Analisis Pengalaman Pengguna Platform Merdeka Mengajar Menggunakan User Experience Questionnaire (UEQ)
Abstract
Platform Merdeka Mengajar merupakan platform digital yang memiliki manfaat sigifikan dalam mendukung implementasi Kurikulum Merdeka di Indonesia, namun masih memiliki potensi untuk dikembangkan berdasarkan impresi pengalaman pengguna (user experience). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengalaman pengguna Platform Merdeka Mengajar, sehingga akan diperoleh hasil evaluasi yang berkaitan dengan impresi pengguna dan gambaran perbandingan benchmark yang dapat digunakan sebagai pertimbangan pengembangan sistem ke depannya. Dalam penelitian ini, evaluasi pengalaman pengguna Platform Merdeka Mengajar dilakukan pada guru SMK Negeri 1 Denpasar sebagai pengguna aktif dengan menggunakan metode User Experience Questionnaire (UEQ). Dari 30 responden yang mengisi kuesioner, hanya 24 data yang memenuhi syarat konsistensi dan digunakan dalam evaluasi. Dari hasil evaluasi, terlihat bahwa pengguna memberikan penilaian positif terhadap Platform Merdeka Mengajar pada keenam aspek yang diukur, dengan skor rata-rata yang mencapai 1,85 untuk Daya Tarik, 1,73 untuk Kejelasan, 1,69 untuk Efisiensi, 1,75 untuk Ketepatan, 1,84 untuk Stimulasi, dan 1,75 untuk Kebaruan. Meskipun demikian, hasil perbandingan dengan benchmark UEQ mengungkapkan bahwa terdapat potensi perbaikan untuk Platform Merdeka Mengajar ke depannya yaitu pada aspek Kejelasan dengan hasil bernchmark ada pada kategori “Above Average” dan aspek Efisiensi dengan hasil benchmark ada pada kategori “Good”. Kedua aspek tersebut juga memiliki mean paling rendah dibandingkan dengan aspek-aspek UEQ lainnya.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
A. Ketaren, F. Rahman, H. P. Meliala, N. Tarigan, dan R. Simanjuntak, “Monitoring dan Evaluasi Pemanfaatan Platform Merdeka Mengajar pada Satuan Pendidikan,” Jurnal Pendidikan dan Konseling, vol. 4, no. 6, 2022.
Merdeka Mengajar, “Apa Itu Platform Merdeka Mengajar?” Diakses: 24 Oktober 2023. [Daring]. Tersedia pada: https://pusatinformasi.guru.kemdikbud.go.id/hc/en-us/articles/6090880411673-Apa-Itu-Platform-Merdeka-Mengajar-
Merdeka Mengajar, “Latar Belakang Kurikulum Merdeka.” Diakses: 24 Oktober 2023. [Daring]. Tersedia pada: https://pusatinformasi.guru.kemdikbud.go.id/hc/en-us/articles/6824331505561-Latar-Belakang-Kurikulum-Merdeka
N. I. Budiarti, “Merdeka Mengajar Platform as a Support for the Quality of Mathematics Learning in East Java,” Matematika dan Pembelajaran, vol. 10, no. 1, 2022.
M. A. W. Wardana, D. P. Indra, dan C. Ulya, “Analisis Penggunaan Aplikasi Merdeka Belajar Oleh Guru Bahasa Indonesia di SMP Surakarta Sebagai Akselerasi Implementasi Kurikulum Merdeka,” Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, vol. 13, no. 3, hlm. 209–220, 2023.
D. Marisana, S. Iskandar, dan D. T. Kurniawan, “Penggunaan Platform Merdeka Mengajar untuk Meningkatkan Kompetensi Guru di Sekolah Dasar,” Jurnal Basicedu, vol. 7, no. 1, 2023, doi: 10.31004/basicedu.v7i1.4363.
I. M. A. O. Gunawan, G. Indrawan, dan S. Sariyasa, “Pengembangan Sistem Informasi Kemajuan Akademik Menggunakan Model Incremental Berbasis Evaluasi Usability dan White Box Testing,” SINTECH (Science and Information Technology) Journal, vol. 4, no. 1, 2021, doi: 10.31598/sintechjournal.v4i1.661.
