Sistem Pendukung Keputusan Tingkat Kepuasan Pasien terhadap Mutu Pelayanan Rumah Sakit berdasarkan Metode ServQual

Beny Irawan, Erwin Daniel Sitanggang, Sayed Achmady

Abstract


Pengukuran tingkat kepuasan pasien akan pelayan yang diberikan oleh institusi rumah sakit akan menjadi tolak ukur dalam meningkatkan mutu pelayanan. Teknologi informasi dan komunikasi dapat dimanfaatkan untuk mempercepat proses pengukuran mulai dari pengumpulan data hingga mendapatkan hasil analisis yang dapat digunakan sebagai data pendukung dalam pengambilan keputusan. Sistem pendukung keputusan yang terkomputerisasi dirancang memanfaatkan diagram-diagram yang ada pada Unified Modelling Language (UML) sebelum dikembangkan menjadi sebuah perangkat lunak. Hasil dari penelian ini berupa perangkat lunak yang dikembangkan dari perancangan yang terstruktur yang dapat digunakan sebagai alat pengumpulan data kemudian mengolahnya hingga menganalisis data menjadi informasi yang akurat untuk digunakan dalam pengambilan keputusan.


Keywords


Sistem Pendukung Keputusan; Servqual; Tingkat Kepuasan Pasien; Mutu Pelayanan

Full Text:

PDF

References


Rohayani, H. 2013. Analisis Sistem Pendukung Keputusan dalam Memilih Program Studi menggunakan Metode Logika Fuzzy. Jurnal Sistem Informasi, Vol. 5, No. 1, April 2013, hal. 530-539.

Irawan, B., Kurnia, R., Sitanggang, E., & Achmady, S. (2020). Analisis Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Mutu Pelayanan Rumah Sakit Berdasarkan Metode Service Quality (servqual). Jurnal Keperawatan dan Fisioterapi (JKF), 3(1), 58-64. https://doi.org/10.35451/jkf.v3i1.522.

Sitanggang, E. D, Tulus and Nasution, B. B. 2018. Analysis of Satisfaction Level with Servqual method using Artificial Neural Networks. The 3rd International Conference on Computing and Applied Informatics (ICCAI). Septermber 2018.

Putra, D. W. T. dan Andriani R. 2019. Unified Modelling Language (UML) dalam Perancangan Sistem Informasi Permohonan Pembayaran Restribusi SPPD. Jurnal TEKNOIF, Vol. 7, No. 1, April 2019, hal. 32-39.

Sukmawati R. dan Priyadi Y. 2019. Perancangan Proses Bisnis Menggunakan UML Berdasarkan Fit/Gap Analysis Pada Modul Inventory Odoo. Jurnal Ilmiah Penelitian dan Penerapan Teknolog, Vol. 3, No. 2, Agustus 2019, hal. 104-115.

Ghiffary, M. N. E., Susanto, T. D. dan Herdiyanti, A. 2018. Analisis Komponen Desain Layout, Warna, dan Kontrol Pada Antarmuka Pengguna Aplikasi Mobile Berdasarkan Kemudahan Penggunaan (Studi Kasus: Aplikasi Olride). Jurnal Teknik ITS, Vol. 7, No. 1, 2018, hal. 143-148.

Sunarto. 2011. Analisis Tingkat Kepuasan dan Harapan Pasien Terhadap Pelayanan Puskesmas dan Rumah Sakit Daerah di Propinsi DIY. Jurnal Kesehatan Masyarakat, Vol. 5, No. 1, Maret 2011, hal. 28-35.




DOI: https://doi.org/10.24114/cess.v6i1.21023

Article Metrics

Abstract view : 257 times
PDF - 168 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

CESS (Journal of Computer Engineering, System and Science)

Creative Commons License
CESS (Journal of Computer Engineering, System and Science) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License