Analisis Kinerja dalam Mendeteksi Student Loses Berdasarkan Nilai Gain dengan Splite Feature Reduction Model pada Algoritma C4,5

Mohammad Yusup, Erwin S Panjaitan, Roni Yunis

Abstract


Abstrak Perguruan tinggi diharapkan mampu menghasilkan sumber daya manusia yang berpengetahuan juga kreatif. faktor penilaian perguruan tinggi adalah persentase kemampuan mahasiswa dalam menyelesaikan studi. Saat ini, masalah student loses dan faktor-faktor yang mempengaruhinya telah menjadi topik yang menarik untuk diteliti. Institusi perlu mendeteksi kinerja mahasiswa yang berstatus "student loses" sehingga dapat diidentifikasi. Dengan metode klasifikasi algoritma C4.5 dalam mengambil keputusan yang dianggap memiliki kinerja yang baik, tetapi algoritma C4.5 memiliki beberapa kelemahan terhadap data yang tidak seimbang, yaitu dataset yang berbeda dua kelas yang berbeda antara kelas mayoritas dan kelas minoritas, berpengaruh pada algoritma C4.5, yang menghasilkan nilai hasil akurasi kurang optimal pada algoritma C4,5 untuk mengurangi pengaruh ketidakseimbangan kelas pada klasifikasi C4.5, maka perlu dilakukan pendekatan metode Split Feature Reduction Model hal ini dilakukan untuk memberi bobot pada setiap fitur yang direkomendasikan, sehingga ditemukan fitur yang merupakan klasifikasi yang kuat, berdasarkan perangkingan pada setiap fitur agar dapat direkomendasikan pada klasifikasi C4.5 dalam proses klasifikasi Hasil menunjukkan bahwa, kinerja akurasi klasifikasi C4.5 pada dataset mahasiswa  dengan pendekatan SFRM sebelum proses Pengujian, 10 fold cross-validation, menunjukkan tingkat akurasi klasifikasi yang lebih baik yaitu akurasi 98% dalam penanganan ketidakseimbangan kelas.

 


Keywords


Student loses klasifikasi C4.5, Split Feature Reduction Model, Fold Cross-Validation

Full Text:

PDF

References


BAN-PT. (2015). Akreditasi Institusi Perguruan Tinggi. In Pedoman Penyusunan Borang. ban-pt.depdiknas.go.id

Dikti, P. D. dan I. I. (2017). statistik 2017. In Statistik Pendidikan Tinggi Higher Education Statistical Year Book 2017 (Vol. 38, Issue 8).

de O. Santos, K. J., Menezes, A. G., de Carvalho, A. B., & Montesco, C. A. E. (2019). Supervised Learning in the Context of Educational Data Mining to Avoid University Students Dropout. 2019 IEEE 19th International Conference on Advanced Learning Technologies (ICALT), 2161-377X, 207–208. https://doi.org/10.1109/icalt.2019.00068

Nagy, M., & Molontay, R. (2018). Predicting Dropout in Higher Education Based on Secondary School Performance. INES 2018 - IEEE 22nd International Conference on Intelligent Engineering Systems, Proceedings, 000389–000394. https://doi.org/10.1109/INES.2018.8523888

Tasnim, N., Paul, M. K., & Sattar, A. H. M. S. (2019). Identification of Drop Out Students Using Educational Data Mining. 2nd International Conference on Electrical, Computer and Communication Engineering, ECCE 2019, 1–5. https://doi.org/10.1109/ECACE.2019.8679385

Mayra, A., & Mauricio, D. (2018). Factors to predict dropout at the universities: A case of study in Ecuador. IEEE Global Engineering Education Conference, EDUCON, 2018-April, 1238–1242. https://doi.org/10.1109/EDUCON.2018.8363371

Nugroho, M. F., & Wibowo, S. (2017). Fitur Seleksi Forward Selection Untuk Menetukan Atribut Yang Berpengaruh Pada Klasifikasi Kelulusan Mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer UNAKI Semarang Menggunakan Algoritma Naive Bayes. Jurnal Informatika Upgris, 3(1), 63–70. https://doi.org/10.26877/jiu.v3i1.1669

Hajrahnur, S., Nasrun, M., Setianingsih, C., & Murti, M. A. (2018). Classification of posts Twitter traffic jam the city of Jakarta using algorithm C4.5. 2018 International Conference on Signals and Systems, ICSigSys 2018 -

Liang, S., Ma, A., Yang, S., Wang, Y., & Ma, Q. (2018). A Review of Matched-pairs Feature Selection Methods for Gene Expression Data Analysis. Computational and Structural Biotechnology Journal, 16, 88–97. https://doi.org/10.1016/j.csbj.2018.02.005

Wang, X., Zhou, C., & Xu, X. (2019). Application of C4.5 decision tree for scholarship evaluations. Procedia Computer Science, 151(2018), 179–184. https://doi.org/10.1016/j.procs.2019.04.027

Sudarto, Zarlis, & Pahala, S. (2016). Integrasi Density Based Feature Selection dan Adaptive Boosting (Adaboost) dalam Menangani Ketidakseimbangan Kelas. JSM (Jurnal SIFO Mikroskil), 17(2), 193–206.

Muslim, M. A., Nurzahputra, A., & Prasetiyo, B. (2018). Improving accuracy of C4.5 algorithm using split feature reduction model and bagging ensemble for credit card risk prediction. 2018 International Conference on Information and Communications Technology, ICOIACT 2018, 2018-Janua(1996), 141–145. https://doi.org/10.1109/ICOIACT.2018.8350753

Jiang, W., Chen, Z., Xiang, Y., Shao, D., Ma, L., & Zhang, J. (2019). SSEM: A Novel Self-Adaptive Stacking Ensemble Model for Classification. IEEE Access, 7, 120337–120349. https://doi.org/10.1109/access.2019.2933262

Gao, C., & Grzymala-Busse, J. W. (2019). Mining incomplete numerical data sets using C4.5 preceded by multiple scanning. ICNC-FSKD 2018 - 14th International Conference on Natural Computation, Fuzzy Systems and Knowledge Discovery, 877–884. https://doi.org/10.1109/FSKD.2018.8687148.

Nugroho, H. W., Adji, T. B., & Setiawan, N. A. (2018). Performance Improvement of C4 . 5 Algorithm using Difference Values Nodes in Decision Tree. 2018 6th International Conference on Cyber and IT Service Management (CITSM), Citsm, 1–6. https://doi.org/10.1109/CITSM.2018.8674250

Dabab, M., Freiling, M., Rahman, N., & Sagalowicz, D. (2018). A decision model for data mining techniques. PICMET 2018 - Portland International Conference on Management of Engineering and Technology: Managing Technological Entrepreneurship: The Engine for Economic Growth, Proceedings, 1–8. https://doi.org/10.23919/PICMET.2018.8481953




DOI: https://doi.org/10.24114/cess.v5i2.17667

Article Metrics

Abstract view : 572 times
PDF - 385 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

CESS (Journal of Computer Engineering, System and Science)

Creative Commons License
CESS (Journal of Computer Engineering, System and Science) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License