Analisis Penyalahgunaan Instagram Pada Siswa Kelas X SMA Dharma Pancasila Medan Tahun Ajaran 2019/2020 dan Impilikasinya Terhadap Layanan Informasi di Sekolah

Stephanie Anatasya, Abdul Murad

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk-bentuk penyalahgunaan dan faktor-faktor yang mempengaruhi penyalahgunaan Instagram pada siswa kelas X SMA Dharma Pancasila Medan dan implikasi dari temuan penelitian tentang penyalahgunaan Instagram bagi layanan informasi BK di sekolah. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif jenis penelitian kualitatif studi kasus. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Dharma Pancasila Medan yang terdiri dari 3 orang siswa. Hasil penelitian ini adalah keadaan penyalahgunaan dari pengguna aktif Instagram di kelas X SMA Dharma Pancasila Medan yang berjumlah 97 siswa, didapatkan hasil 3 orang siswa yang melakukan penyalahgunaan Instagram. Siswa laki-laki 2 orang dan siswa perempuan 1 orang, dengan penyalahgunaan mengikuti (follow) dan menyukai postingan foto dan video 18+ (delapan belas tahun ke atas), serta menyukai video yang berkaitan dengan penghinaan ras di Indonesia. Faktor-faktor yang mempengaruhi siswa-siswa tersebut dapat melakukan penyalahgunaan Instagram adalah kurangnya pengetahuan tentang bentuk penyalahgunaan dan penyebaran pornografi di Instagram, faktor teman di Instagram dan kurangnya pengawasan dari orangtua. Implikasi atau dampak penyalahgunaan Instagram bagi layanan informasi di sekolah SMA Dharma Pancasila Medan untuk siswa kelas X adalah pemberian layanan informasi dengan materi pencegahan pornografi.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/icp.v1i1.22362

Article Metrics

Abstract view : 348 times
PDF - 1205 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




PSIKOLOGI PENDIDIKAN DAN BIMBINGAN

Jl. Willem Iskandar Pasar V Medan Estate, Sumatera Utara. Universitas Negeri Medan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Gedung 72 Lantai 2

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.