The Impact of Bullying Experienced by The Character Moon Dong Eun During High School in The Series "The Glory" on Netflix

Salman Alfarisy, Mayasari Mayasari, Emmy Erwina

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui jenis-jenis bullying yang dialami oleh tokoh Moon Dong Eun, pengaruh kemiskinan terhadap bullying yang dialami Moon Dong Eun semasa SMA dan nilai-nilai moral yang disajikan dalam serial The Glory. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. Data penelitian ini adalah naskah serial The Glory (2022-2023) sebagai sumber datanya. Penelitian ini fokus pada jenis-jenis bullying, penyebab dan dampak bullying yang dialami oleh tokoh Moon Dong Eun berdasarkan teori Coloroso (2007) dan hasil pertemuan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia. Indonesia, kemiskinan menurut Suryawati (2005: 122), dan nilai-nilai moral dalam serial “kemuliaan” menurut Wibawa (2013: 173). Hasil dari penelitian ini adalah (1) Jenis-jenis perundungan yang dialami tokoh Moon Dong Eun adalah Perundungan Fisik atau Perilaku Nonverbal Langsung, Perundungan Verbal atau Perilaku Nonverbal Langsung, Perundungan Psikologis, Pelecehan Seksual. Dampak yang ditimbulkan dari bullying adalah Keinginan Balas Dendam, Trauma, Kehilangan Impian, Pikiran untuk Bunuh Diri, Kerusakan Fisik, Kehilangan Keluarga dan penyebab terjadinya bullying adalah Sekolah, Teman/Teman, Kondisi Lingkungan Sosial, Keluarga, (2) Kemiskinan yang dialami oleh Moon Tokoh Dong Eun adalah kemiskinan struktural (3) Nilai moral dalam serial “The Glory” adalah Moral Etika dan Kesusilaan serta Moral Disiplin dan Hukum.

Keywords


Types Bullying, Poverty, Moral Values

Full Text:

PDF

References


REFERENCES

Abrams, M.H. (1981). A Glossary of Literary Terms. New York: Holt, Rinehart and Wiston.

Abrams, M.H. (1988). A glossary of literary terms. New York: Holt, Rinehart, and Winston.

Abad Badruzzaman, 2009. Dari Teologi Menuju Aksi: Membela yang Lemah Menggempur kesenjangan, Pustaka Pelajar: Yogyakarta.

Antar Semi. 1990. Menulis efektif. Padang; CV Ankasa Raya.

Ardy& Wiyani (2012). Save Our Children From School Bullying. Yogyakarta: Ar Ruzz Media.

Astuti (2009). 3 cara efektif mengatasi kekerasan pada anak . Jakarta: PT Grasindo.

A S Hornby.2010. Oxford Advanced Learner’s Dictionary of Current English. Oxford University Press. New York

Babbie, Earl 1992 The Practice of Social Research. California: Wardsworth Publishing Company.

Brenner, M.C. (1969). An Elementary Textbook of Psychoanalysis. New York :

International University Press.

Burhan, Nurgiyantoro. 2007. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta : Gadjah Mada University Press.

Coloroso (2007). Stop bullying (memutus rantai kekerasan anak dari prasekolah

hingga SMU). Jakarta: PT Ikrar Mandiri Abadi.

Damono, Sapardi Djoko. 1979. Sosiologi Sebuah Pengantar. Jakarta: Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa Departemen Pendidikan dan Kebudayaan

Endaswara, Suwandi. 2003. Metode Penelitian Psikologi Sastra. Yogyakarta: Media Pressindo.

Endaswara, Suwandi. 2011. Metode Pembelajaran Drama : Apresiasi, Ekspresi,dan Pengkajian. Yogyakarta: KAPS.

Endraswara, S. (2013). Teori kritik sastra. Yogyakarta: CAPS (Center Academic Publishing Service).

Freud, S. Interpretation of Dream.(1913) 3rd edition, Trans. Brill A A. Macmillan. New York. Print.

Harymawan, RMA. 1988. Dramaturgi. Bandung: CV Rosda

Hurlock, Elizabeth B. 1997, “Psikologi Perkembangan Suatu pendekatan rentang kehidupan”, Edisi kelima, Erlangga

Jabrohim. 2003. Metodologi Penelitian Sastra. Yogyakarta: Hanindita Graha Widya.

Kosasih, E. 2012. Dasar-dasar Keterampilan Bersastra. Bandung: Yrama Widya.

Moh. Nazir. 2012. Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Monte, F. Beneath (1877) The Mask. New York: Praeger Publishers, Print.

Pamela Shockley-Zalabak. 1999. Fundamentals of Organizational Communication: Knowledge, Sensitivity, Skills, and Values: Addison-Wesley.

Ratna, Nyoman Kutha. 2004. Teori, Metode, Dan Teknik Penelitian Sastra (Dari Strukturalisme Hingga Postrukturalisme, Prespektif Wacana Naratif). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Reaske, Christopher R. 1966. How to Analyze Drama. New York: Monarch Press.

Semi, Atar. 1993. Rancangan Pengajaran Bahasa dan Sastra indonesia. Bandung: Angkasa.

Soelaiman, Munandar. Ilmu Sosial Dasar, PT. Eresco Bandung, 1993.

Stanton. Robert. 2007. Teori Fiksi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV.

Tarigan, Henry Guntur dan Djago Tarigan.2011.Pengajaran Analisis Kesalahan Berbahasa.Bandung: Angkasa Bandung.

Journal Sources :

ANALISIS STRUKTUR ASPEK TOKOH DAN PENOKOHAN PADA NOVEL LA BARKA DALAM PERSPEKTIF ISLAM oleh Leli Nisfi Setiana, M.Pd (Mochtar lubis (1960 : 18 )

Internet Sources :

Trott, P. and Hartmann, D. (2009) Why Open Innovation Is Old Wine in New Bottles. International Journal of Innovation Management, 13, 715-736.

https://doi.org/10.1142/S1363919609002509

(Diakses 23 Juni 2023)

Weber, M. (1946). Class, Status, Party. In H, H. Girth, & C. W. Mills (Eds.), From Max Weber: Essays in Sociology (pp. 180-195). New York: Oxford




DOI: https://doi.org/10.24114/reg.v12i4.53762

Article Metrics

Abstract view : 107 times
PDF - 96 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Salman Alfarisy, Mayasari Spd.,M.Si, Mayasari Spd.,M.Si, Dr. Hj. Emmy Erwina.,M.A, Dr. Hj. Emmy Erwina.,M.A

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.