Optimalisasi Model Cooperative Learning untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa dalam Pembelajaran Tari Kreasi Simalungun Berbasis Audio Visual

Authors

  • Nova Selvia Universitas Negeri Medan, Indonesia
  • Yusnizar Heniwaty Universitas Negeri Medan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.24114/paedagogi.v11i1.67337

Keywords:

Tari Kreasi Simalungun, Coperatif Learning, Kreatifitas, Audio Visual

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas siswa menggunakan model cooperative learning tipe STAD melalui audio visual berdasarkan KD 4.4 yaitu, memeragakan gerak tari kreasi berdasarkan pola lantai dengan menggunakan unsur pendukung tari sesuai dengan iringan. Penelitian menggunakan metode kuantitatif, yang merupakan prosedur penelitian yang diukur dan dinyatakan dalam bentuk angka atau bilangan. Data ini merepresentasikan informasi yang bersifat terukur, terstruktur, dan dapat dianalisis secara statistik.  Pengambilan sampel dalam peneelitian ini adalah kelas IX-A yang berjumlah 27 peserta didik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kreativitas tari siswa meningkat setelah diterapkannya model Cooperative learning tipe STAD. Nilai rata-rata siswa sebelum menggunakan model Cooperative Learning tipe STAD (pre test) yaitu 65,3. Setelah diterapkannya model Cooperative Learning tipe STAD (post test) nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 87,4. Dalam hal ini dapat dinyatakan bahwa terdapat peningkatan kreativitas siswa yang signifikan dalam pembelajaran tari kreasi daerah Simalungun dengan menggunakan model cooperative learning menggunakan audio visual. Berdasarkan nilai Uji T, menunjukan bahwa thitung > ttabel yaitu (13,675 > 2,056), sehingga hipotesis pada penelitian diterima.

References

Chen, F. (2010). Be Creative! Menjadi Pribadi Kreative. Jakarta: Gramedia pustaka utama.

Darmawan, C. K. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Indra, Y. F. (2020). Pengembangan Model Pembelajaran PBL Berbasis Digital Untuk Meningkatkan Karakter peduli Lingkungan dan Literasi Sains. Yogyakarta: Deepublish.

Karlina, Y., & Pnedidikan, P. (2022). Ilmu Pendidikan Dan Unsur-Unsur Pendidikan. Al-Urwatul Wutsqa, 2(1).

Kristanto, A. (2016). Media pembelajaran. Jawa Timur: Bintang Sutabaya.

Kurniawan, H. (2021). Pengantar Praktis Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Deepublish.

Magdalena, M., Triana, D. D., & Sari, K. M. (2021). Media Audio visual Dalam Pembelajaran Seni Tari. Journal of Dance and Dance Education Studies, 1(2), 31-38.

Mufarikoh, Z. (2020). Statistik Pendididkan (Konsep Sampling dan Uji Hipotesis). Surabaya: CV. Jaket Publishing.

Pane, A., & Dasopang, M. D. (2017). Belajar dan pembelajaran. Fitrah: Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2), 333-352.

Putra, A. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: CV. Jaket Media Publishing.

Qosim, H. R. (2021). Strategi Belajar dan Pembelajaran. Banda Aceh: Syah Kuala University Press.

Ramadhan, T. I. (2019). Perencanaan Pembelajaran Untuk Kejuruan. Jakarta: Kencana.

Rusli. (2023). Metode Pembelajaran Sejarah Untuk Meningkatkaan Nasionalisme Siswa. Bengkalis-Riau: Dotplus Publisher.

Downloads

Published

2025-06-30

Issue

Section

Articles