SUPERVISI KLINIS KEPALA SEKOLAH DAN PENINGKATAN PROFESIONALISME GURU

Rehmalem Tarigan

Abstract


Abstrak

Pendidikan yang baik, sebagaimana yang diharapkan oleh masyarakat modern dewasa ini dan sifatnya yang selalu menantang, mengharuskan adanya pendidik (guru) yang profesional.  Salah satu kriteria guru yang profesional adalah jika guru mau dan mampu menemukan kelemahan-kelemahannya dalam melaksanakan pembelajaran dan beruhasa menemukan pemecahannya. Pemecahan masalah pembelajaran guru dalam pembelajaran dapat dilakukan dengan teman sejawat, dan supervisor melalui supervisi akademik maupun supervisi klinis. Supervisi klinis merupakan salah satu jenis supervisi yang dapat dilakukan oleh kepala sekolah terhadap para guru. Jenis supervisi ini merupakan bantuan professional yang diberikan secara sistematik kepada guru berdasarkan kebutuhan guru tersebut dengan tujuan untuk membina guru serta meningkatkan profesionalisme khususnya dalam melaksanakan pembelajaran. Supervisi klinis difokuskan pada perbaikan pengajaran dengan melalui siklus yang sistematis dari tahap perencanaan, pengamatan, dan analisis intelektual yang intensif terhadap penampilan mengajar sebenarnya dengan tujuan mengadakan modifikasi yang rasional.

Kata Kunci : Supervisi Klinis, Kepala Sekolah, dan Profesionalisme  Guru.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.1234/paedagogi.v8i2.8166

Article Metrics

Abstract view : 139 times
PDF - 238 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.