Perancangan Desain Chatbot Berdasarkan Perencanaan Arsitektur Enterprise Menggunakan TOGAF ADM

Authors

  • Surya Jaya Raka Universitas Atma Jaya Yogyakarta
  • Andi Wahju Rahardjo Emanuel Universitas Atma Jaya Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.24114/cess.v6i2.22611

Keywords:

TOGAF ADM, Enterprise Architecture, Chatbot, Website

Abstract

Gapura Studio merupakan salah satu pengembang aplikasi dan konsultan teknologi yang ada di Kota Yogyakarta. Sebagai pengembang aplikasi, perusahaan ini menjual produknya melalui situs web yang dimiliki (online) . Gapura Studio merasa bahwa performa situs web yang dimiliki kurang baik sehingga berpengaruh dengan proses salah satunya adalah kontrol interaksi di situs web yang mengakibatkan pengguna yang meminimalkan perintah. Dalam penyelidikan menyelesaikan masalah tersebut dengan melakukan interaksi di situs web Gapura Studio dengan terlebih dahulu membuat arsitektur perusahaan . Penelitian ini menghasilkan cetak birupengembangan sistem informasi manajemen perusahaan dan juga perancangan chatbot berdasarkan proses bisnis yang dijabarkan dalam proses perancangan arsitektur perusahaan untuk mengatasi permasalahan interaksi pada situs web Gapura Studio.

References

E. Çetin and S. Özdemir, œA Study on an Educational Website™s Usability, Procedia - Soc. Behav. Sci., vol. 83, pp. 683“688, 2013, doi: 10.1016/j.sbspro.2013.06.129.

M. Poulos, N. Korfiatis, and S. Papavlassopoulos, œAssessing stationarity in web analytics: A study of bounce rates, Expert Syst., vol. 37, no. 3, 2020, doi: 10.1111/exsy.12502.

P. Smutny and P. Schreiberova, œChatbots for learning: A review of educational chatbots for the Facebook Messenger, Comput. Educ., vol. 151, no. March, 2020, doi: 10.1016/j.compedu.2020.103862.

F. Thaib and A. R. Emanuel, œPerancangan Enterprise Architecture UNIPAS Morotai Menggunakan TOGAF ADM, Teknika, vol. 9, no. 1, pp. 1“8, 2020, doi: 10.34148/teknika.v9i1.247.

D. Rusli and Y. Bandung, œDesigning an enterprise architecture (EA) based on TOGAF ADM and MIPI, 2017 Int. Conf. Inf. Technol. Syst. Innov. ICITSI 2017 - Proc., vol. 2018-Janua, pp. 38“43, 2017, doi: 10.1109/ICITSI.2017.8267915.

S. D. Oktalia, R. N. Shofa, and R. Rianto, œPerencanaan Arsitektur SI/TI menggunakan Framework TOGAF (Studi Kasus : Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kota Tasikmalaya), J. Buana Inform., vol. 10, no. 1, p. 63, 2019, doi: 10.24002/jbi.v10i1.1842.

A. Y. Chandra, D. Kurniawan, and R. Musa, œPerancangan Chatbot Menggunakan Dialogflow Natural Language Processing (Studi Kasus: Sistem Pemesanan pada Coffee Shop), J. Media Inform. Budidarma, vol. 4, no. 1, p. 208, 2020, doi: 10.30865/mib.v4i1.1505.

Y. Firmansyah and U. Udi, œPenerapan Metode SDLC Waterfall Dalam Pembuatan Sistem Informasi Akademik Berbasis Web Studi Kasus Pondok Pesantren Al-Habib Sholeh Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat, J. Teknol. dan Manaj. Inform., vol. 4, no. 1, 2017, doi: 10.26905/jtmi.v4i1.1605.

M. Maskur, œPerancangan Chatbot Pusat Informasi Mahasiswa Menggunakan Aiml Sebagai Virtual Assistant Berbasis Web, Kinetik, vol. 1, no. 3, p. 123, 2016, doi: 10.22219/kinetik.v1i3.47.

R. r. Benedictus, H. F. Wowor, and A. Sambul, œRancang Bangun Chatbot Helpdesk untuk Sistem Informasi Terpadu Universitas Sam Ratulangi, J. Tek. Inform., vol. 11, no. 1, 2017, doi: 10.35793/jti.11.1.2017.16557.

J. G. P. Negara and A. W. R. Emanuel, œEnterprise Architecture Design Strategies for UGK Using TOGAF ADM, no. October, 2020, doi: 10.2991/assehr.k.200529.103.

R. E. Pariama, œEnterprise Arsitektur Planning (EAP) untuk Universitas Pattimura menggunakan TOGAF ADM, JATISI (Jurnal Tek. Inform. dan Sist. Informasi), vol. 7, no. 2, pp. 277“288, 2020, doi: 10.35957/jatisi.v7i2.209.

V. Soraya and W. S. Sari, œPerancangan Enterprise Architecture Sistem Informasi dengan Menggunakan Framework TOGAF ADM pada CV. Garam Cemerlang, JOINS (Journal Inf. Syst., vol. 4, no. 2, pp. 148“156, 2019, doi: 10.33633/joins.v4i2.3054.

H. Husain, P. N. Andono, and M. A. Soeleman, œPerspektif Baru Enterprise Architecture Pemerintahan Kota Mataram Berbasis TOGAF ADM, J. Matrik, vol. 16, no. 2, p. 76, 2017, doi: 10.30812/matrik.v16i2.6.

S. Birley and P. Westhead, œA taxonomy of business start-up reasons and their impact on firm growth and size, J. Bus. Ventur., vol. 9, no. 1, pp. 7“31, 1994, doi: 10.1016/0883-9026(94)90024-8.

M. S. Glynn, J. Motion, and R. J. Brodie, œSources of brand benefits in manufacturer-reseller B2B relationships, J. Bus. Ind. Mark., vol. 22, no. 6, pp. 400“409, 2007, doi: 10.1108/08858620710780163.

M. Tanikawa, œWhat is news? What is the newspaper? The physical, functional, and stylistic transformation of print newspapers, 1988-2013, Int. J. Commun., vol. 11, no. September, pp. 3519“3540, 2017.

G. McLean and K. Osei-Frimpong, œExamining satisfaction with the experience during a live chat service encounter-implications for website providers, Comput. Human Behav., vol. 76, no. August, pp. 494“508, 2017, doi: 10.1016/j.chb.2017.08.005.

Downloads

Published

2021-07-31

How to Cite

Raka, S. J., & Emanuel, A. W. R. (2021). Perancangan Desain Chatbot Berdasarkan Perencanaan Arsitektur Enterprise Menggunakan TOGAF ADM. CESS (Journal of Computer Engineering, System and Science), 6(2), 200–207. https://doi.org/10.24114/cess.v6i2.22611

Issue

Section

Articles