V. A. Intanny, I. Widiyastuti, dan M. D. K. Perdani, “Pengukuran Kebergunaan dan Pengalaman Pengguna Marketplace Jogjaplaza.id dengan Metode UEQ dan USE Questionnaire,” Jurnal Pekommas, vol. 3, no. 2, hlm. 117–126, Okt 2018.
M. Schrepp, A. Hinderks, dan J. Thomaschewski, “Applying the user experience questionnaire (UEQ) in different evaluation scenarios,” dalam Lecture Notes in Computer Science (including subseries Lecture Notes in Artificial Intelligence and Lecture Notes in Bioinformatics), 2014. doi: 10.1007/978-3-319-07668-3_37.
H. B. Santoso, M. Schrepp, R. Y. K. Isal, A. Y. Utomo, dan B. Priyogi, “Measuring User Experience of the Student-Centered e-Learning Environment,” The Journal of Educators Online, vol. 13, no. 1, hlm. 58–79, Jan 2016.
B. Laugwitz, T. Held, dan M. Schrepp, “Construction and evaluation of a user experience questionnaire,” dalam Lecture Notes in Computer Science (including subseries Lecture Notes in Artificial Intelligence and Lecture Notes in Bioinformatics), 2008. doi: 10.1007/978-3-540-89350-9_6.
S. Rohimat, “Webinar Strategi Penyelesaian Pelatihan Mandiri Kurikulum Merdeka Pada Platform Merdeka Mengajar,” Jurnal Abdimas Kartika Wijayakusuma, vol. 3, no. 2, 2022, doi: 10.26874/jakw.v3i2.251.
D. Setyawan dan S. Syamsuryawati, “Analisis Penggunaan Aplikasi Merdeka Mengajar Terhadap Pemahaman Guru Terkait Implementasi Kurikulum Merdeka,” Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, vol. 4, no. 3, 2023, doi: 10.37478/jpm.v4i3.2917.
B. R. Grande, E. Krisnanik, dan S. Afrizal, “Analisis UI / UX Website Visual Jalanan Dengan Metode User -Centered Design,” Seminar Nasional Mahasiswa Ilmu Komputer dan Aplikasinya (SENAMIKA), vol. 2, no. September, 2021.
P. V. Firstama, M. Galinium, dan J. Purnama, “Analysis of The User Experience of a Mobile Application System: A Case Study of Xyz,” Journal of Applied Information, Communication and Technology, vol. 4, no. 2, 2017, doi: 10.33555/ejaict.v4i2.84.
A. Suzianti, R. Minanga, dan F. Fitriani, “Analysis of User Experience (UX) on Health-Tracker Mobile Apps,” International Journal of Computer Theory and Engineering, vol. 9, hlm. 262–267, Nov 2017, doi: 10.7763/IJCTE.2017.V9.1148.
M. Schrepp, User Experience Questionnaire Handbook. 2015. doi: 10.13140/RG.2.1.2815.0245.
L. Yao dkk., “Using physiological measures to evaluate user experience of mobile applications,” dalam Lecture Notes in Computer Science (including subseries Lecture Notes in Artificial Intelligence and Lecture Notes in Bioinformatics), 2014. doi: 10.1007/978-3-319-07515-0_31.
M. Schrepp dan J. Thomaschewski, “Handbook for the modular extension of the user experience questionnaire,” Mensch & Computer, no. June, 2019.
G. Kurian, “Reliability and Validity Assessment,” dalam The Encyclopedia of Political Science, 2014. doi: 10.4135/9781608712434.n1341.
K. S. Taber, “The Use of Cronbach’s Alpha When Developing and Reporting Research Instruments in Science Education,” Res Sci Educ, vol. 48, no. 6, 2018, doi: 10.1007/s11165-016-9602-2.
DOI: https://doi.org/10.24114/cess.v9i1.53036
Article Metrics
Abstract view : 161 timesPDF - 110 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
CESS (Journal of Computer Engineering, System and Science)
CESS (Journal of Computer Engineering, System and Science) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License