PENGEMBANGAN BAHAN AJAR PENILAIAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA ASPEK KETERAMPILAN MENYIMAK BERBANTUAN POWTOON

Authors

  • Ika Febriana Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Negeri Medan
  • Mustika Wati Siregar Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Negeri Medan
  • Rosmaini Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Negeri Medan

Abstract

Tujuan utama penelitian ini ialah mengembangkan perangkat bahan ajar bagi mata kuliah Penilaian Pembelajaran Bahasa Indonesia pada aspek keterampilan menyimak yang inovatif dan interaktif dengan memanfaatkan aplikasi Powtoon. Penelitian ini dilandasi oleh minimnya ketersediaan bahan ajar yang relevan dan adaptif terhadap kebutuhan mahasiswa dalam memahami konsep penilaian menyimak. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan tujuh tahapan, meliputi analisis kebutuhan, identifikasi sumber daya, identifikasi spesifikasi produk, pengembangan produk, validasi ahli, uji coba produk, dan penyempurnaan produk. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar yang dikembangkan memiliki tingkat kelayakan sangat baik berdasarkan validasi ahli materi, bahasa, dan media, serta respons positif dari mahasiswa. Rata-rata tingkat kelayakan produk mencapai 87,43%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa bahan ajar berbantuan Powtoon layak digunakan dalam pembelajaran untuk meningkatkan kualitas pemahaman mahasiswa terhadap penilaian keterampilan menyimak.   Kata kunci: bahan ajar, penilaian, menyimak, pengembangan, Powtoon.

Downloads

Published

2025-09-21

How to Cite

Febriana, I., Siregar, M. W., & Rosmaini. (2025). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR PENILAIAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA ASPEK KETERAMPILAN MENYIMAK BERBANTUAN POWTOON. BASASTRA: JURNAL KAJIAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA, 14(1), 16–26. Retrieved from https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/basastra/article/view/67185