Aplikasi Chatbot sebagai Alat Bantu Manajemen Stok Barang: Studi Kasus pada PT. Universal Dimensi Komputer

Cynthia Lourenza, Harni Kusniyati

Abstract


Penelitian ini menyelidiki penerapan chatbot sebagai alat bantu dalam manajemen stok barang di PT. Universal Dimensi Komputer, dengan tujuan meningkatkan efisiensi operasional. Perusahaan menghadapi tantangan seperti keterlambatan dan ketidakakuratan data dalam manajemen stok, dan chatbot diharapkan dapat memberikan solusi efektif. Penelitian ini mengintegrasikan chatbot ke dalam sistem manajemen stok dan mengevaluasi kinerjanya berdasarkan waktu respons, akurasi informasi, dan beban kerja manajerial. Telegram menjadi pilihan utama karena paling mudah diakses oleh semua kalangan. Penggunaan bot ini untuk tim penjualan untuk mengetahui jumlah stok barang atau mengurangi stok jika terjadi penjualan secara mudah. Temuan ini menunjukkan bahwa chatbot sangat efektif dalam mempercepat proses, memastikan data yang tepat, dan memungkinkan fokus yang lebih besar pada pengambilan keputusan strategis. Penelitian ini memberikan wawasan berharga mengenai penerapan teknologi chatbot dalam manajemen stok barang dan menawarkan rekomendasi untuk adopsi yang lebih luas di industri distribusi.


Keywords


Chatbot; Manajemen Stok Barang; Efisiensi Operasional; Industri Distribusi

Full Text:

PDF

References


A. Choesni Herlingga, I. Putra, E. Prismana, D. R. Prehanto, and D. A. Dermawan, “Algoritma Stemming Nazief & Adriani Dengan Metode Cosine Similarity Untuk Chatbot Telegram Terintegrasi Dengan E-layanan,” Journal of Informatics and Computer Science, vol. 02, 2020.

Nuzul Hikmah, Dyah Ariyanti, and Ferry Agus Pratama, “Implementasi Chatbot Sebagai Virtual Assistant di Universitas Panca Marga Probolinggo menggunakan Metode TF-IDF,” JTIM: Jurnal Teknologi Informasi dan Multimedia, vol. 4, no. 2, pp. 133–148, Aug. 2022, doi: 10.35746/jtim.v4i2.225.

M. Tekege, “Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi Dalam Pembelajaran SMA YPPGI Nabire,” 2017.

F. Z. Alfaiz and M. Maryam, “Implementation Telegram Chat Bot on Student Orientation Period Registration System for Efficiency of Data Management,” Jurnal Teknik Informatika (Jutif), vol. 2, no. 2, pp. 85–93, Mar. 2021, doi: 10.20884/1.jutif.2021.2.2.56.

S. Dhande Dandge Professor, K. Jalan Undergraduate, B. Rangari Undergraduate, M. Agrawal Undergraduate, and S. Agrawal Undergraduate, “Implementation of Health Care Chat-Bot using Python,” 2022. [Online]. Available: www.ijcrt.org

M. A. Ragheb, P. Tantawi, N. Farouk, and A. Hatata, “Investigating the acceptance of applying chat-bot (Artificial intelligence) technology among higher education students in Egypt,” CBER, 2022. [Online]. Available: www.cberuk.com

G. F. Avisyah, I. J. Putra, and S. S. Hidayat, “Open Artificial Intelligence Analysis using ChatGPT Integrated with Telegram Bot,” Jurnal ELTIKOM, vol. 7, no. 1, pp. 60–66, Jun. 2023, doi: 10.31961/eltikom.v7i1.724.

A. H. Nasution, W. Monika, and H. Kausarian, “Pelatihan Penggunaan Chatbot Sebagai Penyedia Informasi di Museum Daerah Riau Sang Nila Utama,” Dinamisia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, vol. 7, no. 1, pp. 156–162, Feb. 2023, doi: 10.31849/dinamisia.v7i1.13110.

H. Simanjuntak et al., “Inventa: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Peran Teknologi Informasi dalam Proses Kegiatan Belajar Mengajar di Sekolah Dasar,” 2020. [Online]. Available: http://jurnal.unipasby.ac.id/index.php/jurnal_inventa

E. Febriansyah and E. Nirmala, “Perancangan Sistem Informasi Jual Beli Properti Menggunakan Chat Bot Telegram Yang Terintegrasi Dengan Web Menggunakan Metode Prototype,” JORAPI: Journal of Research and Publication Innovation, vol. 1, no. 2, 2023, [Online]. Available: https://jurnal.portalpublikasi.id/index.php/JORAPI/index

I. N. S. Paliwahet, I. M. Sukarsa, and I. K. Gede Darma Putra, “Pencarian Informasi Wisata Daerah Bali Menggunakan Teknologi Chatbot,” Lontar Komputer: Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi, p. 144, Dec. 2017, doi: 10.24843/lkjiti.2017.v08.i03.p01.

Elita Natalia Sugianto, Jessica Aurelia Sujangga, N. Delvia, Verdiana Ayustika, and Agus Cahyo Nugroho, “Pengembangan Chatbot ‘Ciovita’ Virtual Assistant Cioccolato Brownie Semarang Dengan Metode Waterfall,” Journal of Applied Computer Science and Technology, vol. 3, no. 2, pp. 179–185, Dec. 2022, doi: 10.52158/jacost.v3i2.348.

Apriela Trirahma, “Telegram Bot as a Data Collection Tool for Progress Reports in Area Mapping Progress Monitoring System,” Jurnal RESTI (Rekayasa Sistem dan Teknologi Informasi), vol. 5, no. 6, pp. 1182–1192, Dec. 2021, doi: 10.29207/resti.v5i6.3654.

D. H. Subhi, A. Wirawan, S. Amali, J. T. Informasi, and P. N. Malang, “Sistem Kontrol Dan Pemberitahuan Status Peladen Jarak Jauh Berbasis Chatbot,” 2021.

P. Studi, “Rancang Bangun Aplikasi Website Company Profile Pada UMKM Ini Arafa Kerja Praktik,” 2022.




DOI: https://doi.org/10.24114/cess.v9i2.60342

Article Metrics

Abstract view : 23 times
PDF - 20 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

CESS (Journal of Computer Engineering, System and Science)

Creative Commons License
CESS (Journal of Computer Engineering, System and Science) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License