BATIK: BAHAN AJAR DIGITAL BIPA BERMUATAN BUDAYA PEKALONGAN UNTUK PEMELAJAR BIPA 1
Abstract
Pembelajaran BIPA bagi mahasiswa asing digunakan sebagai bekal awal pengetahuan bahasa dan budaya Indonesia dalam upaya membantu adaptasi lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengembangan bahan ajar digital yang memuat budaya lokal Pekalongan bagi mahasiswa BIPA 1. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (RnD) dengan metodologi yang disesuaikan dengan kebutuhan. Pengembangan BATIK (Bahan Ajar BIPA Terpadu Bahasa Indonesia) dikembangkan menggunakan situs Google dengan memuat sepuluh materi sesuai dengan kompetensi yang dikuasai BIPA 1. Budaya lokal Pekalongan meliputi penggunaan nama orang dan daerah, penggunaan sapaan khas dan sistem kekerabatan, memberikan informasi budaya Pekalongan, tempat wisata dengan pengetahuan sosial budaya, tradisi khas dan etika santun. Bahan ajar digital dikembangkan dengan mendeskripsikan materi berdasarkan empat keterampilan berbahasa. Soal dan latihan dikembangkan dengan aplikasi digital yang dapat langsung mencatat jawaban dan memberikan nilai.References
Alperi, M. (2019). Peran Bahan Ajar Digital SIGIL dalam Mempersiapkan Kemandirian Belajar Peserta Didik. Jurnal TEKNODIK, 23(2), 99–0. https://doi.org/https://doi.org/10.32550/teknodik.v0i1.479
Arwansyah, Y. B., Suwandi, S., & Widodo, S. T. (2017). Revitalisasi Peran Budaya Lokal dalam Materi Pembelajaran Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA).
Bagus, I., Adnyana, A., Rahmanu, E. D., Gusti, I., Sutarma, P., & Negeri Bali, P. (2021). Metode Pengajaran Budaya dalam Pembelajaran BIPA. 5–6. https://doi.org/https://ojs2.pnb.ac.id/index.php/proceedings/article/view/215
Chaer, H., Jafar, S., Intiana, S. R. H., R., J. R. P., & Setiawan, I. (2024). Pengajaran Bahasa Berdasarkan Teori Aktivitas Budaya Engeström: Integrasi Konteks Budaya dalam Pembelajaran Bahasa. Jurnal Humanitas: Katalisator Perubahan dan Inovator Pendidikan, 10(2), 235–254. https://doi.org/10.29408/jhm.v10i2.25562
Disma, F. Z., Widiyanto, N., Pipin Kusumawati, dan, & Tinggi Pariwisata Ambarrukmo Yogyakarta, S. (2025). Gastronomi Berbasis Budaya Lokal Sebagai Upaya Pengembangan Makanan Tradisional Di Kota Pekalongan (Vol. 6). https://doi.org/https://doi.org/10.24036/jkpbp.v6i1.77872
Gavrila Bela Puspita, Z., Susanto, G., Andajani, K., & Artikel Abstrak, I. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Membaca untuk Pelajar BIPA Tingkat Pemula. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/
Khoirunnisa, A. S., & Sunarya, Y. (t.t.). Implementasi Pembelajaran Lintas Budaya dalam Perspektif Pengajar BIPA: Tantangan dan Peluang. Dalam Bahasa dan Sastra (Vol. 9, Nomor 1). Pendidikan. https://e-journal.my.id/onoma
Kusmiatun, A. (2019). Pentingnya Tes Kemahiran Berbahasa Indonesia bagi Pemelajar BIPA Bertujuan Akademik.
Mella, B., Wulandari, I. G. A. A., & Wiarta, I. W. (2022). Bahan Ajar Digital Interaktif Berbasis Problem Based Learning Materi Keragaman Budaya. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 6(1), 127–136. https://doi.org/10.23887/jppp.v6i1.46368
Rahman, A. A., & Bahtiar, A. (2018). Diplomasi Budaya Indonesia Berbasis Folklor Lisan dalam Pengajar BIPA.
Sari, D. E., & Ansari, K. (t.t.). Pengembangan Bahan Ajar BIPA Bermuatan Budaya Sumatera Utara Berbantuan Media Audio Visual bagi Tingkat Pemula.
Zulfa, M., Hidayatu Munawaroh, & Sofan Rizqi. (2023). Upaya Pengenalan Budaya Lokal Batik untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa Madrasah Ibtidaiyah Pekalongan. MADAKO ELEMENTARY SCHOOL, 62–84. https://doi.org/https://doi.org/10.56630/mes.v2i1.165
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Diah Puspitaningrum, Tri Hana Prameswari, Antika Bela Laelatun Hana

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.