SISTEM PAKAR DIAGNOSA PENYAKIT PARU-PARU PADA ANAK DENGAN METODE DEMPSTER-SHAFER

Eli Rosmita Ritonga, Muhammad Dedi Irawan

Abstract


Abstrak— Sistem pakar merupakan program Artificial Intelligence yang menggabungkan basis pengetahuan dengan mesin inferensi. Ini merupakan bagian perangkat lunak spesialisasi tingkat tinggi, yang berusaha menduplikasi fungsi seorang pakar dalam satu bidang keahlian tertentu. Sistem pakar memprediksi penyakit paru pada anak ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana cara mendiagnosa penyakit paru pada anak sehingga dapat dilakukan penanganan yang tepat sesuai dengan ciri-ciri penyakit yang terdapat pada anak tersebut. Didalam penerapan sistem pakar ini dibantu dengan metode Dempster Shafer. Dempster Shafer adalah suatu teori matematika untuk pembuktian berdasarkan belief functions and plausible reasoning (fungsi kepercayaan dan pemikiran yang masuk akal), yang digunakan untuk mengkombinasikan potongan informasi yang terpisah (bukti) untuk mengkalkulasi kemungkinan dari suatu peristiwa. Atas dasar tersebut maka akan dibuat sistem yang dapat membantu user untuk dapat mendiagnosa penyakit paru pada anak sesuai dengan gejala-gejala yang terdapat pada anak yang terserang penyakit.

 

Keywords— sistem pakar, diagnosa, penyakit paru anak, dempster shafer


Full Text:

PDF

References


Andi.2010. Visual Basic 2010 Source Code. Andi Offset. Yogyakarta.

Andri Saputra. 2011. “Sistem Pakar Identtifikasi Penyakit Paru Pada Manusia Munggunakan Pemrograman Visual Basic 6.0”. Jurnal Teknologi Dan Informatika. No.3. Vol.1. Palembang.

Anis Mistanti. 2014. “Sistem Pakar Untuk Memprediksi Penyakit Pada Tanaman Cabai Menggunakan Metode Dempster – Shafer”. Jurnal Program Teknik Informatika, No.1, Vol. VI, STMIK Budidarma Medan.

Aru. W. Sudoyo. 2007. Ilmu Penyakit Dalam Jilid II Edisi IV. Pusat Penerbitan Depertemen Ilmu Penyakit Dalam Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia. Jakarta.

Dedi Irawan. 2013. Sistem Pakar Diagnosis Kerusakan Jaringan LAN Warnet Dengan Metode Forward Chaining Menggunakan Bahasa Pemrograman Visual Basic 6.0. Skripsi Program S1 Fakultas Teknik Universitas Asahan (tidak dipublikasikan).

Eka Iswandy, 2014, Perancangan Sistem Informasi Tentang Pencatatan Hasil Tes Kemampuan Fisik Atlet, jurnal Teknoif, No.2, Vol.2, STMIK Jayanusa Padang.

Aprilia Sulistyohati. 2008. “Aplikasi Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Ginjal Dengan Metode Dempster Shafer “. Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi. Yogyakarta .

Ismail Juriwansyah. 2014. “Perancangan Aplikasi WEB Untuk Deteksi Penyakit Paru-Paru Dengan Inference Forward Menerapkan Metode Dampster-Shefer”. Jurnal Program Studi Teknik Informatika, No.3. Vol. VII. STMIK Budidarma Medan.

Mahmud Yunus, Sigit Setyowibowo.”Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan Diagnosa Penyakit Paru – Paru Dengan Metode Forward Chaining”. Jurnal Teknologi Informasi. No.2, Vol.II, STMIK PPKIA Pradnya Paramita Malang.

Uswatun Hasanah, Sukadi, 2013, Perancangan Sistem Informasi Penjualan On Line Pada Toko Kreatif Suncom Pacitan, Indonesian Journal on Networking and Security.




DOI: https://doi.org/10.24114/cess.v2i1.7179

Article Metrics

Abstract view : 4279 times
PDF - 3333 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

CESS (Journal of Computer Engineering, System and Science)

Creative Commons License
CESS (Journal of Computer Engineering, System and Science) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License