PENGARUH STRATEGI 3M (MENIRU-MENGOLAH-MENGEMBANGKAN) TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN ARGUMENTASI SISWA KELAS X SMA SWASTA FREE METHODIST MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014

Beatriz Lasmaria Harianja

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Strategi 3M
(Meniru-Mengolah-Mengembangkan) terhadap Kemampuan Menulis Karangan Argumentasi Siswa Kelas X SMA Swasta Free Mehodist Medan Tahun Pembelajaran 2013/2014. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Swasta Free Methodist Medan dengan jumlah 122 siswa. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 30 siswa yang diambi secara random sampling. Instrument yang digunakan untuk menjaring data adalah penugasan berupa tes esai menulis karangan argumentasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain pretest dan postest. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah membandingkan keadaan sebelum dan setelah diberi perlakuan strategi 3M. Dari pengolahan data diperoleh nilai rata-rata sebelum diberi perlakuan = 64,40, sedangkan nilai rata-rata setelah diberi
perlakuan strategi 3M = 75,40. Berdasarkan uji normalitas, hasil sebelum dan setelah diberi perlakuan strategi 3M berdistribusi normal. Kemudian berdasarkan uji homogenitas dinyatakan bahwa sampel berasal dari populasi yang homogen. Dalam hal ini diperoleh t0 = 5. Selanjutnya dikonsultasikan dengan ttabel pada taraf 5% = 2,04. t0 > ttabel, yakni 5 >
2,04. Maka hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa strategi 3M (Meniru-Mengolah-Mengembangkan) berpengaruh positif meningkatkan kemampuan menulis karangan argumentasi siswa kelas X SMA Swasta Free Methodist Medan.
Kata kunci: strategi 3M (Meniru-Mengolah-Mengembangkan), karangan
argumentasi.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/bss.v3i2.1449

Article Metrics

Abstract view : 271 times
PDF - 318 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2014 Beatriz Lasmaria Harianja

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.