Information Center Chatbot in Higher Education Using Dialogflow
Abstract
Fakultas Teknologi Industri dan Informatika UHAMKA, memiliki website resmi yang mengacu pada sistem informasi universitas yang berfungsi untuk pelayanan yang efektif dan menggunakan teknologi terkini. Faktanya, masih memiliki beberapa permasalahan yang terjadi yaitu dosen dan mahasiswa masih sering bertanya via japri ke pihak sekretariat, akademik maupun pimpinan prodi dan fakultas jika memerlukan informasi, serta masih sering melewatkan informasi yang ada di broadcast Grup WhatsApp. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini untuk merencanakan dan menerapkan teknologi chatbot yang memberikan mahasiswa akses informasi yang cepat dan mudah tentang akademik Fakultas Teknologi Industri dan Informatika UHAMKA secara mudah dan cepat. Chatbot ini diimplementasikan menggunakan tools Dialogflow dengan metode Prototype dan Telegram API. Setelah melakukan uji coba blackbox, Bot Telegram yang dibuat telah terbukti mampu memberikan respons yang memuaskan terhadap pertanyaan yang diajukan, sehingga dapat memberikan bantuan kepada user dalam memperoleh informasi akademik yang dibutuhkan. Selain itu, pengguna tidak perlu menunggu terlalu lama untuk menerima balasan dari chatbot, sehingga membuat chatbot yang digunakan dapat beroperasi dengan cepat dan tepat.
The UHAMKA Faculty of Industrial and Informatics Technology has an official website that refers to a university information system that functions for effective service and uses the latest technology. In fact, there are still several problems that occur, namely lecturers and students still often ask via email to the secretariat, academics or study program and faculty leaders if they need information, and they still often miss information that is WhatsApp Group. Therefore, the purpose of this research is to plan and implement chatbot technology that gives students quick and easy access to information about the academics of the Faculty of Industrial Technology and Informatics UHAMKA easily and quickly. This chatbot is implemented using Dialogflow tools with the Prototype method and the Telegram API. After conducting a blackbox trial, the Telegram Bot that was created has been proven to be able to provide a satisfactory response to the questions asked, so that it can provide assistance to users in obtaining the required academic information. In addition, users don't have to wait too long to receive a reply from the chatbot, so that the chatbot used can operate quickly and precisely.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
R. Wijanarko and I. Afrianto, “Rancang Bangun Aplikasi Chatbot Media Informasi Parenting Pola Asuh Anak Menggunakan Line,” Matrix J. Manaj. Teknol. dan Inform., vol. 10, no. 1, pp. 1–10, 2020, doi: 10.31940/matrix.v10i1.1805.
A. K. N. Wibowo and Y. I. Kurniawan, “Bot Telegram Sebagai Media Alternatif Akses Informasi Akademik,” Komputa J. Ilm. Komput. dan Inform., vol. 8, no. 1, pp. 1–10, 2019, doi: 10.34010/komputa.v8i1.3043.
B. R. Ranoliya, N. Raghuwanshi, and S. Singh, “Chatbot for university related FAQs,” 2017 Int. Conf. Adv. Comput. Commun. Informatics, ICACCI 2017, vol. 2017-Janua, pp. 1525–1530, 2017, doi: 10.1109/ICACCI.2017.8126057.
R. r. Benedictus, H. F. Wowor, and A. Sambul, “Rancang Bangun Chatbot Helpdesk untuk Sistem Informasi Terpadu Universitas Sam Ratulangi,” J. Tek. Inform., vol. 11, no. 1, 2017, doi: 10.35793/jti.11.1.2017.16557.
S. Dian Andryanto, “Apa itu Chatbot? Begini Cara Kerja Asisten Digital ini,” Tempo.co, 2021. https://tekno.tempo.co/read/1536593/apa-itu-chatbot-begini-cara-kerja-asisten-digital-ini#google_vignette (accessed Jul. 20, 2022).
D. Gentia, I. M. Sukarsa, and K. S. Wibawa, “Rancang Bangun Chatbot Sebagai Penghubung Komunikasi Antara Aplikasi Line Messenger Dengan Telegram Messenger,” J. Ilm. Merpati (Menara Penelit. Akad. Teknol. Informasi), vol. 8, no. 3, p. 156, 2020, doi: 10.24843/jim.2020.v08.i03.p01.
E. Pratt, “So what does this mean for technical communicators and for User Assistance? Artificial Intelligence and Chatbots in Technical Communication – A Primer Artificial Intelligence and Chatbots in Technical Communication – A Primer,” Iiblog, p. 2, 2017, [Online]. Available: www.intelligent-information.blog
A. Fathurrozi and F. Karimah, “Pelayanan Dan Informasi Customer Service Berbasis Bot Telegram DenganAlgoritma Forward Chaining Pada CV.Primguard Indonesia,” J. Inf. Inf. Secur., vol. 2, no. 2, pp. 211–226, 2021, [Online]. Available: http://ejurnal.ubharajaya.ac.id/index.php/jiforty
G. Sastrawangsa, “Pemanfaatan Telegram Bot Untuk Automatisasi Layanan Dan Informasi Mahasiswa Dalam Konsep Smart Campus,” Konf. Nas. Sist. Inform., p. 773, 2017.
J. Wiratama, S. A. Sanjaya, and V. I. Sugara, “Rancang Bangun Fitur Chatbot Customer Service Menggunakan Dialogflow,” Komputasi J. Ilm. Ilmu Komput. dan Mat., vol. 19, no. 1, pp. 25–37, 2022, doi: 10.33751/komputasi.v19i1.4474.
H. Chen, “A brief introduction to Chatbots with Dialogflow,” margo-group.com, 2018. https://www.margo-group.com/en/news/a-brief-introduction-to-chatbots-with-dialogflow/ (accessed Jan. 01, 2023).
C. A. Oktavia, “Implementasi Chatbot Menggunakan Dialogflow dan Messenger Untuk Layanan Customer Service Pada E-Commerce,” J I M P - J. Inform. Merdeka Pasuruan, vol. 4, no. 3, pp. 36–40, 2020, doi: 10.37438/jimp.v4i3.230.
D. Intern, “Apa itu UML? Beserta Pengertian dan Contohnya,” dicoding.com, 2021. https://www.dicoding.com/blog/apa-itu-uml/#:~:text=UML (Unified Modelling Language) adalah,1.0 pada bulan Januari 1997.
Sekar, “Pengertian UML,” pinhome.com, 2022. https://www.pinhome.id/blog/pengertian-uml/
N. Cahya, A. Triayudi, and B. Benrahman, “Implementasi Framework Codeigniter Pada Perancangan Chatbot Interaktif Menerapkan Metode Waterfall,” J. Media Inform. Budidarma, vol. 5, no. 1, p. 273, 2021, doi: 10.30865/mib.v5i1.2623.
R. Setiawan, “Apa Itu Protoype? Kenapa Itu Penting?,” dicoding.com, 2021. https://www.dicoding.com/blog/apa-itu-prototype-kenapa-itu-penting/ (accessed Jan. 07, 2023).
D. Rizky, “Mengenal Prototyping,” medium.com, 2019. https://medium.com/dot-intern/sdlc-metode-prototype-8f5O322b14bf (accessed Jan. 07, 2023).
DOI: https://doi.org/10.24114/cess.v8i2.48186
Article Metrics
Abstract view : 202 timesPDF - 206 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
CESS (Journal of Computer Engineering, System and Science)
CESS (Journal of Computer Engineering, System and Science) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License