Pengaruh Metode Pembelajaran Team Quiz Terhadap Hasil Belajar Keamanan Pangan SMK Pariwisata Imelda Medan
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) hasil belajar siswa yang menggunakan metode pembelajaran Team Quiz pada mata pelajaran Keamanan Pangan; (2) hasil belajar siswa yang menggunakan metode ceramah pada mata pelajaran Keamanan Pangan; (3) pengaruh metode pembelajaran Team Quiz terhadap hasil belajar Keamanan Pangan. Teknik pengambilan sampel secara Total Sampling dengan jumlah sampel 64 siswa. Kelas X Jasa Boga 1 berjumlah 32 siswa dan kelas X Jasa Boga 2 berjumlah 32 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes pilihan berganda dan teknik analisis data menggunakan deskripsi data, tingkat kecenderungan dan uji persyaratan analisis menggunakan rumus uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis yang menggunakan rumus Liliofers. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kecenderungan hasil belajar siswa yang menggunakan metode pembelajaran Team Quiz pada mata pelajaran keamanan pangan termasuk kategori cenderung tinggi sebesar (75,12%), dan tingkat kecenderungan hasil belajar siswa yang menggunakan metode ceramah pada mata pelajaran Keamanan Pangan termasuk kategori cenderung cukup sebesar (62,6%). Hasil uji normalitas dari kedua kelas adalah berdistribusi normal pada kelas yang menggunakan metode pembelajaran Team Quiz dengan nilai (thitung = 8,86 < ttabel = 11,07), dan kelas yang menggunakan metode ceramah yaitu (thitung = 10,52 < ttabel = 11,07). Untuk uji homogenitas diperoleh nilai fhitung = 1,05 dan ftabel = 1,84, maka dapat disimpulkan fhitung<ftabel (1,05 < 1,84) yang berarti data hasil belajar yang menggunakan metode pembelajaran Team Quiz dan hasil belajar yang menggunakan metode ceramah adalah homogen. Berdasarkan hasil uji hipotesis (Uji t) terdapat pengaruh yang signifikan pada penggunaan metode pembelajaran Team Quiz terhadap hasil belajar Keamanan Pangan dengan nilai (thitung>ttabel) (18,89>1,67) pada taraf signifikan 5%. Artinya metode pembelajaran Team Quiz berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Keamanan Pangan.
Kata Kunci : Metode, Time Quis, Hasil belajar
ABSTRACT
This study aims to determine: (1) student learning outcomes using the Team Quiz learning method in the subject of Food Safety; (2) student learning outcomes using the lecture method on Food Safety subjects; (3) the effect of the Team Quiz learning method on the learning outcomes of Food Safety. The sampling technique is Total Sampling with a sample size of 64 students. Class X Catering 1 has 32 students and class X Catering 2 has 32 students. Data collection techniques using multiple choice tests and data analysis techniques using data description, trend level and requirements analysis test using the normality test formula, homogeneity test, and hypothesis testing using the Liliofers formula. The results showed that the trend level of student learning outcomes using the Team Quiz learning method in food safety subjects was included in the high inclined category of (75.12%), and the trend level of student learning outcomes using the lecture method on food safety subjects was in the inclined category. enough for (62.6%). The results of the normality test of the two classes are normally distributed in the class that uses the Team Quiz learning method with a value (tcount = 8.86 < ttable = 11.07), and the class that uses the lecture method (tcount = 10.52 < ttable = 11 ,07). For the homogeneity test, the value of fcount = 1.05 and ftable = 1.84, it can be concluded that fcount < ftable (1.05 < 1.84) which means data on learning outcomes using the Team Quiz learning method and learning outcomes using the lecture method is homogeneous. Based on the results of the hypothesis test (t test) there is a significant effect on the use of the Team Quiz learning method on the learning outcomes of Food Safety with a value (tcount> ttable) (18.89>1.67) at a significant level of 5%. This means that the Team Quiz learning method affects student learning outcomes in Food Safety subjects.
Keywords: Method, Time Quis, Learning Outcomes
Full Text:
PDFReferences
Abdurrahman, 2013. “Hasil belajar”http://ekokhoeruln.blogspot.co.id diakses 12 Februari 2019
Afriliya Evi Qur’ani (2013) dengan judul “Pengaruh Metode Pembelajaran Team Quiz Terhadap Minta Dan Hasil Pencapaian Kompetensi Menghadapi Situasi Darurat Pada Mata Pelajaran K3LH Di SMK Negeri 2 Godean”.
Arikunto, suharsimi. (2015). Prosedur penelitian, suatu pendekatan praktek,
(rev. ed). Jakarta: PT. Rinekacipta
E. mulyasa (2011). Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Hamalik. (2015), proses belajar mengajar, bumiaksara, Jakarta
Hamruni. (2012). Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: Insan Madani.
Handayani. (2016). Kesehatan Dan Keselamatan Kerja Universitas Negeri Medan.
Kholik, Muhammad. (2011) Metode pembelajaran konvensional. H.2. (online).
Murdijati dan retno. (2014). Pendidikan Konsumsi Pangan. Kencana. Jakarta
Nurul Latifah (2012). Penelitian ini berjudul Efektifitas Metode Pembelajaran Aktif Tipe Quiz Team Pada Mata Pelajaran Ipa Kelas IV Terhadap Hasil Belajar IPA di SD Negeri 1 Ngadirejo Kecamatan Ngadirejo Kabupaten Temanggung.
Purwanto. (2015) Evaluasi Pembelajaran, muti pressindo, Yogyakarta
Riyanto. ( 2009 ). Konsep Belajaran dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta
Sanjaya. (2010). Strategi Pembelajaran Berdasarkan Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana
Sanjaya. (2015), strategi pembelajaran, kencana, Jakarta.
Silberman, Mel. (2011). Active Learning “101 Cara Belajar Aktif”. Penerjemah: Muttaqien Raisul. Bandung: Nusamedia.
Slavin, R. E. (2010). Cooperative Learning Teori Riset Dan Praktik. Terj.Bandung: Nusa Media
Sudjana.(2015), penilaian hasil belajar mengajar, PT. Remaja Rosdakarya, Bandung
Sudjana, Nana. (2010). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar.
Bandung:Remaja Rosdakarya
Sunhaji.(2009). Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: Grafindo Litera Media
DOI: https://doi.org/10.24114/gni.v4i1.26372
Article Metrics
Abstract view : 170 timesPDF - 113 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.