belajar IPS: studi eksperimen siswa kelas V SD Negeri 14 biru kecamatan tanete riattang kabupaten bone. Global Journal Basic Education.

Nursalim, M. (2022). Belajar Mudah & Praktis Analisis Data dengan SPSS dan JASP. Bandar Lampung. CV. Madani Jaya.

Raharjo, E. U. (2025). Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Media Audio Visuual pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial Jupendis, 3(1), 96-109.

Rahmatullah, F. (2025). Media Interaktif Sebagai Alat Efektif dalam Pembelajaran PAI. Jurnal Pendidikan, Agama dan Budaya, 1(1), 72-81.

Ramadhan, R. W. (2024). Pembelajara IPAS pada proses belajar sekolah dasr kelas 4. karimah tauhid, 3(7), 7457-7464.

Savira, A. &. (2022). Pengaruh media aplikasi wordwall dalam meningkatkan hasil belajar mata pelajaran IPA di sekolah dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(4), 5453-5460.

Sentani, A. Y. (2022). Implementasi game wordwall untuk meningkatkan hasil belajar bahasa inggris dikelas X SMK Muhammadiyah 1 kota sukabumi. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Vokasional, 4(1), 1-8.

Setiawan, A. N. (2022). Pengaruh Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Vi Sdn 1 Gamping. Jurnal Riset dan Inovasi Pendidikan Dasar. 2(2), 92-109.

Sugih, S. N. (2023). Implementasi Kurikulum merdeka dalam pembelajaran IPAS di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 4(2), 599-603.

Ubabuddin. (2019). Hakikat Belajar Dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Journal Edukatif, 5(1), 18–27.

Wahyudi, S. A. (2023). Analisis Pembelajaran IPAS dengan Penerapan Pendekatan Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan MIPA, 13(4), 1105-1113.

Yanto, F. 7. (2022). Peran Orang Tua Siswa Kelas IV SD Negeri Sumuranja 2 dalam Membantu Belajar di Rumah . Jurnal Perseda: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. 5(3), 185-191.

Downloads

Published

2025-06-30

Issue

Section

Articles