E-Commerce User Satisfaction Analysis Using Usability Scale System and Pieces Framework

Nanda Fathi Rizky, Agung Triayudi

Abstract


Perkembangan teknologi yang terjadi saat ini membawa perubahan dibidang ekonomi,e-commerce salah satu bentuk perkembangan teknologi di bidang ekonomi, dengan e-commerce pelanggan tidak harus datang langsung ke toko untuk membeli  barang. Dalam mengelola e-commerce diperlukan perawatan khusus untuk memastikan e-commerce berjalan sebagaimana mestinya, salah satu caranya yaitu melakukan analisis kepuasan pengguna menggunakan Teknik usability yaitu melakukan penggujian kepada pengguna.Pengujian ini menggunakan metode Sistem Usablity Scale dan PIECES Framework dimana Sistem Usabiliti Scale memiliki 10 pertanyaan dan PIECES Framework memiliki 6 indikator antaralain Performance, Informations and Data, Economics, Control and Security, Efficiency, dan Service yang mana indicator ini bisa menjadi tolak ukur penilaian e-commerce dan menjadikan nilai terendah menjadi prioritas perbaikan yang  berguna membuat website e-commerce menjadi lebih baik lagi.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/cess.v7i1.30752

Article Metrics

Abstract view : 246 times
PDF - 366 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

CESS (Journal of Computer Engineering, System and Science)

Creative Commons License
CESS (Journal of Computer Engineering, System and Science) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License