Penerapan Customer Satisfaction Index untuk Mengukur Tingkat Kepuasan Tamu terhadap Pelayanan di DeliHomestay

Akbar Agustama Armanda, M. Fakhriza

Abstract


Delihomestay adalah penginapan di Kecamatan Medan Deli yang bertujuan memberikan pengalaman menginap menyenangkan dengan fasilitas dan layanan berkualitas tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman tentang kepuasan tamu dan menemukan solusi untuk masalah yang dihadapi, seperti ketidakpuasan akibat kurangnya keramahan staf dan kebersihan kamar. Khususnya bagi tamu yang check-in tanpa aplikasi, mereka tidak memiliki tempat untuk menyampaikan keluhan. Oleh karena itu, diperlukan sistem penilaian online yang dianalisis menggunakan Customer Satisfaction Index (CSI) untuk mengevaluasi tingkat kepuasan tamu secara cepat dan akurat. Hasil perhitungan menggunakan metode CSI menunjukkan bahwa nilai CSI sebesar 70.22%, yang tergolong dalam kategori puas. Meskipun demikian, hasil ini menunjukkan adanya ruang untuk perbaikan lebih lanjut dalam aspek-aspek tertentu. Dengan adanya sistem penilaian online ini, tamu akan lebih mudah melakukan penilaian secara fleksibel, dan Delihomestay dapat dengan cepat mengetahui tingkat kepuasan tamunya dan mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk meningkatkan kualitas layanan. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan metode CSI sangat membantu dalam memantau dan meningkatkan kepuasan tamu di Delihomestay

Keywords


Kepuasan Tamu; Costumer Satisfaction Index; Waterfall; UML

Full Text:

PDF

References


N. B. Nugraha, A. Sellyana, and K. Karpen, “Implementasi Metode Customer Satisfaction Index (CSI) Untuk Menganalisa Kepuasan Pelanggan Pada Family Swalayan,” J. Mahajana Inf., vol. 6, no. 2, pp. 91–96, 2021.

H. Sulistiani, “Sistem Penilaian Kepuasan Pelanggan Menggunakan Customer Satisfaction Index Pada Penjualan Parfume (Studi Kasus: Parfume Corner BDL),” J. Teknol. Dan Sist. Inf., vol. 2, no. 4, pp. 29–36, 2021.

S. Saputra and R. Y. Sudarsa, “Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Di Grand Setiabudi Hotel & Apartment,” Pro Mark, vol. 9, no. 2, p. 11, 2019.

N. P. Ardianti and M. Waluyo, “Analisis Kepuasan Pelanggan Terhadap Kualitas Pelayanan Menggunakan Metode CSI dan PGCV di Toko XYZ,” Tekmapro J. Ind. Eng. Manag., vol. 16, no. 2, pp. 96–107, 2021.

E. Erna and S. T. Handoyo, “Analisis Kepuasan Pelanggan Dalam Meningkatan Kualitas Pelayanan Di PT Pos Indonesia KC Baturaja 32100,” J. Logistik Bisnis, vol. 13, no. 1, pp. 43–54, 2023.

B. Andika and F. Sonata, “Sistem Pendukung Keputusan Menentukan Tingkat Kepuasan Konsumen Terhadap Pelayanan Services Sepeda Motor Yamaha Di PT. Alfa Scorpii Kpt Muslim menggunakan Metode Customer Satisfaction Index (CSI),” J. Cyber Tech, vol. 1, no. 3, 2022.

P. S. Ramadhan, S. Zahara, and J. Halim, “Analisis Sistem Pendukung Keputusan Menentukan Kualitas Pelayanan Pada Hotel Grandhika Menggunakan Metode Customer Satisfaction Index dan Service Quality,” J. SAINTIKOM (Jurnal Sains Manaj. Inform. Dan Komputer), vol. 19, no. 2, pp. 85–93, 2021.

O. J. Harmaja, W. Purba, M. P. Siregar, H. T. Manurung, and F. A. Sirait, “Analisis Tingkat Kepuasan Pelanggan Pada Rudang Hotel Berastagi Menggunakan Metode Customer Satisfaction Index (Csi),” J. Tekinkom (Teknik Inf. dan Komputer), vol. 5, no. 1, pp. 147–152, 2022.

S. D. N. Siahaan and F. Agustini, “Analisis Kepuasan Pelanggan Dengan Metode Customer Satisfaction Index (CSI)(Studi Kasus Pada BNI UNIMED),” J. Bus. Econ. Res., vol. 2, no. 1, pp. 13–19, 2021.

S. Banowati, F. N. Zakiyah, N. H. Alifa, L. Hizratullah, A. S. Damarjati, and S. P. Anjani, “Analisis perilaku Konsumen pada restoran Jepang dengan metode Customer Satisfaction Index (CSI),” Naut. J. Ilm. Multidisiplin Indones., vol. 2, no. 3, pp. 148–156, 2023.

C. L. Sihaloho and A. Syaputra, “Analisis Fasilitas Ruang Tunggu Terhadap Kepuasan Penumpang Diterminal Bandar Udara Internasional Raja Haji Fisabilillah Tanjungpinang Dengan Metode Customer Satisfaction Index (Csi),” J. Mhs. J. Ilm. Penal. dan Penelit. Mhs., vol. 5, no. 1, pp. 174–196, 2023.

M. R. Fahrezi and M. Fakhriza, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Lokasi Camping Berdasarkan Kesulitan Track Di Sumatera Utara Dengan Menggunakan Metode TOPSIS,” JISTech (Journal Islam. Sci. Technol., vol. 8, no. 2, pp. 116–133, 2023.




DOI: https://doi.org/10.24114/cess.v9i2.61693

Article Metrics

Abstract view : 75 times
PDF - 43 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

CESS (Journal of Computer Engineering, System and Science)

Creative Commons License
CESS (Journal of Computer Engineering, System and Science) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License