Optimalisasi Model Cooperative Learning untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa dalam Pembelajaran Tari Kreasi Simalungun Berbasis Audio Visual
DOI:
https://doi.org/10.24114/paedagogi.v11i1.67337Keywords:
Tari Kreasi Simalungun, Coperatif Learning, Kreatifitas, Audio VisualAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas siswa menggunakan model cooperative learning tipe STAD melalui audio visual berdasarkan KD 4.4 yaitu, memeragakan gerak tari kreasi berdasarkan pola lantai dengan menggunakan unsur pendukung tari sesuai dengan iringan. Penelitian menggunakan metode kuantitatif, yang merupakan prosedur penelitian yang diukur dan dinyatakan dalam bentuk angka atau bilangan. Data ini merepresentasikan informasi yang bersifat terukur, terstruktur, dan dapat dianalisis secara statistik. Pengambilan sampel dalam peneelitian ini adalah kelas IX-A yang berjumlah 27 peserta didik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kreativitas tari siswa meningkat setelah diterapkannya model Cooperative learning tipe STAD. Nilai rata-rata siswa sebelum menggunakan model Cooperative Learning tipe STAD (pre test) yaitu 65,3. Setelah diterapkannya model Cooperative Learning tipe STAD (post test) nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 87,4. Dalam hal ini dapat dinyatakan bahwa terdapat peningkatan kreativitas siswa yang signifikan dalam pembelajaran tari kreasi daerah Simalungun dengan menggunakan model cooperative learning menggunakan audio visual. Berdasarkan nilai Uji T, menunjukan bahwa thitung > ttabel yaitu (13,675 > 2,056), sehingga hipotesis pada penelitian diterima.References
Chen, F. (2010). Be Creative! Menjadi Pribadi Kreative. Jakarta: Gramedia pustaka utama.
Darmawan, C. K. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran. Jakarta: Kencana.
Indra, Y. F. (2020). Pengembangan Model Pembelajaran PBL Berbasis Digital Untuk Meningkatkan Karakter peduli Lingkungan dan Literasi Sains. Yogyakarta: Deepublish.
Karlina, Y., & Pnedidikan, P. (2022). Ilmu Pendidikan Dan Unsur-Unsur Pendidikan. Al-Urwatul Wutsqa, 2(1).
Kristanto, A. (2016). Media pembelajaran. Jawa Timur: Bintang Sutabaya.
Kurniawan, H. (2021). Pengantar Praktis Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Deepublish.
Magdalena, M., Triana, D. D., & Sari, K. M. (2021). Media Audio visual Dalam Pembelajaran Seni Tari. Journal of Dance and Dance Education Studies, 1(2), 31-38.
Mufarikoh, Z. (2020). Statistik Pendididkan (Konsep Sampling dan Uji Hipotesis). Surabaya: CV. Jaket Publishing.
Pane, A., & Dasopang, M. D. (2017). Belajar dan pembelajaran. Fitrah: Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2), 333-352.
Putra, A. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: CV. Jaket Media Publishing.
Qosim, H. R. (2021). Strategi Belajar dan Pembelajaran. Banda Aceh: Syah Kuala University Press.
Ramadhan, T. I. (2019). Perencanaan Pembelajaran Untuk Kejuruan. Jakarta: Kencana.
Rusli. (2023). Metode Pembelajaran Sejarah Untuk Meningkatkaan Nasionalisme Siswa. Bengkalis-Riau: Dotplus Publisher.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Nova Selvia, Yusnizar Heniwaty

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors published with the Paedagogi: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan (e-journal) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)