Implementation of the Multimedia Development Life Cycle in Making Educational Games About Indonesia

Sodikin Sodikin, Yasin Efendi, Yatimollah Yatimollah

Abstract


Pada materi pembelajaran pengenalan tentang Indonesia, seperti peta, batas-batas wilayah, pembagian waktu dan beragam budaya di Indonesia memerlukan media pembelajaran yang tepat untuk memberikan ilustrasi yang menarik untuk anak-anak Sekolah Dasar. Dalam menjelaskan pengenalan tentang Indonesia masih menerapkan pendekatan yang secara teoritis, seperti penggunaan buku serta papan tulis, yang berakibat pada pelaksanaan pembelajaran yang kurang menarik. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan game edukasi mengenal Indonesia melalui penerapan pendekatan Multimedia Development Life Cycle (MDLC) yang interaktif dan menarik. Pendekatan MDLC memiliki kemampuan dalam memodelkan serta mengembangkan aplikasi dengan komponen-komponen multimedia didalamnya. Game edukasi ini dibangun berbasis website agar mudah dalam penggunaanya serta aksesnya. Untuk membangun game edukasi yang interkatif dan menarik perlu melibatkan objek-objek yang sesuai dengan sasaran pengguna, seperti penggunaan objek gambar, animasi dan audio yang disesuaikan dengan apa yang disukai oleh pengguna. Berdasarkan hasil pengujian kualitas multimedia interaktif menunjukkan rata-rata responden yang menjawab setuju untuk seluruh pertanyaan adalah 87% dan masuk dalam kategori baik.

In introductory learning materials about Indonesia, such as maps, regional boundaries, time divisions, and various cultures in Indonesia, it requires the right learning media to provide interesting illustrations for elementary school children. In explaining the introduction of Indonesia, they still apply a theoretical approach, such as the use of books and blackboards, which results in the implementation of learning that is less interesting. This research aims to develop an educational game about Indonesia through the application of an interactive and interesting Multimedia Development Life Cycle (MDLC) approach. The MDLC approach has the ability to model and develop applications with multimedia components. This educational game is built on a website so that it is easy to use and access. To build educational games that are interactive and interesting, it is necessary to involve objects that are in accordance with the user's goals, such as the use of images, animations, and audio objects that are adjusted to what the user likes. Based on the results of testing the quality of interactive multimedia, it shows that the average respondent who agrees to all questions is 87% and is in the good category.


Keywords


educational games; getting to know Indonesia; learning media; multimedia; multimedia development life cycle

Full Text:

PDF

References


A. Suryadi, Teknologi dan Media Pembelajaran Jilid I. Sukabumi: CV Jejak (Jejak Publisher), 2020.

H. Haetami, Manajemen Pendidikan pada Era Perkembangan Teknologi. Sukabumi: CV Jejak (Jejak Publisher), 2023.

M. Yaumi, Media dan Teknologi Pembelajaran Edisi Kedua. Jakarta: Prenada Media, 2021.

B. A. Mufida, F. N. Putra, R. Darma, and R. Yusron, “Pembuatan Games Edukasi Pengenalan Hewan Berdasarkan Makanannya Berbasis Augmented Reality,” JACIS J. Autom. Comput. Inf. Syst., vol. 1, no. 2, pp. 120–130, 2021.

H. Putri, I. Shadiq, and G. G. Putri, “Interactive Learning Media for Cellular Communication Systems using the Multimedia Development Life Cycle Model,” J. Online Inform., vol. 6, no. 1, pp. 1–10, 2021, doi: 10.15575/join.v6i1.544.

D. Diany, A. Purno, and W. Wibowo, “Penerapan Multimedia Development Life Cycle Pada Game Edukasi Pembelajaran Lagu Nasional dan Lagu Daerah Berbasis Android,” J. Ilm. Teknol. Inf. Terap., vol. 8, no. 1, pp. 92–99, 2021.

R. I. Borman and Y. Purwanto, “Impelementasi Multimedia Development Life Cycle pada Pengembangan Game Edukasi Pengenalan Bahaya Sampah pada Anak,” J. Edukasi dan Penelit. Inform., vol. 5, no. 2, p. 119, 2019, doi: 10.26418/jp.v5i2.25997.

E. Satria, Y. Septiana, and R. Ramadhan, “Rancang Bangun Game Edukasi Pengenalan Bagian-Bagian Tumbuhan untuk Siswa Sekolah Dasar Berbasis Android,” J. Algoritm., vol. 18, no. 2, pp. 633–641, 2021.

