Analisis Cara Belajar Dan Motivasi Berprestasi Dengan Hasil Belajar Pengolahan Bahan Pangan Di SMPN 17 Medan

Hotmauli Huida Siburian Erli Mutiara

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk (1) Menganalisis Cara belajar Visual; (2) Menganalisis cara belajar Auditorial; (3) Menganalisis cara belajar Kinesthetik;  (4) Mengetahui Motivasi Berprestasi Siswa; (5) Mengetahui Hasil Belajar Pengolahan Bahan Pangan; (6) Mengetahui Hubungan Motivasi Berprestasi dengan Hasil Belajar Pengolahan Bahan Pangan. Desain penelitian adalah deskriptif. Lokasi penelitian di SMPN 17 Medan. Pengambilan sampel secara Purposive Sampling, jumlah sampel sebanyak 61 siswa. Waktu penelitian April – Juni 2018. Data cara belajar dan motivasi berprestasi dikumpulkan dengan menggunakan angket sedangkan untuk hasil belajar pengolahan bahan pangan dengan menggunakan Tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif data, uji kecenderungan, uji persyaratan analisis dengan uji normalitas, uji linieritas, dan uji hipotesis dengan uji korelasi product moment. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kecenderungan variabel cara belajar yaitu secara Visual, secara Auditorial, dan secara Kinesthetik termasuk kategori cenderung Cukup, masing-masing nilai sebesar 67 persen, 75 persen, dan 80 persen. Motivasi Berprestasi dan Hasil Belajar Pengolahan Bahan Pangan termasuk kategori cenderung Cukup, masing-masing nilai sebesar 87 persen, 52 persen dan Hasil analisis uji normalitas data dengan dk = 5 persen pada  variabel X2 motivasi berprestasi adalah Xhitung < Xtabel (9,27 < 11,07) dan hasil belajar pengolahan bahan pangan Xhitung < Xtabel (5,93 < 11,07). Hasil analisis korelasi product moment terdapat hubungan yang signifikan antara motivasi berprestasi dengan hasil belajar pengolahan bahan pangan dengan nilai sebesar rhitung > rtabel (0,964 > 0,254) pada taraf signifikan 5 persen, artinya semakin tinggi motivasi berprestasi maka semakin tinggi pula hasil belajar pengolahan bahan pangan.

 Kata Kunci : Cara Belajar, Motivasi Berprestasi, Hasil Belajar Pengolahan Bahan Pangan

ASTRACT

This study aims to (1) analyze how to learn Visual; (2) Analyzing Auditorial learning methods; (3) Analyzing Kinesthetic learning methods; (4) Knowing Student Achievement Motivation; (5) Knowing the Learning Outcomes of Food Processing; (6) Knowing the Relationship between Achievement Motivation and Learning Outcomes of Food Processing. The research design is descriptive. The research location is at SMPN 17 Medan. Sampling by purposive sampling, the number of samples as many as 61 students. Research time April – June 2018. Data on learning methods and achievement motivation were collected using a questionnaire, while for the learning outcomes of food processing using a test. The data analysis technique used is descriptive data, trend test, analysis requirements test with normality test, linearity test, and hypothesis testing with product moment correlation test. Based on the results of the study, it shows that the level of tendency of the variables in the way of learning, namely visually, auditory, and kinesthetically, including the category tends to be sufficient, each value is 67 percent, 75 percent, and 80 percent. Achievement Motivation and Food Processing Learning Outcomes are categorized as likely to be Enough, each value is 87 percent, 52 percent and the results of the analysis of the normality test data with dk = 5 percent on the X2 variable achievement motivation is Xcount < Xtable (9.27 < 11, 07) and learning outcomes of food processing Xcount < Xtable (5.93 < 11.07). The results of the product moment correlation analysis have a significant relationship between achievement motivation and learning outcomes of food processing with a value of rcount > rtable (0.964 > 0.254) at a significant level of 5 percent, meaning that the higher the achievement motivation, the higher the learning outcomes of food processing.

 Keywords: Learning Method, Achievement Motivation, Learning Outcomes of Food Processing


Full Text:

PDF

References


Arikunto (2013). Prosedur Penelitian. Jakarta : PT. Asdi Mahasatya.

Djali (2015). Ciri-ciri Motivasi Berprestasi. Jurnal. Diakses 5 Januari 2017. http://sunartombs. Wordpress.com/2016/05/11/Motivasi-Berprestasi.

Gunawan (2014). Jenis-jenis Cara Belajar. Diakses Pada 22 Desember 2017. http://honewstly.blogspot.com/2014/06/Jenis-jenis Cara Belajar.html

Hamzah. (2013) Jenis-jenis Cara Belajar. Bandung : Rineka Cipta

Oemar Hamalik. (2014). Proses Belajar Mengajar. Jakarta : Bumi Aksara.

Purwanto.(2015) . Evaluasi Hasil Belajar. Bandung. Cipta Pustaka Media Perintis.

Slameto. (2013). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono.(2013). Statistik Untuk Penelitian. PT. Alfabeta, cv. Bandung

Suparlan. (2015) Belajar Efektif. Jakarta : Alfabeta

Sudjana.(2013). Evaluasi Hasil Belajar. Jakarta : Bumi Aksara




DOI: https://doi.org/10.24114/gni.v3i1.26334

Article Metrics

Abstract view : 72 times
PDF - 51 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.
slot gacor slot