Perancangan Desain Chatbot Berdasarkan Perencanaan Arsitektur Enterprise Menggunakan TOGAF ADM
Abstract
Gapura Studio merupakan salah satu pengembang aplikasi dan konsultan teknologi yang ada di Kota Yogyakarta. Sebagai pengembang aplikasi, perusahaan ini menjual produknya melalui situs web yang dimiliki (online) . Gapura Studio merasa bahwa performa situs web yang dimiliki kurang baik sehingga berpengaruh dengan proses salah satunya adalah kontrol interaksi di situs web yang mengakibatkan pengguna yang meminimalkan perintah. Dalam penyelidikan menyelesaikan masalah tersebut dengan melakukan interaksi di situs web Gapura Studio dengan terlebih dahulu membuat arsitektur perusahaan . Penelitian ini menghasilkan cetak birupengembangan sistem informasi manajemen perusahaan dan juga perancangan chatbot berdasarkan proses bisnis yang dijabarkan dalam proses perancangan arsitektur perusahaan untuk mengatasi permasalahan interaksi pada situs web Gapura Studio.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
E. Çetin and S. Özdemir, “A Study on an Educational Website’s Usability,” Procedia - Soc. Behav. Sci., vol. 83, pp. 683–688, 2013, doi: 10.1016/j.sbspro.2013.06.129.
M. Poulos, N. Korfiatis, and S. Papavlassopoulos, “Assessing stationarity in web analytics: A study of bounce rates,” Expert Syst., vol. 37, no. 3, 2020, doi: 10.1111/exsy.12502.
P. Smutny and P. Schreiberova, “Chatbots for learning: A review of educational chatbots for the Facebook Messenger,” Comput. Educ., vol. 151, no. March, 2020, doi: 10.1016/j.compedu.2020.103862.
F. Thaib and A. R. Emanuel, “Perancangan Enterprise Architecture UNIPAS Morotai Menggunakan TOGAF ADM,” Teknika, vol. 9, no. 1, pp. 1–8, 2020, doi: 10.34148/teknika.v9i1.247.
D. Rusli and Y. Bandung, “Designing an enterprise architecture (EA) based on TOGAF ADM and MIPI,” 2017 Int. Conf. Inf. Technol. Syst. Innov. ICITSI 2017 - Proc., vol. 2018-Janua, pp. 38–43, 2017, doi: 10.1109/ICITSI.2017.8267915.
S. D. Oktalia, R. N. Shofa, and R. Rianto, “Perencanaan Arsitektur SI/TI menggunakan Framework TOGAF (Studi Kasus : Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kota Tasikmalaya),” J. Buana Inform., vol. 10, no. 1, p. 63, 2019, doi: 10.24002/jbi.v10i1.1842.
A. Y. Chandra, D. Kurniawan, and R. Musa, “Perancangan Chatbot Menggunakan Dialogflow Natural Language Processing (Studi Kasus: Sistem Pemesanan pada Coffee Shop),” J. Media Inform. Budidarma, vol. 4, no. 1, p. 208, 2020, doi: 10.30865/mib.v4i1.1505.
Y. Firmansyah and U. Udi, “Penerapan Metode SDLC Waterfall Dalam Pembuatan Sistem Informasi Akademik Berbasis Web Studi Kasus Pondok Pesantren Al-Habib Sholeh Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat,” J. Teknol. dan Manaj. Inform., vol. 4, no. 1, 2017, doi: 10.26905/jtmi.v4i1.1605.
M. Maskur, “Perancangan Chatbot Pusat Informasi Mahasiswa Menggunakan Aiml Sebagai Virtual Assistant Berbasis Web,” Kinetik, vol. 1, no. 3, p. 123, 2016, doi: 10.22219/kinetik.v1i3.47.
R. r. Benedictus, H. F. Wowor, and A. Sambul, “Rancang Bangun Chatbot Helpdesk untuk Sistem Informasi Terpadu Universitas Sam Ratulangi,” J. Tek. Inform., vol. 11, no. 1, 2017, doi: 10.35793/jti.11.1.2017.16557.
J. G. P. Negara and A. W. R. Emanuel, “Enterprise Architecture Design Strategies for UGK Using TOGAF ADM,” no. October, 2020, doi: 10.2991/assehr.k.200529.103.
R. E. Pariama, “Enterprise Arsitektur Planning (EAP) untuk Universitas Pattimura menggunakan TOGAF ADM,” JATISI (Jurnal Tek. Inform. dan Sist. Informasi), vol. 7, no. 2, pp. 277–288, 2020, doi: 10.35957/jatisi.v7i2.209.
V. Soraya and W. S. Sari, “Perancangan Enterprise Architecture Sistem Informasi dengan Menggunakan Framework TOGAF ADM pada CV. Garam Cemerlang,” JOINS (Journal Inf. Syst., vol. 4, no. 2, pp. 148–156, 2019, doi: 10.33633/joins.v4i2.3054.
H. Husain, P. N. Andono, and M. A. Soeleman, “Perspektif Baru Enterprise Architecture Pemerintahan Kota Mataram Berbasis TOGAF ADM,” J. Matrik, vol. 16, no. 2, p. 76, 2017, doi: 10.30812/matrik.v16i2.6.
S. Birley and P. Westhead, “A taxonomy of business start-up reasons and their impact on firm growth and size,” J. Bus. Ventur., vol. 9, no. 1, pp. 7–31, 1994, doi: 10.1016/0883-9026(94)90024-8.
M. S. Glynn, J. Motion, and R. J. Brodie, “Sources of brand benefits in manufacturer-reseller B2B relationships,” J. Bus. Ind. Mark., vol. 22, no. 6, pp. 400–409, 2007, doi: 10.1108/08858620710780163.
M. Tanikawa, “What is news? What is the newspaper? The physical, functional, and stylistic transformation of print newspapers, 1988-2013,” Int. J. Commun., vol. 11, no. September, pp. 3519–3540, 2017.
G. McLean and K. Osei-Frimpong, “Examining satisfaction with the experience during a live chat service encounter-implications for website providers,” Comput. Human Behav., vol. 76, no. August, pp. 494–508, 2017, doi: 10.1016/j.chb.2017.08.005.
DOI: https://doi.org/10.24114/cess.v6i2.22611
Article Metrics
Abstract view : 489 timesPDF - 687 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
CESS (Journal of Computer Engineering, System and Science)
CESS (Journal of Computer Engineering, System and Science) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License