RANCANG BANGUN FILE TRANSFER PROTOCOL (FTP) DENGAN PENGAMANAN OPEN SSL PADA JARINGAN VPN MIKROTIK DI SMK DWIWARNA

Devi Ruwaida, Dian Kurnia

Abstract


File Transfer Protocol (FTP) server merupakan jenis sistem yang menghubungkan hak pengakses (client) dan penyedia (server) dalam melakukan pertukaran data yang melewati port 21, yang semula ftp server berjalan pada protocol yang tidak terlindungi di dalam port 21, kemudian dengan OpenSSL ini di amankan agar data dapat sampai ke tujuan. Pada penelitian ini akan dibangun Rancang Bangun File Transfer Protocol (Ftp) Dengan Pengamanan Open Ssl Pada Jaringan Vpn Mikrotik Di Smk Dwiwarna  yang akan di konfigurasi pada debian 9.1 dengan  di tambahnya pengaman sertifikat ssl , dengan harapan  melindungi proses dalam pengiriman data dapat dengan aman dan ditambahkannya sistem VPN PPTP pada mikrotik akan lebih memberikan keamanan yang lebih baik lagi, dimana pemanfaatan Point-to-Point Tunneling Protocol (PPTP) suatu protokol jaringan yang bisa memungkinkan client dalam pengiriman data secara aman melalui remote client kepada server sekolah dibangunnya suatu virtual private network (VPN).

Full Text:

PDF

References


REFERENSI

Arman, Molvai. 2017. Rancang Bangun Pengamanan FTP Server dengan Menggunakan Secure Sockets Layer. Jurnal Integrasi, e-ISSN:2548-9828

Fatoni, dan Dedi Irawan, 2015. Implementasi jaringan vpn (virtual private network) site to site mikrotik router. Jurnal informatika, ISSN:2301-5632.

Ranie, Leena, Preeti Narula dan Neeti Panchal. 2014. Ftp- The File Transfer Protocol. International Journal of Research (UR), ISSN : 2348-6848.

Tehupeiory, Nardi, dan Dian W Chandra. 2015. Analisis Perbandingan Mekanisme Secure Socket Layer (SSL) dan Transfer Layer Security (TLS) Pada Koneksi File Transfer Protocol (FTP) Server Ubuntu.

http://mikrotik.co.id/artikel_lihat.php?id=43

https://www.openssl.org




DOI: https://doi.org/10.24114/cess.v3i1.8267

Article Metrics

Abstract view : 3339 times
PDF - 2102 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

CESS (Journal of Computer Engineering, System and Science)

Creative Commons License
CESS (Journal of Computer Engineering, System and Science) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License