APLIKASI LAYANAN BIMBINGAN KONSELING DALAM MENGENTASKAN PERMASALAHAN KENAKALAN SISWA PADA SMAN 1 SELUMA BERBASIS SISTEM PAKAR

Prahasti Prahasti, Venny Novita Sari

Abstract


Kenakalan siswa merupakan suatu perbuatan yang melanggar norma  maupun aturan yang ada di dalam lingkungan sekolah dengan melibatkan seluruh komponen yang ada di sekolah. Permasalahan kenakalan siswa harus mendapatkan perhatian lebih dari orang tua, guru maupun masyarakat dalam mencari solusi terbaik mengentaskan permasalahan kenakalan siswa tersebut. Untuk memahami permasalahan kenakalan siswa diperlukan pendekatan khusus dalam memahami karakter yang berbeda terhadap siswa yang memiliki permasalahan kenakalan. Tujuan penelitian ini adalah pembuatan aplikasi layanan bimbingan konseling berbasis sistem pakar untuk membantu mengentaskan permasalahan kenakalan siswa metode forward chaining. Penggunaan aplikasi bimbingan konseling berbasis sistem pakar dengan metode forward chaining sebagai suatu sistem berbasis komputer dirasa mampu membantu guru bimbingan konseling dalam menyelesaikan berbagai permasalahan kenakalan siswa. Sistem pakar yang dibuat sangat baik untuk digunakan dalam membantu konselor dalam melakukan konseling terhadap siswa dalam upaya mendapatkan suatu solusi dalam mengentaskan permasalahan kenakalan siswa.

Keywords


Bimbingan Konseling, Kenakalan Siswa, Sistem Pakar, Forward Chaining, php

Full Text:

PDF

References


Ardhana Kusuma YM, 2014, Membuat Project PHP dan MySQL membuat Website Buku Digital, Jasakom

Kartini Kartono, Patologi Sosial 2 Kenakalan Remaja, (Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2010),

Kusrini. 2008, Sistem Pakar Teori dan Aplikasi, Yogyakarta : Andi

Puspitosari Heni A., 2010, Belajar Merakit PC (Personal Computer) Sendiri, Skripta Media Creative, Yogyakarta, 130 halaman.

Setyaningrum Sintha, 2013, Konsep dan Perancangan Basis Data, Skripta Media Creative, Yogyakarta, 88 halaman.

Siswanto, 2010, Kecerdasan Buatan, PT. Gramedia, Jakarta

Supriatna, Mamat, (2011), Bimbingan dan Konseling berbasis Kompetensi, Jakarta, Rajawali Press.

Wahyuni, I., Auliya, Y. A., Rahmi, A., & Mahmudy, W. F. (2016). Clustering Nasabah Bank Berdasarkan Tingkat Likuiditas Menggunakan Hybrid Particle Swarm Optimization dengan K-Means, 10(2), 24–33.

Wahyuni, I., & Kusumawati, C. (2017). Diagnosis Penyakit Infeksi Saluran Pernapasan pada Anak Menggunakan Forward Chaining dan Certainty Factor, Seminar Nasional Inovasi Teknologi UN PGRI Kediri, 1(2), 427–434.

Pressman, Rogers S. 2012. Rekayasa Perangkat Lunak, Yogyakarta : ANDI




DOI: https://doi.org/10.24114/cess.v4i2.14151

Article Metrics

Abstract view : 923 times
PDF - 498 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

CESS (Journal of Computer Engineering, System and Science)

Creative Commons License
CESS (Journal of Computer Engineering, System and Science) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License