Implementasi Website RIC Sebagai Media Penunjang Keefektifan Raharja Career Pada Perguruan Tinggi

Untung Rahardja, Tuti Nurhaeni, Dian Maharani Damanik

Abstract


Raharja Career merupakan pameran hasil karya penelitian yang telah dilakukan oleh Pribadi Raharja sebelum sidang. Selain diperuntukan untuk mahasiswa tingkat akhir, Raharja Career juga menjadi tugas mandiri bagi seluruh mahasiswa-mahasiswi Perguruan Tinggi Raharja. Raharja Internet Cafe (RIC) ialah fasilitas pada Perguruan Tinggi Raharja yang dikhususkan untuk membantu kegiatan perkuliahan. Sebagai salah satu fasilitas penting, RIC tentu ikut andil dalam event Raharja Career. Sayangnya transaksi yang digunakan masihlah konvensional. tentunya  hal ini sangatlah tidak efektif karena akan mengakibatkan penumpukan antrian dan menghabiskan banyak waktu. Untuk mengatasi problem tersebut, dikembangkan lah website e-commerce RIC dengan menyediakan pemesanan Form Raharja Career secara online. Dalam penelitian ini ditemukan 2 (dua) permasalahan pada sistem sebelumnya dan didukung 4 (empat) metode penelitian yaitu metode observasi, studi pustaka, analisis SWOT dan implementasi. Dengan adanya penelitian ini diharapkan dapat mengatasi permasalahan yang ada sehingga proses keberlangsungan event Raharja Career dapat lebih efektif dan efisien. 


Keywords


Raharja Career; Raharja Internet Cafe; E-Commerce

Full Text:

PDF

References


REFERENSI

Raharja, U., Lutfiani, N., & Wardana, W. S. (2018). Penjadwalan Agenda Pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi Secara Online Menggunakan Google Calendar. Jurnal Teknoinfo, 12(2), 66-71.

Komputer, W. (2015). Membuat Toko Online dengan Wordpress dan WP E-Commerce. Elex Media Komputindo.

Warsito, A. B., & Yusup, M. (2014). Kajian Yii Framework dalam Pengembangan Website Perguruan Tinggi. CCIT Journal, 7(3), 437-451.

Rahardja, U., Aini, Q., & Faradilla, F. (2018). IMPLEMENTASI VIEWBOARD BERBASIS INTERAKTIF JAVASCRIPT CHARTS PADA WEBSITE E-COMMERCE PERGURUAN TINGGI. Jurnal Dinamika Informatika, 7(2), 1-18.

Rahardja, U., Harahap, E. P., & Pratiwi, S. (2018). Pemanfaatan Mailchimp Sebagai Trend Penyebaran Informasi Pembayaran Bagi Mahasiswa Di Perguruan Tinggi. Technomedia Journal, 2(2), 41-54.

Raharja, U., Harahap, E. P., & Devi, R. E. C. (2018). Pengaruh Pelayanan dan Fasilitas pada Raharja Internet Cafe Terhadap Kegiatan Perkuliahan Pada Perguruan Tinggi. Jurnal Teknoinfo, 12(2), 60-65.

Ilamsyah, I., Katz, R., & Fitriani, R. R. The Web-based Internet Cafe (RIC) Raharja Ordering System. Aptisi Transactions on Technopreneurship, 1(1), 93-100.

Aini, Q., Rahardja, U., & Naufal, R. S. (2018). Penerapan Single Sign On dengan Google pada Website berbasis YII Framework. Sisfotenika, 8(1), 57-68.

Santoso, S., Kauffman, R. J., & Aristo, N. C. (2019). The Information System of Name Card Sales Based on Digital Marketing to Improve Creativepreneur on College E-Commerce Website. Aptisi Transactions on Technopreneurship, 1(1), 71-81.

Wicaksono, A. (2017). Strategi Pemasaran dengan menggunakan Analisis SWOT Tanpa Skala Industri Pada PT X Di Jakarta. Jurnal Manajemen Industri dan Logistik, 1(2), 192-201.

Djiwandono, P. I. (2015). Meneliti itu Tidak Sulit: Metodologi Penelitian Sosial dan Pendidikan Bahasa. Deepublish.

Himawan, H., Saefullah, A., & Santoso, S. (2014). Analisa dan Perancangan Sistem Informasi Penjualan Online (E-Commerce) pada CV Selaras Batik Menggunakan Analisis Deskriptif. Scientific Journal of Informatics, 1(1), 53-63.

Rahardja, U., Aini, Q., & Faradilla, F. (2018). IMPLEMENTASI VIEWBOARD BERBASIS INTERAKTIF JAVASCRIPT CHARTS PADA WEBSITE E-COMMERCE PERGURUAN TINGGI. Jurnal Dinamika Informatika, 7(2), 1-18.

Sunarya, P. A., Jusoh, Z. M., & Damanik, D. M. (2019). Viewboard Implementation Based on Javascript Charts as a Media for Submitting Sales Information on a Green E-Commerce Website Light Cafe. Aptisi Transactions on Technopreneurship, 1(1), 12-21.

Rahardja, U., Harahap, E. P., & Pratiwi, D. I. (2018). Pemanfaatan RinfoSheet Sebagai Media Informasi Laporan Penjualan Barang pada Raharja Internet Cafe. Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Asia, 12(1), 65-74.

henderi, henderi, harrison, robert, & Putri, C. (2019). Utilization of Testimonials Menu as Submission Media Information on Buyer Satisfaction on the Website E-Commerce Raharja Internet Café. Aptisi Transactions On Technopreneurship (ATT), 1(1), 101-108. Retrieved from https://pandawan.aptisi.or.id/index.php/att/article/view/35

Yadav, O., & Ghadigaonkar, B. (2016). E-Commerce Website on Medical and Pharmacy. Imperial Journal of Interdisciplinary Research, 2(5).

Sani, R. A., & Erawan, L. (2017). Perancangan Sistem Informasi Penjualan Online Barang Graffiti Pada Toko Outline Graff Store Semarang. JOINS (Journal of Information System), 2(1), 57-66.

Hariguna, T., Yusup, M., & Priyadi, A. (2019). The Transaction Optimization Of Color Print Sales Through E-Commerce Website Based On Yii Framework On Higher Education. Aptisi Transactions On Technopreneurship (ATT), 1(1), 1-10. Retrieved from https://pandawan.aptisi.or.id/index.php/att/article/view/60

Rahardja, U., Aini, Q., & Sartika, D. (2015). Build A Business To Customer Online Store Using Airzone Content Management System. CCIT Journal, 8(2), 112-122.




DOI: https://doi.org/10.24114/cess.v5i1.14453

Article Metrics

Abstract view : 493 times
PDF - 340 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

CESS (Journal of Computer Engineering, System and Science)

Creative Commons License
CESS (Journal of Computer Engineering, System and Science) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License