Upaya Meminimalisir Tingkat Glossophobia Melalui Konseling Kelompok Teknik Assertive Training Pada Siswa Kelas X SMAS Katolik Budi Murni 3 Medan
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Alyda, R. T., & Santoso, F. (2019). Kajian Demam Panggung Sebagai Pendukung Perancangan Visual Film Animasi Pendek Tentang Rasa Takut Tampil di Depan Umum. Jurnal Kreasi Seni dan Budaya, 39-48.
Aqib, Z., & Amrullah, A. (2019). PTK,PTS & PTBK ; Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: Andi Offset.
Atrup, & Fatmawati, D. (2018). Hipnoterapi Teknik Regression Therapy Untuk Menangani Penderita Glossophobia. Jurnal Pinus, 140-141.
Bayhaqi, A. Z., Murdiana, S., & Ridf, A. (2017). Metode Expressive Writing Untuk Menurunkan Kecemasan Berbicara di Depan Umum Pada Mahasiswa. Psikoislamedia Jurnal Psikologi, 146-154.
Corey, G. (2013). Theory and Practice of Counseling and Psychotherapy. Belmont, CA.
Effendy, U. O. (2007). Ilmu Komunikasi (Teori dan Praktik). Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Esposito, J. E. (2007). Overcome Your Fear of Public Speaking and Performing. Bridgewater: In The Spot Light.
Fatma, A., & Ernawati, S. (2012, Februari). Pendekatan Perilaku Kognitif Dalam Pelatihan Keterampilan Mengelola Kecemasan Berbicara. Jurnal Talenta Psikologi, 41.
Febrini, D. (2020). Bimbingan dan Konseling. Bengkulu: CV Brimedia Global.
Futri, D. A. (2021). Pengaruh Konseling Kelompok Dengan Teknik Assertive Training Untuk Meningkatkan Konsep Diri Remaja SMA Di Jorong Tabing Nagari Sungai Kamuyang.
Hartono, d. (2013). Psikologi Konseling. Jakarta: Kencana.
Hojanto, O. (2018). Tips dan Trik Presentasi Public Speaking Mastery In Action. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Khairunisa. (2019). Kecemasan Berbicara di Depan Kelas pada Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Tunas Bangsa, 6(2), 212-222.
Khairunisa, Kiranida, O., Marjo, K. H., & Hanim, W. (2019). Bimbingan Kelompok Menggunakan Teknik Desentisasi Sistematik Untuk Menurunkan Tingkat Glossophobi Peserta Didik Sekolah Menengah Atas (SMA). Jurnal Selaras. Kajian Bimbingan dan Konseling Serta Psikologi Pendidikan, 47-55.
McCroskey, J. C. (1984). The Communication Apprehension Perspective. Dalam J. A. Daly, & J. C. McCroskey, Avoiding Communication:Shyness,reticence.and communication (hal. 13-38). Baverly Hills: SAGE Publications.
Mubarok, & Andjani, M. D. (2014). Komunikasi Antarpribadi Dalam Masyarakat Majemuk. Jakarta, DKI Jakarta, Indonesia: Dapur Buku.
Mulyana, D. (2008). Komunikasi Efektif (Suatu Pendekatan). Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Murad, A. (2009). Konseling Kelompok : Teori, Asumsi, Konsep dan Aplikasi. Bandung: Rizqi Press.
Musman, A. (2020). anti Panik Berbicara Di Depan Umum. Yogyakarta: Anak Hebat Indonesia.
Nofrion. (2018). Komunikasi Pendidikan : Penerapan Teori dan Konsep Komunikasi. Jakarta: Prenadamedia Group.
Nursalim, M. (2013). Strategi dan Intervensi Konseling. Jakarta: Akademika Permata.
Pratiwi, T. I., Suratman, B., Riyanto, Y., & Werhadiantiwi, P. A. (2018). A Special Service of Guidance and Counseling. 2nd International Conference on Education Innovation (ICEI 2018), (hal. 679-681). Surabaya.
Prayitno, & Erman, A. (2008). Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Preveen, K. (2018). Glossophobia: The Fear Of Public Speaking In Female And Male Students Of University Of Karachi. Pakistan Journal of Gender Studies, 57-70.
Rachmawati, A. (2016). Penerapan Konseling Naratif Untuk Mengurangi Tingkat GlossophobiaSiswa Kelas X SMAN 13 Surabaya. Jurnal Mahasiswa Bimbingan Konseling, 1-9.
Ristianti, D. H., & Fathurrrochman, I. (2020). Penilaian Konseling Kelompok. Yogyakarta: CV Budi Utama.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitaif Kualitatif dan R&D (2 ed.). Bandung: Alfabeta.
Suharsimi, A. (2011). Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Suryabrata, S. (2013). Metodologi Penelitian. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Werhadiantiwi, P. A., & Pratiwi, T. I. (2016). Penerapan Konseling Kelompok dengan Teknik Self Instruction Untuk Mengurangi Tingkat Glossophobia Pada Siswa Kelas XI IPS-1 di SMA Negeri 1 Gedangan. Jurnal Bimbigan Konseling.
DOI: https://doi.org/10.24114/icp.v3i2.50449
Article Metrics
Abstract view : 103 timesPDF - 281 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
PSIKOLOGI PENDIDIKAN DAN BIMBINGAN
Jl. Willem Iskandar Pasar V Medan Estate, Sumatera Utara. Universitas Negeri Medan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Gedung 72 Lantai 2
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.