Pembelajaran Tari Terang Bulan dengan Model STAD untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa
DOI:
https://doi.org/10.24114/paedagogi.v11i1.67339Keywords:
Model Pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD), Tari Terang Bulan, Hasil BelajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengoptimalkan hasil pendidikan siswa, dengan menerapkan model pembelajaran STAD. Tujuannya adalah untuk memahami keberagaman gerakan tari Terang Bulan dengan memperhatikan nilai, kategori, dan perannya. Kami mengandalkan teori Benjamin Bloom, yang terdiri dari tiga elemen: kognitif, emosional dan psikomotorik, untuk mendefinisikan hasil belajar. Pendekatan penelitian ini bersifat kuantitatif, dengan teknik pengumpulan informasi meliputi konsultasi dokumen, tinjauan pustaka dan observasi. Penelitian yang dilakukan bersifat pra-eksperimental, meliputi fase pretest dan fase posttest. Kelas VII-5 MTsPN 4 Medan memiliki 28 siswa. Pengambilan sampel kelas dilakukan secara purposive sampling. Lembar pertanyaan pembelajaran siswa digunakan sebagai instrumen penelitian. Pengetahuan siswa terhadap tari Terang Bulan mengalami peningkatan, tercermin dari hasil yang dicapai pada pretest dan posttest,ini merupakan hasil yang diperoleh dari penelitian. Metode ceramah memberikan pretest dengan rata-rata 72,70 bagi peserta didik. Penerapan model pembelajaran STAD berhasil meningkatkan nilai menjadi 86,07. Berdasarkan hasil evaluasi uji-t, penerapan model pembelajaran STAD memberikan hasil peningkatan prestasi belajar siswa sebesar 9,37%. Dengan mempertimbangkan bahwa thitung > ttabel yaitu 46,113 > 2,052, hipotesis penelitian diterima.References
Affandi, & Ningsih, K. (2020). Taksonomi dan Model Pembelajaran Berpikir Tingkat Tinggi. Tanjungpura: Untan Press.
Andi, & Nik. (2022). Model Pembelajaran Kooperatif (Cooperative Learning Model. Purbalingga : Euruka Media Aksara
Bunyamin. (2021). Belajar dan Pembelajaran: Konsep Dasar, Inovasi dan Teori. Jakarta: UPT UHAMKA Press.
Hasibuan, O. (2021). Pengemasan Tari Terang Bulan Berbasis Aplikasi Discord Untuk Siswa Kelas X Sekolah Menengah Atas. Skripsi. Medan: Universitas Negeri Medan.
Murthada, M., & Sulubara, S. M. (2023). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad (Student Teams Achievement Division) Di SMP IT Muhammadiyah Takengon. Dewantara: Jurnal Pendidikan Sosial Humaniora, 2(1), 47-56.
Nisa, N.(2021).Nilai Karakter Dalam Tari Terang Bulan Pada masyarkat Suku Karo. Skripsi. Medan: Universitas Negeri Medan.
Nuryadi, Tutut, D. A., Utami, E. S., & Budiantara, M. (2017). Dasar-Dasar Statistika Penelitian. Yogyakarta: Sibuku Media.
Pratiwi. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Student Team Achivement Division Pada Materi Tortor Naposo Nauli Bulung Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 37 Medan. Skripsi. Medan: Universitas Negeri Medan.
Rahmah, S., Saragih, A. H., & Napitupulu, E. (2023). Impact Of Dance Education Learning Model Development (ICOSRIE) To Improve College Students’cognitive Skills. Russian Law Journal, 11(3), 2406-2424.
Robert E. Slavin. (1982). Coopertaive Learning Student Teams. United States: Educational Resources Information Center (ERIC).
Sapitri. (2019). Pengemasan Materi Pembelajaran Audio Visual Tari Terang Bulan Berbasis Website untuk Kelas X Sekolah Menengah Atas. Skripsi. Medan: Universitas Negeri Medan.
Sirait, S., & Rahayu, T. (2020). Tari Terang Bulan. Medan : Universitas Negeri Medan
Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Supartini, E. (2001). Diagnostik Kesulitan Belajar dan Pengajaran Remedial. Yogyakarta: Modul Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta.
Taloen, S. Y. (2022). Model pembelajaran kooperatif tipe stad (student team achievement division) dalam mengupayakan tanggung jawab siswa (Doctoral dissertation, Universitas Pelita Harapan).
Windy (2024). Pengaruh Model Pembelajaran STAD terhadap Hasil Belajar Siswa AL-Ulum Terpadu di kecamatan Medan Tembung Kota Medan. Skripsi. Medan: Universitas Negeri Medan.
Yandi, A., Putri, A. N. K., & Putri, Y. S. K. (2023). Faktor-Faktor Yang Mempengarui Hasil Belajar Peserta Didik (Literature Review). Jurnal Pendidikan Siber Nusantara, 1(1), 13-24.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Sabrina Raihani, Sitti Rahmah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors published with the Paedagogi: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan (e-journal) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)