Perancangan Desain Chatbot Berdasarkan Perencanaan Arsitektur Enterprise Menggunakan TOGAF ADM

Surya Jaya Raka, Andi Wahju Rahardjo Emanuel

Abstract


Gapura Studio merupakan salah satu pengembang aplikasi dan konsultan teknologi yang ada di Kota Yogyakarta. Sebagai pengembang aplikasi, perusahaan ini menjual produknya melalui situs web yang dimiliki (online) . Gapura Studio merasa bahwa performa situs web yang dimiliki kurang baik sehingga berpengaruh dengan proses salah satunya adalah kontrol interaksi di situs web yang mengakibatkan pengguna yang meminimalkan perintah. Dalam penyelidikan menyelesaikan masalah tersebut dengan melakukan interaksi di situs web Gapura Studio dengan terlebih dahulu membuat arsitektur perusahaan . Penelitian ini menghasilkan cetak birupengembangan sistem informasi manajemen perusahaan dan juga perancangan chatbot berdasarkan proses bisnis yang dijabarkan dalam proses perancangan arsitektur perusahaan untuk mengatasi permasalahan interaksi pada situs web Gapura Studio.


Keywords


TOGAF ADM; Enterprise Architecture; Chatbot; Website

Full Text:

PDF

References


E. Çetin and S. Özdemir, “A Study on an Educational Website’s Usability,” Procedia - Soc. Behav. Sci., vol. 83, pp. 683–688, 2013, doi: 10.1016/j.sbspro.2013.06.129.

M. Poulos, N. Korfiatis, and S. Papavlassopoulos, “Assessing stationarity in web analytics: A study of bounce rates,” Expert Syst., vol. 37, no. 3, 2020, doi: 10.1111/exsy.12502.

P. Smutny and P. Schreiberova, “Chatbots for learning: A review of educational chatbots for the Facebook Messenger,” Comput. Educ., vol. 151, no. March, 2020, doi: 10.1016/j.compedu.2020.103862.

F. Thaib and A. R. Emanuel, “Perancangan Enterprise Architecture UNIPAS Morotai Menggunakan TOGAF ADM,” Teknika, vol. 9, no. 1, pp. 1–8, 2020, doi: 10.34148/teknika.v9i1.247.

D. Rusli and Y. Bandung, “Designing an enterprise architecture (EA) based on TOGAF ADM and MIPI,” 2017 Int. Conf. Inf. Technol. Syst. Innov. ICITSI 2017 - Proc., vol. 2018-Janua, pp. 38–43, 2017, doi: 10.1109/ICITSI.2017.8267915.

S. D. Oktalia, R. N. Shofa, and R. Rianto, “Perencanaan Arsitektur SI/TI menggunakan Framework TOGAF (Studi Kasus : Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kota Tasikmalaya),” J. Buana Inform., vol. 10, no. 1, p. 63, 2019, doi: 10.24002/jbi.v10i1.1842.

A. Y. Chandra, D. Kurniawan, and R. Musa, “Perancangan Chatbot Menggunakan Dialogflow Natural Language Processing (Studi Kasus: Sistem Pemesanan pada Coffee Shop),” J. Media Inform. Budidarma, vol. 4, no. 1, p. 208, 2020, doi: 10.30865/mib.v4i1.1505.

Y. Firmansyah and U. Udi, “Penerapan Metode SDLC Waterfall Dalam Pembuatan Sistem Informasi Akademik Berbasis Web Studi Kasus Pondok Pesantren Al-Habib Sholeh Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat,” J. Teknol. dan Manaj. Inform., vol. 4, no. 1, 2017, doi: 10.26905/jtmi.v4i1.1605.

M. Maskur, “Perancangan Chatbot Pusat Informasi Mahasiswa Menggunakan Aiml Sebagai Virtual Assistant Berbasis Web,” Kinetik, vol. 1, no. 3, p. 123, 2016, doi: 10.22219/kinetik.v1i3.47.

R. r. Benedictus, H. F. Wowor, and A. Sambul, “Rancang Bangun Chatbot Helpdesk untuk Sistem Informasi Terpadu Universitas Sam Ratulangi,” J. Tek. Inform., vol. 11, no. 1, 2017, doi: 10.35793/jti.11.1.2017.16557.

J. G. P. Negara and A. W. R. Emanuel, “Enterprise Architecture Design Strategies for UGK Using TOGAF ADM,” no. October, 2020, doi: 10.2991/assehr.k.200529.103.

R. E. Pariama, “Enterprise Arsitektur Planning (EAP) untuk Universitas Pattimura menggunakan TOGAF ADM,” JATISI (Jurnal Tek. Inform. dan Sist. Informasi), vol. 7, no. 2, pp. 277–288, 2020, doi: 10.35957/jatisi.v7i2.209.

V. Soraya and W. S. Sari, “Perancangan Enterprise Architecture Sistem Informasi dengan Menggunakan Framework TOGAF ADM pada CV. Garam Cemerlang,” JOINS (Journal Inf. Syst., vol. 4, no. 2, pp. 148–156, 2019, doi: 10.33633/joins.v4i2.3054.

H. Husain, P. N. Andono, and M. A. Soeleman, “Perspektif Baru Enterprise Architecture Pemerintahan Kota Mataram Berbasis TOGAF ADM,” J. Matrik, vol. 16, no. 2, p. 76, 2017, doi: 10.30812/matrik.v16i2.6.

S. Birley and P. Westhead, “A taxonomy of business start-up reasons and their impact on firm growth and size,” J. Bus. Ventur., vol. 9, no. 1, pp. 7–31, 1994, doi: 10.1016/0883-9026(94)90024-8.

M. S. Glynn, J. Motion, and R. J. Brodie, “Sources of brand benefits in manufacturer-reseller B2B relationships,” J. Bus. Ind. Mark., vol. 22, no. 6, pp. 400–409, 2007, doi: 10.1108/08858620710780163.

M. Tanikawa, “What is news? What is the newspaper? The physical, functional, and stylistic transformation of print newspapers, 1988-2013,” Int. J. Commun., vol. 11, no. September, pp. 3519–3540, 2017.

G. McLean and K. Osei-Frimpong, “Examining satisfaction with the experience during a live chat service encounter-implications for website providers,” Comput. Human Behav., vol. 76, no. August, pp. 494–508, 2017, doi: 10.1016/j.chb.2017.08.005.




DOI: https://doi.org/10.24114/cess.v6i2.22611

Article Metrics

Abstract view : 480 times
PDF - 680 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

CESS (Journal of Computer Engineering, System and Science)

Creative Commons License
CESS (Journal of Computer Engineering, System and Science) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License