Eksplorasi Peran Ekskul PIK-R dalam Mengasah Keterampilan Public Speaking Anggota melalui Kegiatan Presentasi Mingguan

Authors

  • Lia Satriani Ramdhan Farsiah Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah, Indonesia
  • Joya Kharismaylinda Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah, Indonesia
  • Lutfi Diyah Azzahra Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah, Indonesia
  • Deby Elystiadi Dalimunthe Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah, Indonesia
  • Finny Cornelia Sitinjak Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah, Indonesia
  • Sekar Ayu Anjarani Sipayung Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah, Indonesia
  • Vintauli Wahyuni SMA Negeri 15 Medan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.24114/paedagogi.v11i1.66741

Keywords:

Keterampilan Komunikasi PIK-R, Presentasi Mingguan , Public Speaking

Abstract

Keterampilan public speaking merupakan kompetensi krusial bagi siswa SMA untuk mendukung perkembangan akademik, sosial, dan profesional. Penelitian kualitatif ini bertujuan mengeksplorasi peran ekstrakurikuler Pusat Informasi dan Konseling Remaja (PIK-R) dalam mengasah keterampilan public speaking melalui kegiatan presentasi mingguan. Sebanyak 18 siswa kelas X dan XI di SMA Negeri di Kota Medan diwawancarai secara semi terstruktur, dipilih melalui purposive sampling berdasarkan variasi gender, tingkat keaktifan, dan masa keanggotaan. Analisis tematik mengungkap bahwa presentasi mingguan meningkatkan kepercayaan diri, kelancaran berbicara, penguasaan materi, dan kemampuan berinteraksi dengan audiens. Tantangan seperti kegugupan, kesulitan mencari informasi, dan pertanyaan tak terduga turut muncul, terutama pada anggota baru dan pasif. Sistem rotasi presentasi antar divisi memberikan kesempatan latihan merata, meskipun manfaatnya bervariasi berdasarkan lama keanggotaan dan keaktifan. Penelitian ini menyarankan sesi refleksi pasca-presentasi, kegiatan luar sekolah, dan pelatihan formal untuk optimalisasi program PIK-R. Temuan ini berimplikasi bagi pendidik dan pengelola ekskul dalam pengembangan keterampilan komunikasi remaja.

References

Alim, S., Nurdin, E., & Rahayu, T. (2020). Pengaruh Keterampilan Berbicara terhadap Keberanian Komunikasi Siswa. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 87-96.

Almujaiwel, S., Zulkifli, A., Amiruddin, R., Hidayanty, H., & Suriah, S. (2025). The Effect of Interpersonal Communication on Prevention Behavior of Early Hypertension among Students. International Journal of Statistic in Medical Research.

Alzubi, A. A., Nazim, M., & Ahmed, J. U. (2025). Indentifying English as a Foreign Language Students Attitude to Improve Speaking Skills through Collaboration. Journal of Education and Learning, 19(1), 180-190.

Anderson, L., & Brown, K. (2022). Effective Communication Skills: A Guide for Youth Development. Journal of Adolescent Research, 512-530.

Bandura, A. (1977). Social Learning Theory. Prentice Hall. Beebe, S. A., & Beebe, S. J. (2021). Public Speaking: An Audience-Centered Approach (10th ed.). Person Education.

Binkley, M., Erstad, O., Herman, J., Raizen, S., Ripley, M., & Rumble, M. (2012). Defining Twenty-First Century Skills. In P. Griffin, B. McGaw, & E. Care (Eds), Assessment and Teaching of 21st Century Skills.

BKKBN. (2023). Statistik Program PIK-R Nasional 2023. Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional.

Braun, V., & Clarke, V. (2021). Thematic Analysis: A Practical Guide. SAGE Publications.

Bright , D., & Poole, A. (2025). Navigating the Tensions between International Schooling and National Goals of Education. Educational Review, 77(4).

Creswell, J. W., & Poth, C. N. (2018). Qualitative Inquiry and Research Design: Choosing among Five Approach (4th ed.). SAGE Publication.

Denzin, N. K., & Lincoln, Y. S. (2017). The SAGE Handbook of Qualitative Research (5th ed.). SAGE Publication.

Erikson, E. H. (1968). Identity: Youth and Crisis. W. W: Norton Company.

