PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING (SISWA SEBAGAI FASILITATOR DAN PENJELAS) TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS BERITA OLEH SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 BOSAR MALIGAS TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014

Desty Junita Sitohang

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan pengaruh model pembelajaran Student Facilitator and Explaining (Siswa sebagai Fasilitator dan Penjelas) terhadap kemampuan menulis teks berita oleh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Bosar Maligas Tahun Pembelajaran 2013/201 yang berjumlah 201 orang siswa. Sampel penelitian ini adalah sampel yang langsung ditetapkan untuk menjadi wakil dari populasi yang ada yaitu sebanyak 50 orang siswa dari jumlah populasi 201 orang siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif jenis eksperimen untuk melihat akibat atau pengaruh dari suatu perlakuan. Desain eksperimen yang digunakan adalah two group posttest-only control design. Untuk kelompok satu sebagai kelas eksperimen diberi model pembelajaran Student Facilitator and Explaining (siswa sebagai fasilitator dan penjelas) dalam menulis teks berita dan kelompok kedua sebagai kelas kontrol diberi model pembelajaran konvensional dalam pembelajaran menulis teks berita. Kemudian diadakan post-test (tes akhir).Hasil penelitian disimpulkan, kemampuan menulis teks berita yang menggunakan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining (Siswa sebagai Fasilitator dan Penjelas) pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Bosar Maligas Tahun Pembelajaran 2013/2014 adalah baik dengan nilai ratarata 76,4. Kemampuan menulis teks berita yang menggunakan model pembelajaran konvensional pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Bosar Maligas Tahun Pembelajaran 2013/2014 adalah cukup dengan nilai rata-rata 61,6. Model pembelajaran Student Facilitator and Explaining (Siswa sebagai Fasilitator dan Penjelas) berpengaruh dalam meningkatkan kemampuan siswa menulis teks berita. Ini terbukti dari hasil uji t diperoleh nilai thitung > ttabel(0,05), yakni 4,65 > 2,01.

Kata kunci: Model pembelajaran Student Facilitator and Explaining (Siswa sebagai Fasilitator dan Penjelas), Teks berita.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/bss.v3i2.1453

Article Metrics

Abstract view : 444 times
PDF - 169 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2014 Desty Junita Sitohang

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.