Aplikasi Berbasis Blockchain dalam Dunia Pendidikan dengan Metode Systematics Review

Qurotul Aini, Untung Rahardja, Nuke Puji Lestari Santoso, Anggun Oktariyani

Abstract


Penemuan teknologi baru serta koneksi yang meluas berperan penting pada aspek kehidupan sehari-hari. Dengan perkembangan teknologi saat ini sistem pendidikan yang terbaru telah dikembangkan namun mengalami kendala terkait  proses pembelajaran, pembayaran, kepercayaan siswa, serta sertifikasi sertifikat. Dengan begitu, teknologi blockchain hadir memperoleh sorotan yang besar dari para periset serta praktisi. Perihal ini atensi yang paling utama disebabkan oleh fitur unik yang dimiliki teknologi blockchain yaitu terkait sistem desentralisasi, keamanan, serta dalam berbagi data. Penyelesaian dalam permasalahan pembelajaran bersumber pada teknologi blockchain. Dengan metode terpercaya serta terdistribusi dalam menyimpan catatan pendidikan pada teknologi blockchain, terciptanya sistem berbagi dalam sumber pembelajaran, berbagi sertifikat digital yang kredibel, serta mengamankan intelektual lewat enkripsi informasi. Riset menampilkan bahwa integrasi pertumbuhan teknologi blockchain merupakan tren yang sangat efektif dalam dunia pendidikan. Penyimpanan informasi blockchain menggunakan database terdistribusi, dan sebagai pencatat blok data. Dalam tahapan penyusunan bersumber pada stempel waktu. Pada bok informasi yang baru tidak bisa dihilangkan. Meminimalisir penghancuran informasi serta menurunkan tingkat penipuan adalah fungsi dari algoritma kriptografi. Dalam perkembangan, hampir seluruh pembelajaran sentralisasi memberikan kursus mutu yang monoton. serta kurangnya pengakuan publik atas sistem sertifikasi yang efisien. Pencatatan informasi penyusunan teknologi blockchain memberikan metode yang efektif dalam pencatatan informasi pembelajaran Ulasan ini merupakan Tinjauan sistematis studi menyelidiki aplikasi pembelajaran berbasis blockchain. Dalam Suatu analisis hasil rinci dari tiap tema dicoba dan juga dialog intensif berdasarkan penemuan. Tinjauan ini juga menawarkan wawasan ke wilayah pembelajaran yang lain yang bisa mengambil faedah dari teknologi blockchain. 


Keywords


Pendidikan Blockchain, teknologi blockchain, sistem sentralisasi, transkrip elektronik

Full Text:

PDF

References


A. Z. Ausop and E. S. N. Aulia, “Teknologi Cryptocurrency Bitcoin Dalam Transaksi Bisnis Menurut Syariat Islam,” J. Sosioteknologi, vol. 17, no. 1, pp. 74–92, 2018.

B. S. Riza, “Blockchain Dalam Pendidikan: Lapisan Logis di Bawahnya,” ADI Bisnis Digit. Interdisiplin J., vol. 1, no. 1, pp. 41–47, 2020.

I. B. P. Bhiantara, “Teknologi Blockchain Cryptocurrency Di Era Revolusi Digital,” in Seminar Nasional Pendidikan Teknik Informatika (SENAPATI), 2018, vol. 9, pp. 173–177.

M. Memon, U. A. Bajwa, A. Ikhlas, Y. Memon, S. Memon, and M. Malani, “Blockchain Beyond Bitcoin: Block Maturity Level Consensus Protocol,” in 2018 IEEE 5th International Conference on Engineering Technologies and Applied Sciences (ICETAS), 2018, pp. 1–5.

V. Gatteschi, F. Lamberti, C. Demartini, C. Pranteda, and V. Santamaría, “Blockchain and smart contracts for insurance: Is the technology mature enough?,” Futur. Internet, vol. 10, no. 2, p. 20, 2018.

