PENGEMBANGAN BAHAN AJAR PENILAIAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA ASPEK KETERAMPILAN MENYIMAK BERBANTUAN POWTOON
Abstract
Tujuan utama penelitian ini ialah mengembangkan perangkat bahan ajar bagi mata kuliah Penilaian Pembelajaran Bahasa Indonesia pada aspek keterampilan menyimak yang inovatif dan interaktif dengan memanfaatkan aplikasi Powtoon. Penelitian ini dilandasi oleh minimnya ketersediaan bahan ajar yang relevan dan adaptif terhadap kebutuhan mahasiswa dalam memahami konsep penilaian menyimak. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan tujuh tahapan, meliputi analisis kebutuhan, identifikasi sumber daya, identifikasi spesifikasi produk, pengembangan produk, validasi ahli, uji coba produk, dan penyempurnaan produk. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar yang dikembangkan memiliki tingkat kelayakan sangat baik berdasarkan validasi ahli materi, bahasa, dan media, serta respons positif dari mahasiswa. Rata-rata tingkat kelayakan produk mencapai 87,43%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa bahan ajar berbantuan Powtoon layak digunakan dalam pembelajaran untuk meningkatkan kualitas pemahaman mahasiswa terhadap penilaian keterampilan menyimak. Kata kunci: bahan ajar, penilaian, menyimak, pengembangan, Powtoon.Downloads
Published
2025-09-21
How to Cite
Febriana, I., Siregar, M. W., & Rosmaini. (2025). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR PENILAIAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA ASPEK KETERAMPILAN MENYIMAK BERBANTUAN POWTOON. BASASTRA: JURNAL KAJIAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA, 14(1), 16–26. Retrieved from https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/basastra/article/view/67185
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2025 Ika Febriana, Mustika Wati Siregar, Rosmaini

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.