Evaluasi Sistem Ujian Berbasis Komputer di SMA Negeri 1 Negara Menggunakan Kerangka Kerja COBIT 2019

Authors

  • Evi Yuliana Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ni Luh Winarini Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Komang Budi Mas Aryawan ITB STIKOM Bali
  • I Made Agus Oka Gunawan Politeknik Negeri Bali
  • Gede Indrawan Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.24114/cess.v10i2.65580

Keywords:

COBIT 2019, Evaluasi, CBT, MEA

Abstract

SMA Negeri 1 Negara telah mengadopsi sistem informasi dalam pelaksanaan proses evaluasi pembelajaran melalui penggunaan sistem Ujian Berbasis Komputer (Computer Based Test/CBT). Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas layanan CBT sekaligus menjadi dasar pertimbangan dalam proses pengawasan dan evaluasi, guna menunjang pencapaian visi, misi, dan tujuan sekolah. Evaluasi dilakukan mengacu pada kerangka kerja COBIT 2019, dengan fokus pada domain MEA01, MEA02, dan MEA03 yang dianggap relevan untuk dievaluasi. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi lapangan, serta penyebaran kuesioner kepada pimpinan sekolah, guru, proktor, teknisi, dan siswa. Total responden yang dilibatkan berjumlah 181 orang, terdiri dari 152 siswa, 17 guru, 5 operator/proktor, dan 7 pimpinan sekolah. Data kuantitatif dari kuesioner dianalisis untuk menghasilkan persentase capaian kinerja sistem. Secara keseluruhan, hasil evaluasi menunjukkan performa sistem yang cukup baik dengan capaian persentase sebesar 74,04% dan berada pada tingkat kapabilitas Largely Achieved. Namun demikian, masih ditemukan sejumlah kelemahan seperti keterbatasan sistem dalam mengidentifikasi kecurangan pada perangkat tertentu, kurangnya dokumentasi evaluasi secara formal, serta minimnya kontrol dan pengawasan saat ujian berlangsung. Penelitian selanjutnya dapat difokuskan pada perluasan analisis dengan mengevaluasi domain tambahan tersebut agar diperoleh gambaran yang lebih komprehensif terhadap kinerja dan tata kelola sistem.

Author Biographies

Evi Yuliana, Universitas Pendidikan Ganesha

Ilmu Komputer, Program Pascasarjana, Universitas Pendidikan Ganesha

Ni Luh Winarini, Universitas Pendidikan Ganesha

Ilmu Komputer, Program Pascasarjana, Universitas Pendidikan Ganesha

I Komang Budi Mas Aryawan, ITB STIKOM Bali

Sistem Informasi, Fakultas Informatika dan Komputer, ITB STIKOM Bali

I Made Agus Oka Gunawan, Politeknik Negeri Bali

Program Studi Manajemen Informatika, Jurusan Teknologi Informasi, Politeknik Negeri Bali

Gede Indrawan, Universitas Pendidikan Ganesha

Ilmu Komputer, Program Pascasarjana, Universitas Pendidikan Ganesha

References

[1] I. G. N. G. Purnawa, I. P. A. Swastika, and I. G. J. E. Putra, “Audit Tata Kelola Sistem Informasi Menggunakan Framework COBIT 5 (Studi Kasus Pada Bank BPR XYZ),” JATI (Jurnal Mhs. Tek. Inform., vol. 7, no. 4, pp. 2570–2577, 2023.

[2] R. D. Ristanto, K. Kurniawati, A. Dwinanto, and N. Nawassyarif, “Analisis Software Product Quality ISO/IEC 25010 pada Pengembangan Tes Bakat Menggunakan Sistem Computer-Based Test (CBT),” Edu Komputika J., vol. 7, no. 2, pp. 49–60, 2020, doi: 10.15294/edukomputika.v7i2.42546.

[3] I. P. Y. Agus Ariwanta, I. G. T. Eka Saputra, N. P. E. Apriyanthi, I. M. A. O. Gunawan, and G. Indrawan, “Analisis Kepuasan Pengguna Menggunakan Metode EUCS Pada Sistem Computer Based Test di Institusi Pendidikan,” J. Comput. Syst. Informatics, vol. 4, no. 4, pp. 942–951, 2023, doi: 10.47065/josyc.v4i4.3752.

[4] S. W. Achmad Rante Suparman, Eli Rohaeti, “Effect of Computer Based Test on Motivation: A Meta-Analysis,” Eur. J. Educ. Res., vol. 12, no. 4, pp. 1583–1599, 2023.

[5] N. H., F. Febriati, and E. Ervianti, “The Impact of Computer-based Test and Students’ Ability in Computer Self - Efficacy on Mathematics Learning Outcomes,” J. Educ. Technol., vol. 5, no. 4, p. 603, 2021, doi: 10.23887/jet.v5i4.34942.

[6] R. Cuatanto and R. Sutomo, “Measurement of IT Governance Capabilities Using COBIT 2019 in the Indonesian Business Sector,” Indones. J. Comput. Sci., vol. 12, no. 5, pp. 2337–2349, 2023, doi: 10.33022/ijcs.v12i5.3412.

[7] A. R. Indrawati, I. S. Rozas, and N. Wahyudi, “Penyusunan Instrumen Maturity Assessment Design Toolkit Berbasis COBIT 2019,” Edu Komputika J., vol. 10, no. 1, pp. 64–71, 2023, doi: 10.15294/edukomputika.v10i1.59761.

