Implementasi Finite State Automata Dalam Siklus Pembelajaran Magister Ilmu Komputer STMIK Nusa Mandiri

Angelina Puput Giovani, Faried Zamachsari, Efid Dwi Agustono, Muhammad Ilham Prasetya, Windu Gata

Abstract


Menyelesaikan Pendidikan Magister Ilmu Komputer pada STMIK Nusa Mandiri dalam waktu 4 semester merupakan harapan setiap mahasiswa. Untuk dapat lulus tepat waktu setiap mahasiswa wajib memenuhi semua persyaratan yang telah ditentukan oleh pihak kampus. Dalam tiap semester terdapat berbagai kegiatan diluar kegiatan belajar mengajar yang wajib diikuti oleh mahasiswa. Kegiatan tersebut meliputi Seminar, Workshop, dan Tes TOEFL. Hal-hal tersebut seringkali tidak diketahui mahasiswa sehingga tidak lulus mata kuliah tertentu. Apabila seorang mahasiswa dinyatakan tidak lulus mata kuliah tertentu maka diwajibkan untuk mengulang di semester berikutnya. Mengulang mata kuliah akan menambah pengeluaran dan tentunya menambah waktu belajar sehingga tidak dapat lulus tepat waktu sesuai yang diharapkan. Pada paper ini akan membahas tentang bagaimana Finite State Automata (FSA) jenis Nondeterministic Finite Automata (NFA) dapat diimplementasikan dalam siklus pembelajaran Magister Ilmu Komputer pada STMIK Nusa Mandiri. Dengan diterapkan metode ini  diharapkan dapat membantu mahasiswa dalam pemenuhan persyaratan untuk mencapai kelulusan

Keywords


STMIK Nusa Mandiri; Siklus Pembelajaran; Finite State Automata(FSA

Full Text:

PDF

References


Ahmad, R. (2018). Implementasi Finite State Automata dalam Proses Pengisian Kartu Rencana Studi Mahasiswa, 3(3), 115–120. https://doi.org/10.31328/jo

Wisjaya, I. D., Fajarina, N. A., & Subhi, D. H. (2019). Simulasi Pembelajaran Berternak Burung Puyuh Menggunakan Metode Finite State Machine Berbasis Android. J-TIT, 6(1), 12–18. https://doi.org/10.25047/jtit.v6i1.103

Hamada, M., & Sato, S. (2011). International Conference on Computational Science , ICCS 2011 A Game-based Learning System for Theory of Computation Using Lego NXT Robot, 4, 1944–1952. https://doi.org/10.1016/j.procs.2011.04.212

Aranski, A. W. (2018). Teori Bahasa dan Otomata. Pustaka Galeri Mandiri. Retrieved from https://books.google.co.id/books?id=u36MDwAAQBAJ&printsec=frontcover&source=gbs_ge_summary_r&cad=0#v=onepage&q&f=false

Zhang, Z., Xia, C., & Chen, Z. (2020). On the stabilization of nondeterministic finite automata via static output feedback R. Applied Mathematics and Computation, 365, 124687. https://doi.org/10.1016/j.amc.2019.124687

Nisa, A. M., & Kurniansyah, H. (2019). Perancangan dan Implementasi Finite State Automata pada Pusheen Cat Maze Game dengan Adobe Flash, 2(1), 13–18.

Sahrul, Karimah, F., & Dwi, A. (2018). Jurnal Teknologia PENGEMBANGAN APLIKASI PERMAINAN “ PILAH SAMPA H ” MENGGUNAKAN PEMODELAN FINITE STATE Jurnal Teknologia, 1(1), 38–46.

Iliopoulos, C., Rahman, M. S., Voráˇ, M., & Vagner, L. (2010). Finite automata based algorithms on subsequences and supersequences of degenerate strings, 8, 117–130. https://doi.org/10.1016/j.jda.2008.10.004

Goyal, R., & Goyal, G. (2019). Design and Implementation of Transition Table for Token Recognizer with a Given Suffix, (5), 1538–1542.

W, R. A., Tolle, H., & Setyawati, O. (2016). Pengembangan Aplikasi Text - to - Speech Bahasa Indonesia Menggunakan Metode Finite State Automata Berbasis Android, 5(1).




DOI: https://doi.org/10.24114/cess.v5i2.16696

Article Metrics

Abstract view : 1075 times
PDF - 698 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

CESS (Journal of Computer Engineering, System and Science)

Creative Commons License
CESS (Journal of Computer Engineering, System and Science) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License