R. D. Perkasa, “Modul Pendidikan Ekonomi,” 2020.

A. Argani and W. Taraka, “Pemanfaatan Teknologi Blockchain Untuk Mengoptimalkan Keamanan Sertifikat Pada Perguruan Tinggi,” ADI Bisnis Digit. Interdisiplin J., vol. 1, no. 1, pp. 10–21, 2020.

Q. Aini, N. Lutfiani, F. Hanafi, and U. Rahardja, “Application of Blockchain Technology for iLearning Student Assessment,” IJCCS (Indonesian J. Comput. Cybern. Syst., vol. 14, no. 2, 2020, doi: 10.22146/ijccs.53109.

Q. Aini, U. Rahardja, and A. Khoirunisa, “Blockchain Technology into Gamification on Education,” IJCCS (Indonesian J. Comput. Cybern. Syst., vol. 14, no. 2, pp. 1–10, 2020, doi: 10.22146/ijccs.53221.

U. Rahardja, Q. Aini, M. Yusup, and A. Edliyanti, “Penerapan Teknologi Blockchain Sebagai Media Pengamanan Proses Transaksi E-Commerce,” Comput. Eng. Sci. Syst. J., vol. 5, no. 1, pp. 28–32.

P. A. Sunarya, F. Andriyani, Henderi, and U. Rahardja, “Algorithm automaticPrawira, M., Sukmana, H. T., Amrizal, V., & Rahardja, U. (2019). A Prototype of Android-Based Emergency Management Application. 2019 7th International Conference on Cyber and IT Service Management, CITSM 2019. https://doi.org/10.1109/CI,” Int. J. Adv. Trends Comput. Sci. Eng., vol. 8, no. 1.5 Special Issue, pp. 387–391, 2019, doi: 10.30534/ijatcse/2019/6281.52019.

J. Nespor, “Cyber schooling and the accumulation of school time,” Pedagog. Cult. Soc., vol. 27, no. 3, pp. 325–341, 2019.

Q. Aini, A. Badrianto, F. Budiarty, A. Khoirunisa, and U. Rahardja, “Alleviate Fake Diploma Problem In Education Using Block Chain Technology,” J. Adv. Res. Dyn. Control Syst., vol. 12, no. 2, pp. 1821–1826, 2020, doi: 10.5373/JARDCS/V12I2/S20201225.

M. Yeni and D. Kumala, “Teknologi Blockchain untuk Transparansi dan Keamanan pada Era Digital,” 2020.

U. Rahardja, T. Hariguna, and W. M. Baihaqi, “Opinion mining on e-commerce data using sentiment analysis and k-medoid clustering,” Proc. - 2019 12th Int. Conf. Ubi-Media Comput. Ubi-Media 2019, pp. 168–170, 2019, doi: 10.1109/Ubi-Media.2019.00040.

S. Sutandi, “PENGARUH BIG DATA DAN TEKNOLOGI BLOCKCHAIN TERHADAP MODEL BISNIS SEKTOR LOGISTIK DENGAN PENDEKATAN BUSINESS MODEL CANVAS,” J. Logistik Indones., vol. 2, no. 1, pp. 9–20, 2018.

P. Williams, “Does competency-based education with blockchain signal a new mission for universities?,” J. High. Educ. policy Manag., vol. 41, no. 1, pp. 104–117, 2019.

S. I. NOVISARI, “Kajian Yuridis Kritis Dampak Teknologi Blockchain Dalam Bidang Audit Di Era Revolusi Industri 4.0.” FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS.

M. H. Dardiri, “Data sharing penilaian destinasi wisata Kota Malang menggunakan blockchain.” Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim, 2020.

M. C. I. Putri, P. Sukarno, and A. A. Wardana, “Two factor authentication framework based on ethereum blockchain with dApp as token generation system instead of third-party on web application,” Regist. J. Ilm. Teknol. Sist. Inf., vol. 6, no. 2, pp. 74–85, 2020.