[8] A. M. Shuhada, “Kajian Perbandingan COBIT 5 Dengan COBIT 2019 Sebagai Framework Audit Tata Kelola Teknologi Informasi,” J. Ilm. Indones., vol. 75, no. 17, pp. 399–405, 2021.

[9] V. P. Pradana, M. Lubis, L. Abdurrahman, R. A. Alqahtani, I. F. Zamzami, and R. Ramadhani, “Evaluating IT Performance Management in the Faculty of Industrial Engineering at Telkom University Through COBIT 2019 Domain MEA01 in Alignment with LAM-INFOKOM Standards,” Electron. Integr. Comput. Algorithm J., vol. 1, no. 2, pp. 41–49, 2024, doi: 10.62123/enigma.v1i2.20.

[10] G. M. W. Tangka and E. Lompoliu, “Enchancing IT Governance at BPS Manado: A COBIT 2019 Framework Implementation Study,” TeIKa, vol. 14, no. 1, pp. 65–78, 2024, doi: 10.36342/teika.v14i1.3325.

[11] R. S. D. Harjo, K. Kusrini, and A. Nasiri, “Penentuan Domain Tata Kelola IT Pada Instansi Kepegawaian XYZ Menggunakan Kerangka Kerja Cobit 2019,” J. Tek. Ind. J. Has. Penelit. dan Karya Ilm. dalam Bid. Tek. Ind., vol. 9, no. 1, p. 31, 2023, doi: 10.24014/jti.v9i1.21797.

[12] E. Nachrowi, Yani Nurhadryani, and Heru Sukoco, “Evaluation of Governance and Management of Information Technology Services Using Cobit 2019 and ITIL 4,” J. RESTI (Rekayasa Sist. dan Teknol. Informasi), vol. 4, no. 4, pp. 764–774, 2020, doi: 10.29207/resti.v4i4.2265.

[13] D. Utomo, M. Wijaya, Suzanna, Efendi, and N. T. M. Sagala, “Leveraging COBIT 2019 to Implement IT Governance in SME Context: A Case Study of Higher Education in Campus A,” CommIT J., vol. 16, no. 2, pp. 129–141, 2022, doi: 10.21512/commit.v16i2.8172.

[14] I. G. Wikan Aditya, I. G. Putu Krisna Juliharta, and I. G. Agung Pramesti Dwi Putri, “Penerapan Framework Cobit 2019 Dalam Audit Tata Kelola Sistem Informasi Pada LPD Desa Beraban,” JATI (Jurnal Mhs. Tek. Inform., vol. 7, no. 4, pp. 2592–2599, 2024, doi: 10.36040/jati.v7i4.7142.

[15] Dian Pramana, Ni Made Rai Masita Dewi, and Odie Kharisma Putra, “Evaluasi Tata Kelola TI Office 365 pada ITB STIKOM Bali menggunakan Framework COBIT 5,” J. Sist. dan Inform., vol. 16, no. 2, pp. 104–112, 2022, doi: 10.30864/jsi.v16i2.453.

[16] M. H. Fasya, M. Lubis, L. Abdurrahman, M. Garcia-Constantino, S. Abdulmana, and R. Ramadhani, “Evaluating IT Delivery Value in the Faculty of Industrial Engineering at Telkom University Using the COBIT 2019 Framework, Domain APO04, for Mapping LAM INFOKOM Standards,” Electron. Integr. Comput. Algorithm J., vol. 1, no. 2, pp. 63–68, 2024, doi: 10.62123/enigma.v1i2.19.

[17] G. M. W. Tangka and E. Lompoliu, “Information Technology Governance Using the COBIT 2019 Framework at PT Bank Pembangunan Daerah Papua,” Int. J. Eng. Sci. Inf. Technol., vol. 4, no. 4, pp. 197–205, 2024, doi: 10.31154/cogito.v9i2.577.355-367.

[18] I. C. Sari et al., IT Governance. Yayasan Kita Menulis, 2023.

[19] R. A. S. Ade Winarni, Muswarman, Heti Mulyani, “Audit Sistem Informasi Menggunakan Cobit 2019 (Studi Kasus SISFO Politeknik Enjinering Indorama),” 2023.

[20] I. W. Budiana, “Penilaian Tata Kelola dan Manajemen Infrastruktur TI Bank BPD XYZ Menggunakan COBIT 2019,” Universitas Pendidikan Ganesha, 2024.

[21] S. Putu, B. Krisnanda Wiguna, G. A. Pramesti, D. Putri, and N. M. Estiyanti, “Audit Dan Tata Kelola Sistem Informasi Menggunakan Framework Cobit 2019 Pada KSP Sri Satyam Sedana,” J. TEKINKOM, vol. 7, no. 1, pp. 102–112, 2024, doi: 10.37600/tekinkom.v7i1.1190.

Downloads

Published

2025-07-16

How to Cite

Yuliana, E., Winarini, N. L., Aryawan, I. K. B. M., Gunawan, I. M. A. O., & Indrawan, G. (2025). Evaluasi Sistem Ujian Berbasis Komputer di SMA Negeri 1 Negara Menggunakan Kerangka Kerja COBIT 2019. CESS (Journal of Computer Engineering, System and Science), 10(2), 368–379. https://doi.org/10.24114/cess.v10i2.65580

Issue

Section

Articles

Similar Articles

<< < > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.