Hubungan Pengetahuan Pelayanan Prima Dengan Kesiapan Menjadi Pramusaji Siswa SMK Pariwisata Imelda Medan
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui; (1) Pengetahuan pelayanan prima pada siswa; (2) kesiapan menjadi pramusaji siswa; (3) hubungan antara pengetahuan pelayanan prima dengan kesiapan menjadi pramusaji siwa SMK Pariwisata Imelda Medan. Waktu penelitian ini dilakukan pada Juli- September 2018. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI bidang Jasa Boga dengan jumlah 60 orang. Pengambilan sampel digunakan teknik random sampling, yaitu dengan cara diundi, jumlah sampel diambil 50 % dari kelas XI Boga 1 dan 50 % dari kelas XI Boga 2. Data pengetahuan pelayanan prima dikumpulkan dengan menggunakan tes sedangkan data kesiapan menjadi pramusaji dikumpulkan dengan pengamatan. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif, uji kecenderungan, uji persyaratan analisis dengan uji normalitas, uji linearitas dan keberartian persamaan regresi, uji hipotesis dengan uji korelasi product moment. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kecenderungan variabel pengetahuan pelayanan prima siswa termasuk kategori cukup dengan presentase 53,3 % dan kesiapan menjadi pramusaji cenderung tinggi dengan presentase sebesar 90%. Hasil analisis korelasi product moment menunjukkan terdapat hubungan yang signifikan antara pengetahuan pelayanan prima dengan kesiapan menjadi pramusaji dengan nilai > (0,420 > 0,361 ) pada taraf signifikan 5 %. Artinya semakin tinggi pengetahuan pelayanan prima siswa, maka semakin tinggi kesiapan menjadi pramusaji siswa.
Kata kunci : Pengetahuan, Pelayanan Prima, Kesiapan, Pramusaji
ABSTRACT
This study aims to determine; (1) Knowledge of excellent service to students; (2) readiness to become a student waitress; (3) the relationship between knowledge of excellent service and readiness to become a waitress at the Imelda Tourism Vocational School in Medan. The time of this research was carried out in July-September 2018. The population in this study was class XI students in the field of Catering with a total of 60 people. Sampling used a random sampling technique, namely by drawing lots, the number of samples was taken 50% from class XI Catering 1 and 50% from class XI Catering 2. Excellent service knowledge data was collected using tests while data on readiness to become a waitress was collected by observation. The data analysis technique used is descriptive, trend test, requirements analysis test with normality test, linearity test and the significance of the regression equation, hypothesis test with product moment correlation test. Based on the results of the study, it was shown that the level of knowledge of students' knowledge of excellent service variables was included in the sufficient category with a percentage of 53.3% and readiness to become a waiter was high with a percentage of 90%. The results of the product moment correlation analysis show that there is a significant relationship between knowledge of excellent service and readiness to become a waitress with a value of r_xy>r_table (0.420 > 0.361) at a significant level of 5%. This means that the higher the student's knowledge of excellent service, the higher the readiness to become a student waitress.
Keywords: Knowledge, Excellent Service, Readiness, Waitress
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, Suharsimi (2010). Manajemen Penelitian Edisi Revisi.Jakarta:Rhineka cipta
Barata, A.A. (2014) . Dasar-dasar pelayanan prima. Jakarta : PT.Elek Media Komputindo
Dwi Diar Estellita & Nikmat Akmal (2015). Penataan dan Penyajian Hidangan.Medan :Universitas Negeri Medan
Hamalik, Oemar. (2004). Proses Belajar Mengajar. Jakarta :Bumi Aksara
I.N.R, Pendit. (2004). Table Menner Dining Etiquette & Etiket Dalam Jamuan. Yogyakarta : Graha Ilmu
Kamus Besar Bahasa Indonesia. (2003). KBBI dan Terjemahan. Jakarta : Balai Pustaka
Marsum .(2005).Restoran dan Segala Permasalahannya .Yogyakarta : Andi offset
Rahmayanty ,Nina.(2010).Manajemen Pelayanan Prima : Yogyakarta :Graha Ilmu
Slameto (2010). Belajar dan Faktor- Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta : Rineka Cipta
Soekresno dan Pendit , I.N.R 1998.Pramusaji Food & beverage service . Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Umum
Soekresno dan Pendit (2004 ) Petunjuk praktek pramusaji food & beverage service . Buku panduan Sekolah Pariwisata dan Perhotelan. Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama
Sudijono, Anas (2011). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Sudjana,Nana. (2005). Metode Statistika.Bandung : Transito
Sugiyono. (2005). Metode Penelitian Administrasi. Bandung : Alfabeta
Syaodih,Nana. (2010). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : PT.Remaja Rosdakarya
Tim Penyusun Fakultas Teknik. (2015) . Pedoman Penulisan Skripsi. Universitas Negeri Medan
Undang-undang Pendidikan Nasional No. (2003). Tentang Sistem Pendidikan Nasional.Jakarta:Depdiknas
Wiwoho, Ardjuno (2008) . Pengetahuan Tata hidang. Jakarta: PT.Gelora Aksara Pratama
DOI: https://doi.org/10.24114/gni.v3i1.26331
Article Metrics
Abstract view : 153 timesPDF - 345 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.