Penerapan Zachman Framework Dalam Perancangan Sistem Informasi Manajemen Keuangan Sekolah

Rizal Fahmi Awaludin, Saeful Bahri, Muhamad Muslih

Abstract


Dalam lembaga pendidikan swasta tidak terlepas dari dana sumbangan dari peserta didik, dalam praktiknya proses pencatatan dan pengelompokan dana yang diterima berbeda beda sehingga banyaknya pos keuangan yang ada di lembaga tersebut. Pencatatan keuangan yang dilakukan di lembaga menggukan Ms. Excel dan pencatatan manual, hal ini menjadi sebab terjadinya redudansi data juga kesulitan penyususan laporan keuangan yang diinginkan oleh pemilik lembaga. Pada penelitian ini diusulakan suatu rancangan sistem informasi manajemen keuangan yang cocok diterapkan di lembaga dengan analisis menggunaka zachman framework. Hasil dari penelitian ini menjadikan blue print sistem informasi dari berbagai perspektif-perspektif  yang menjadi acuan dalam pembuatan sistem tersebut sehingga sesuai dengan yang dibutuhkan lembaga

Keywords


Perancangan sistem, sistem informasi keuangan, arsitektur enterprise, zachman framework

Full Text:

PDF

References


G. . McLeod, Raymond & Schell, Management Information System - Sistem Informasi Manajemen. 2012.

A. Y. Andi Mardiana Paduppai, Wahyu Hardyanto, Agus Hermanto, “Pengembangan Sistem Informasi Manajemen,” Seminar Nasional Pascasarjana 2019, pp. 84–89, 2019.

G. Adillah, “Manajemen Keuangan Sekolah,” Manajer Pendidikan, vol. 10, no. 4, pp. 343–346, 2016, doi: 10.31227/osf.io/m2huz.

J. A. Zachman, “The zachman framework for enterprise,” Zachman International, p. 38, 2003.

M. Adhani, L. A. Abdillah, and Q. Widayati, “Analisa dan perancangan sistem informasi penerimaan siswa baru dan pembayaran spp menggunakan zachman framework,” Seminar Nasional Informatika, 2015.

S. Pinjam and J. Manunggal, “Penerapan Framework Zachman Dalam Merancang Blueprint ( Arsitektur ) Sistem Informasi Administrasi Pada Koperasi Design of Administration Information System on Koperasi,” no. x, pp. 1–12, 2012.

M. F. S. Elisa, Nada Nadia, “PENERAPAN ZACHMAN FRAMEWORK PADA ARSITEKTUR SISTEM INFORMASI UJIAN ONLINE BERBASIS WEB (STUDI KASUS : SMK INFORMATIKA CBI),” JURNAL REKAYASA TEKNOLOGI NUSA PUTRA, vol. 01, p. 27, 2019.

R. Rosmiati, “Perencanaan Sistem Informasi Akademik Menggunakan Zachman Framework,” Jurnal SAINTEKOM, vol. 7, no. 1, p. 13, Apr. 2017, doi: 10.33020/saintekom.v7i1.18.




DOI: https://doi.org/10.24114/cess.v6i1.20433

Article Metrics

Abstract view : 747 times
PDF - 602 times

Refbacks



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

CESS (Journal of Computer Engineering, System and Science)

Creative Commons License
CESS (Journal of Computer Engineering, System and Science) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License