Fitria, R. A. (2021). Pelatihan Public Speaking untuk Menciptakan Komunikasi Efektif pada Siswa SMKN 49 Jakarta Utara. Jurnal IKRAITH-ABDIMAS, 5(1), 74-78.

Harahap, D., & Sutrisno, B. (2023). Tantangan Komunikasi Lisan Remaja di Era Digital: Studi pada Siswa Sekolah Menengah. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 34-45.

Israel, M., & Hai, I. (2020). Research Ethic for Social Sicentist: Between Ethical Conduct and Regulatory Complience (2nd ed.). SAGE Publications.

Johnson, M. E., Smith, R. T., & Clarke, J. D. (2023). Supporting Novice Speakers: Structured Training Models for Adolescents. Journal of Youth Communication Development, 134-149.

Johnson, R., Smith, T., & Lee, M. (2023). Presentation-Based Learning and Anxiety Reduction in High School Students. International Journal of Education, 189-205.

Julianto, I. R. (2024). The Role of Indonesia Language Teachers in Implementing the Pancasila Student Profile. Educational Insight, 2(2), 171-179.

Kim, S. H., Choi, Y., & Lee, M. J. (2021). Gendered Communication Stlyles in Youth Presentations: A Comparative Analysis. Youth & Society.

Kusumawati, R. (2022). Public Speaking sebagai Strategi Peningkatan Kepemimpinan Siswa di Sekolah Menengah. Jurnal Pendidikan Karakter, 303-312.

Mickievicz, E., Laubacher, C., & Alston-Knox, C. (2025). Caregiver's Perspectives on Supporting Sexual and Gender-Divers Youth in Adolescent Relationship Abuse Prevention. Health Education & Behavior.

Nahar , L., & Machado, C. (2025). Inquiry-Based Learning in Bangladesh: Insight into Middle and High School Student's Experiences and 21st Century Skill Development. Diciplinary and Interdiciplinary Science Education Research, 7(1).

Pratama, A., & Sari, R. (2022). Peran Ekstrakurikuler dalam Pengembangan Keterampilan Komunikasi Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Indonesia, 245-260.

Ramadhani, D., & Fauziah, R. (2023). Pengaruh Kegiatan Ekstrakurikuler terhadap Perkembangan Komunikasi Interpersonal Remaja. Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia, 122-130.

Sholihah, M., Zubaidah, S., Mahanal, S., & Listyorini, D. (2025). The Effect of Reading Concept Mapping-Reciprocal Teaching on Student's Communication Skills. Journal of Education and Learning, 19(1), 158-168.

Smith, J., & Jones, P. (2021). Public Speaking as a Tool for Adolescent Empowerment. Youth Studies Journal, 78-95.

Subrahmanyan, K., & Smahel, D. (2011). Digital Youth: The Role of Media in Development. Springer.

Sudrajat , A., & Febriani, R. B. (2025). The Use of Youtube Podcast to Improve Students Speaking Skills. Journal of English Education Program, 12(1), 75-80.

Takac, M., Collett, J., & Blom, K. J. (2019). Public Speaking Anxiety Decreases within Repeated Virtual Reality Training Sessions. PLoS ONE, 14(5).

Topyor, N. F., & Anwar, S. (2025). Students Perception Using Duet Content on TikTok Application to Enhance Speaking Skills in Indonesia Vocational School Students. Esteem, 8(1), 473-483.

Wibowo, T., Handayani, L., & Putra, R. (2024). Ekstrakurikuler dan Pengembangan Soft Skills: Studi di Sekolah Menengah. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 301-318.

Wijaya, R., & Ningsih, T. (2024). Public Speaking dan Penguatan Keterampilan Abad 21 pada Siswa SMA. Jurnal Pengembangan Pendidikan, 110-122.

Yusuf, M., & Fitriana, D. (2021). Mengurangi Kecemasan Berbicara di Depan Umum Melalui Pelatihan Presentasi Kelompok. Jurnal Psikologi Remaja, 122-130.

Zamawe, F. C. (2015). The Use of NVivo Software in Qualitative Data Analysis: Advantage and Challanges. Malawi Medical Journal, 27(1), 13-15.

Downloads

Published

2025-06-30

Issue

Section

Articles