B. Wu and Y. Li, “Design of evaluation system for digital education operational skill competition based on blockchain,” in 2018 IEEE 15th International Conference on e-Business Engineering (ICEBE), 2018, pp. 102–109.

B. Setiawan and S. De Lagarde, “EDUKASI BLOCKCHAIN SEBAGAI SOLUSI BISNIS MASA DEPAN BAGI PELAKU USAHA MIKRO, KECIL DAN MENENGAH (UMKM) DI KOTA PALEMBANG,” J. Abdimas Mandiri, vol. 3, no. 2, 2019.

Q. Liu, Q. Guan, X. Yang, H. Zhu, G. Green, and S. Yin, “Education-industry cooperative system based on blockchain,” in 2018 1st IEEE International Conference on Hot Information-Centric Networking (HotICN), 2018, pp. 207–211.

Q. Aini, U. Rahardja, and A. L. Al Nasir, “SISTEM PENILAIAN PENGUJI PADA UJIAN KENAIKAN TINGKAT SABUK TAEKWONDO BERBASIS LARAVEL FRAMEWORK DI KOTA/KABUPATEN,” Comput. Eng. Sci. Syst. J., vol. 4, no. 2, pp. 157–161, 2019.

M. Hori et al., “Learning System based on Decentralized Learning Model using Blockchain and SNS.,” in CSEDU (1), 2018, pp. 183–190.

P. Aan Priyatna, “Penegakan Hukum terhadap Pelanggaran Hak Cipta dalam Pembuatan E-Book.” UNDIP, 2014.

S. Sychov and A. Chirtsov, “Towards developing the Unified Bank of learning objects for Electronic Educational Environment and its Protection,” in Proceedings of the 2018 Workshop on PhD Software Engineering Education: Challenges, Trends, and Programs, St. Petersburg, Russia, 2018, pp. 1–6.

Y. Taratuhina, Z. Avdeeva, and D. Mirishli, “The principles and approach support the mapping of the personal study pathway in electronic educational environments,” Procedia Comput. Sci., vol. 35, pp. 560–569, 2014.

I. Mitchell, S. Hara, and M. Sheriff, “dAppER: Decentralised Application for Examination Review,” in 2019 IEEE 12th International Conference on Global Security, Safety and Sustainability (ICGS3), 2019, pp. 1–14.

A. A. Aripin, “Potensi pemanfaatan teknologi Blockchain terhadap ketepatan waktu, efisiensi dan keamanan proses operasi pada subsektor perbankan,” 2018.

U. Rahardja, T. Hariguna, Q. Aini, and S. Santoso, “Understanding of behavioral intention use of mobile apps in transportation: An empirical study,” Int. J. Adv. Trends Comput. Sci. Eng., vol. 8, no. 1.5 Special Issue, pp. 258–263, 2019, doi: 10.30534/ijatcse/2019/4581.52019.

Q. Aini, T. Hariguna, P. O. H. Putra, and U. Rahardja, “Understanding how gamification influences behaviour in education,” Int. J. Adv. Trends Comput. Sci. Eng., vol. 8, no. 1.5 Special Issue, pp. 269–274, 2019, doi: 10.30534/ijatcse/2019/4781.52019.

Sudaryono, U. Rahardja, and E. P. Harahap, “Implementation of Information Planning and Strategies Industrial Technology 4.0 to Improve Business Intelligence Performance on Official Site APTISI,” J. Phys. Conf. Ser., vol. 1179, no. 1, pp. 0–7, 2019, doi: 10.1088/1742-6596/1179/1/012111.




DOI: https://doi.org/10.24114/cess.v6i1.20107

Article Metrics

Abstract view : 467 times
PDF - 301 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

CESS (Journal of Computer Engineering, System and Science)

Creative Commons License
CESS (Journal of Computer Engineering, System and Science) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License