Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Pengetahuan Bahan Makanan SMK Putra Anda Binjai

Fitria Ningsih Panjaitan Sulistiawikarsih

Abstract


Penelitian ini bertujuan menganalisis : (1) Hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Ekspositori pada pelajaran  pengetahuan bahan makanan; (2) Hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw pada pelajaran pengetahuan bahan makanan; (3) Pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw terhadap hasil belajar siswa pada pelajaran pengetahuan bahan makanan. Desain penelitian quasi eksperimen. Populasi penelitian seluruh siswa kelas X SMK Putra Anda Binjai berjumlah 60 siswa. Penentuan sampel secara total sampling. Teknik pengumpulan data digunakan tes. Teknik analisis data digunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw diperoleh rata-rata sebesar 76,60 dan standar deviasi 7,27 dengan tingkat kecenderungan nilai yang cukup sebesar 43,3 % dan kategori tinggi sebesar 56,7 % sedangkan yang menggunakan model pembelajaran Ekspositori diperoleh nilai rata-rata 60,30 dengan standar deviasi 10,65 dengan tingkat kecenderungan nilai yang cukup 70,0% dan kategori tinggi sebesar 6,7 %. Hasil analisis uji t terdapat pengaruh yang signifikan pada penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw terhadap hasil belajar siswa pada pelajaran pengetahuan bahan makanan dengan nilai t hitung > t tabel (6,989 > 1,671). Artinya model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dapat mempengaruhi hasil belajar siswa pada pelajaran pengetahuan bahan makanan.

Kata Kunci : Kooperatif Tipe Jigsaw , Hasil Belajar, Pengetahuan Bahan Makanan

ABSTRACT 

This study aims to analyze: (1) student learning outcomes using the Expository learning model in food knowledge lessons; (2) student learning outcomes using the Jigsaw type cooperative learning model in food knowledge lessons; (3) The effect of the application of the Jigsaw type cooperative learning model on student learning outcomes in food knowledge lessons. Quasi-experimental research design. The research population of all students of class X SMK Putra Anda Binjai amounted to 60 students. Determination of the sample by total sampling. Data collection techniques used tests. Data analysis techniques used normality test, homogeneity test and hypothesis testing. Based on the results of the study, it showed that student learning outcomes using the Jigsaw cooperative learning model obtained an average of 76.60 and a standard deviation of 7.27 with a sufficient tendency level of 43.3% and a high category of 56.7%. using the expository learning model, the average value is 60.30 with a standard deviation of 10.65 with a moderate tendency level of 70.0% and the high category of 6.7%. The results of the t-test analysis have a significant effect on the application of the Jigsaw type cooperative learning model to student learning outcomes in food knowledge lessons with t count > t table (6,989 > 1,671). This means that the Jigsaw type cooperative learning model can affect student learning outcomes in food knowledge lessons.

 Keywords: Jigsaw Cooperative Type, Learning Outcomes, Knowledge of Food Ingredients


Full Text:

PDF

References


Arikunto, S (2010) . Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik . Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Afrisanti, Lusita (2011). Buku Pintar Menjadi Guru Kreatif Inspirasi Dan Inovatif. Yogyakarta: Araska.

Afina.(2012). Model Pembelajaran Jigsaw _ Kajian Pustaka.com.html. Diakses tanggal 13 Agustus 2016.

Djamrah dan Zain. (2008). Psikologi Hasil Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Djamrah. (2006). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta.

Ekaningsihwati , dkk (2010). Restoran Jilid I . Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional Balai Pustaka.

Fridiarti lelly. (2012). Pengetahuan Bahan Makanan. Diktat Yang Tidak Dipublikasikan. Pendidikan Tata Boga. Fakultas Teknik Unimed.

Hamalik.( 2009). Proses Belajar Mengajar. Jakarta : Bumi Aksara I.

Joice. (2010). Model-Model Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Lie anita. (2010). Cooperative learning . jakarta: Gramedia Sarana Indonesia.

Purwanto. (2011). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Rose Colin Dan Nicholl. (2011). Model-Model Pembelajaran.Jakarta.

Rusman. (2011). Modul Pendekatan Dan Model Pembelajaran. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Rina, Ningsih. (2010). Bumbu Dan Rempah Indonesia. http://oneparmo.wordpress.com. Diakses tanggal 20 februari 2016.

Roaijaker. (2003). Cara Belajar Siswa Aktif dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru.

Sanjaya. (2010). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Slameto.(2003). Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudjana,Nana.(2005). Penelitian Dan Penilaian Pendidikan. Bandung: Sinar Baru .

Sagala ,Syaiful. (2009). Konsep Dan Makna Pembelajaran. Jakarta : Alfabeta.

Sugiyono, (2010). Statistika Untuk Penelitian . Bandung: CV. Alfabeta.

Sugiyono, (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Bndung Cv. Alfabeta.

Slavin, Robert E. (2005). Cooperative Learning (cara efektif dan menyenangkan pacu prestasi seluruh peserta didik). Bandung: Nusa Media.

Sudrajat, Akhmad. (2008). Cooperative Learning-teknik Jigsaw. http://akhmadsudrajat.wordpress.

Wina. (2011). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta : Kencana.

Tien Muchtadi (2010). Restoran Jilid II. Departemen Pendidikan Nasional.

Trianto. (2009). Model- Model Pembelajaran Inovatif- Progresif. Jakarata: Kencana.

Pakpahan, J.(1996). Pengetahuan Bahan Makanan. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Balai Pustaka.

Wena. (2011). Strategi Pembelajaran Berorientasi pada Proses Pendidikan.Jakarta; Kencana.




DOI: https://doi.org/10.24114/gni.v3i2.26341

Article Metrics

Abstract view : 87 times
PDF - 50 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.