A. Yulianti and E. Ekohariadi, “Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Game Edukasi Menggunakan Aplikasi Construct 2 pada Mata Pelajaran Komputer dan Jaringan Dasar,” J. IT-EDU, vol. 5, no. 1, pp. 527–533, 2020.

R. Octaviani and A. Aryapranata, “Games Edukasi Android dengan Metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC),” J. Esensi Infokom, vol. 3, no. 1, pp. 1–5, 2019.

R. Ester, “Perancangan Aplikasi Game Edukasi Untuk Pembelajaran Anak Usia Dini Berbasis Desktop Pada PAUD Permata,” J. Ilmu Komput. JIK, vol. 6, no. 1, pp. 7–13, 2023.

F. Ardhy, G. Adam, A. E. Setiawan, and A. Aisyah, “Game Edukasi Pembelajaran Anak Usia Dini Berbasis Android,” J. Inf. dan Komput., vol. 10, no. 1, pp. 208–2013, 2022.

Y. Wahyudin and D. N. Rahayu, “Analisis Metode Pengembangan Sistem Informasi Berbasis Website: A Literatur Review,” J. Interkom J. Publ. Ilm. Bid. Teknol. Inf. dan Komun., vol. 15, no. 3, pp. 26–40, 2020, doi: 10.35969/interkom.v15i3.74.

M. Prabowo, Metodologi Pengembangan Sistem Informasi. Salatiga: LP2M Press IAIN Salatiga, 2020.

R. D. Gunawan, R. Napianto, R. I. Borman, and I. Hanifah, “Penerapan Pengembangan Sistem Extreme Programming Pada Aplikasi Pencarian Dokter Spesialis di Bandar lampung Berbasis Android,” J. Format, vol. 8, no. 2, pp. 148–157, 2019.

A. T. Devega, Pengembangan Aplikasi Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android. Batam: CV Batam Publisher, 2022.

I. Ahmad, Y. Rahmanto, D. Pratama, and R. I. Borman, “Development of augmented reality application for introducing tangible cultural heritages at the lampung museum using the multimedia development life cycle,” Ilk. J. Ilm., vol. 13, no. 2, pp. 187–194, 2021.

J. Manik, N. M. Faizah, and W. Ginting, “Pengembangan Aplikasi Game Edukasi Matematika SD 02 Pagi Pondok Labu Berbasis Android dengan Metode Rapid Application Development Menggunakan Adobe Flash CS6,” Des. J., vol. 1, no. 1, pp. 99–108, 2023.

S. A. Yonanta, M. Y. Firmansyah, D. Aulia, D. N. Sari, A. R. Amanda, and D. A. Dermawan, “Perancangan Dan Pembuatan Game ‘Wisata Masa Depan (Wemade)’ Menggunakan Metode MDLC (Multimedia Development Life Cycle),” Indones. J. Comput. Sci., vol. 2, no. 1, pp. 22–28, 2023.

D. Maulana, A. Firmansyah, and S. Mawarni, “Implementasi Metode Multimedia Development Life Cycle pada Game Visual Novel ‘Sebelum Kamu Membenciku,’” J. Teknlogi Inform. dan Komput. MH. Thamrin, vol. 8, no. 2, pp. 337–351, 2022.

A. N. Rachman, M. A. K. Anshary, and I. N. Hakim, “Pemanfaatan Teknologi Virtual Reality (VR) Pada Aplikasi 3D Bangunan Perusahaan,” CESS (Journal Comput. Eng. Syst. Sci., vol. 5, no. 2, pp. 204–209, 2020.

Y. Fernando, R. Napianto, and R. I. Borman, “Implementasi Algoritma Dempster-Shafer Theory Pada Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Psikologis Gangguan Kontrol Impuls,” Insearch (Information Syst. Res. J., vol. 2, no. 2, pp. 46–54, 2022.

R. I. Borman, Y. Fernando, and Y. E. P. Yudoutomo, “Identification of Vehicle Types Using Learning Vector Quantization Algorithm with Morphological Features,” J. RESTI (Rekayasa Sist. dan Teknol. Informasi), vol. 5, no. 158, pp. 339–345, 2022.




DOI: https://doi.org/10.24114/cess.v8i2.48870

Article Metrics

Abstract view : 269 times
PDF - 226 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

CESS (Journal of Computer Engineering, System and Science)

Creative Commons License
CESS (Journal of Computer Engineering, System and Science) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License