Pengaruh Konseling Kelompok Teknik Cognitive Restructuring Terhadap Self Efficacy di Era Pembelajaran Daring Pada Siswa MTs Negeri 2 Medan
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Alwisol. 2005. Psikologi Kepribadian (Edisi Revisi). Malang: UMM Press.
Anifah, M. 2015. Implementasi Teknik Cognitive Restructuring dalam Menangani Konsep Diri Rendah Pada Siswa Kelas X di SMP Negeri Ujungpangkah. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya dalam (http://digilib.uinsby.ac.id/3676)
Arikunto, S. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Bandura, Albert. 1997. Self Efficacy: The Exercise of Control. New York: W. H. Freeman and Company.
Baron, R. A & Bryrne, D. 2003. Psikologi Sosial. Jakarta: Erlangga.
Budijanto, dkk. 2016. Pengaruh Kebiasaan Belajar dan Self Efficacy Terhadap Hasil Belajar Geografi di SMA. Jurnal Pendidikan Geografi, 1(2): 17-28. Tersedia Online dihttp://journal.um.ac.id/index.php/pendidikan-geografi/index.
Chairunnisya. 2018. Pengaruh Konseling Kelompok Behavior Dengan Teknik Modelling Dalam Meningkatkan Efikasi Diri Peserta Didik Kelas XI MAN 1 Bandar Lampung (Skripsi, Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, Lampung, Indonesia). Diakses darihttp://repository.radenintan.ac.id
Dewi, Wahyu Aji Fatma. 2020. Dampak Covid-19 Terhadap Implementasi Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), h.1-7. Tersedia Online di http://www.edukatif.org
Erford, B. T. 2016. 40 Teknik Yang Harus Diketahui Setiap Konselor. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Feist, J. & Gregory J. Feist. 2008. Theories of Personality (Edisi Keenam). Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Gufron, M. Nur & Rini Risnawita S. 2010. Teori-Teori Psikologi. Jakarta: AR-RUZZ MEIDA.
Hardianto, Gusriko., Erlamsyah & Nurfahanah. 2014. Hubungan antara Self Efficacy Akademik dengan Hasil Belajar Siswa. Konselor Universitas Negeri Padang. 3(1). ISSN: 1412-9760. Tersedia Online di http://ejournal.unp.ac.id/index.php/konselor
Hurlock. EB. 2003. Psikologi Perkembangan. Jakarta: Erlangga.
Khodijah, N. 2014. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Khotimah, R.H., Radjah, C.L & Handarini, D.M. 2016. Hubungan antara Konsep Diri Akademik, Efikasi Diri Akademik, Harga Diri dan Prokrastinasi Akademik pada Siswa SMP Negeri di Kota Malang. Jurnal Kajian Bimbingan dan dan Konseling, 1(2): 60-67. Tersedia Online di http://journal.um.ac.id/index.php/bk
Kurnanto, EM. 2014. Konseling Kelompok. Bandung: CV. Alfabeta.
Lumongga, Namora & Hasnida. 2016. Konseling Kelompok (Edisi Pertama). Jakarta: KENCANA.
Murad, Abdul. 2009. KONSELING KELOMPOK: Teori, Asumsi, Konsep dan Aplikasi. Bandung: RIZQI PRESS.
Murad, Abdul. 2011. KONSELOR PROFESIONAL (Hasil Penelitian di Beberapa SMAN Kota Bandung, Malang dan Padang). Bandung: RIZQI PRESS.
Murad, Abdul, dkk. 2019. Hubungan Self Efficacy dan Dukungan Sosial dengan Subjective Well Being Korban Penyalahgunaan Napza di Balai Rehabilitasi Sosial Napza Insyaf Medan. Jurnal Ilmiah Magister Psikologi. 1(1): 1-9. Tersedian Online di http://jurnalmahasiswa.uma.ac.id/index.php/tabularasa
Nakayama M, Yamamoto H, & S. R. 2007. The Impact of Learner Characteristic on Learning Perfomance in Hybrid Courses among Japanese Students. Elektronic Journal E-Learning, Vol. 5(3).1.
Noviandri, Harwanti & Jawahirul Kawakib. 2016. Teknik Cognitive Restructuring Untuk Meningkatkan Self Efficacy Belajar Siswa. Jurnal Psikologi. 3(2): 76-86. Tersedia Online di http://jurnal.yudharta.ac.id
Nursalim, M. 2013. Strategi & Intervensi Konseling. Jakarta: Indeks.
Prayitno. 2004. Dasar-Dasar Bimbingan Konseling. Jakarta: Indeks.
Rosyida, Fatiya, dkk. 2016. Pengaruh Kebiasaan Belajar dan Self Efficacy Terhadap Hasil Belajar Geografi di SMA. Jurnal Pendidikan Geografi. 1(2): 17-28. Tersedia Online di http://journal.um.ac.id/index.php/pendidikan-geografi/index
Santrock, WJ. 2003. ADOLESCENCE (Perkembangan Remaja). Jakarta: Erlangga.
Sari, Maya Novita & Harwanti Noviandari. 2016. Pengaruh Konseling Kelompok Dengan Pendekatan Behavioral Teknik Modeling Untuk Meningkatkan Efikasi Diri Siswa Kelas X TKJ SMK Muhammadiyah 6 Rogojampi. FKIP Universitas PGRI Banyuwangi Seminar Nasional. 2(2): 1-9. ISBN: 978-602-72362-7-1. DOI: 10.31227. Tersedia Online di http://osf.io
Schunk, H. D. 2012. Learning Theories an Educational Prespective (Edisi Keenam). Diterjemahkan Hamidah, E. & Fajar, R. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Sudjana. 2009. Metode Statistika. Bandung: Tarsito.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Susanto, Ahmad. 2018. BIMBINGAN DAN KONSELING DI SEKOLAH: Konsep, Teori, dan Aplikasinya (Edisi Pertama). Jakarta: PRENADAMEDIA GROUP.
Untung, M. 2008. “Pengaruh Self-Efficacy terhadap Resiliensi pada Mahasiswa. Fakultas Psikologi.Universitas Isla Negeri (UIN)”. Jurnal Psikologi.
Widaryati, Sri. 2013. Efektivitas Pengaruh Konseling Kelompok Terhadap Efikasi Diri Siswa. Jurnal Bimbingan dan Konseling. 2(2): 94-100. Tersedia Online di http://www.researchgate.net
Wibowo, Mungin Eddy. 2005. Konseling Kelompok Perkembangan. Jakarta: UPT Unnes Press.
Zahro, Naning Fatimatus. 2017. Penerapan Konseling Kelompok Cognitive Restructuring Untuk Meningkatkan Academic Self Efficacy Siswa Kelas VIII-D SMPN 1 Semen Kediri. 1(2): 70-77. Tersedia Online di http://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id
Zulfa, I. 2016. Layanan Konseling Kelompok Teknik Restrukturisasi Kognitif untuk Menangani Trauma Pasca Bencana. Prosiding Seminar Nasional “Konseling-Krisis”-Bimbingan Konseling UNY.
DOI: https://doi.org/10.24114/icp.v2i2.49927
Article Metrics
Abstract view : 125 timesPDF - 70 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
PSIKOLOGI PENDIDIKAN DAN BIMBINGAN
Jl. Willem Iskandar Pasar V Medan Estate, Sumatera Utara. Universitas Negeri Medan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Gedung 72 Lantai 2
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.